Media Informasi Terkini

Manajemen Inventory Terbaik yaitu Software ERP SystemEver Indonesia

0 220

Software ERP manajemen inventory terbaik SystemEver Indonesia – Seiring dengan pertumbuhan teknologi serta era digital, pelaku UKM terus banyak bermunculan di Indonesia hingga mencapai 64 juta hingga tahun 2020 ini menurut informasi dari Badan Pusat Statistik. Perihal itu sama dengan 99. 9% angka total keseluruhan bisnis di Indonesia. Sebagian dari bisnis dengan skala menengah tersebut ialah usaha informal dan tidak sering tercatat oleh banyak lembaga statistik. Kontribusi bisnis UKM sangat begitu besar sehingga bisa menjadikan Indonesia survive dalam banyak episode resesi. Bisa saja, usaha atau bisnis kamu ini merupakan salah satunya.

Baik itu dari perusahaan industri besar maupun yang berskalan menengah seperti UMKM, pengelolaan managemen inventory adalah perihal yang krusial supaya bisnis yang dapat dijalankan secara berkepanjangan dan menciptakan profit serta pasti menjadikan pekerjaan lebih efektif. Dengan adanya aplikasi ataupun software yang bagus seluruh pekerjaan tersebut hendak dapat terselesaikan dengan baik. Akan tetapi bisa pula menjadi boomerang waktu apabila permasalahan yang terdapat tidak bisa tertangani dengan baik dan benar.

Apa itu ERP Manajemen Inventory

Manajemen Inventory Terbaik yaitu Software ERP SystemEver IndonesiaSoftware sistem cloud ERP systemever Terkemuka dari Korea Selatan sekarang telah hadir di negara Indonesia. Dengan software SystemEver menjadikan bisnis Kamu lebih efisien dan efektif. Berbasis system cloud di Jakarta, untuk daerah Indonesia. SystemEver juga berkomitmen untuk berkembang bersama para pembisnis dan pelaku usaha.

SystemEver ERP menawarkan sistem ERP managjemen inventory berbasis Cloud yang sangat mudah diaplikasikan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sehingga membantu untuk proses kerja yang efektif dan efisien. SystemEver menyediakan keseluruhan proses pengelolaan perusahaan mulai dari sistem Akuntansi, Laporan Keuangan, Inventory hingga Manajemen Pabrik yang terintegrasi otomatis dan secara real time.

ERP Manajement Inventory merupakan sistem manajemen pengelolaan stok barang atau produk lainnya. Pengelolaan bisnis pada perusahaan besar biasanya stok produk/barang terlebih dahulu disimpan di area pergudangan dalam bentuk bahan baku atau komponen-komponen, setalh itu kemudian akan dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan rak stok. Sedangkan  di perusahaan yang lebih kecil, barang/produk yang diterima dapat langsung ditaruh di tempat penyimpanan rak stok.

Barang/produk tersebut kemudian akan diambil dari area stok serta dipindahkan ke fasilitas produksi yang akan mengolah bahan- baku menjadi barang dan produk siap edar. Selanjutnya, barang yang siap edar dapat dikembalikan lagi ke rak-rak stok terlebih dahulu atau dikirim langsung ke pelanggan.

Sistem manajemen inventory atau manajemen inventaris merupakan sebuah kombinasi teknologi (perangkat keras dengan perangkat lunak) dan proses serta prosedur yang mengawasi pemantauan atas pemeliharaan barang-barang yang disimpan oleh perusahaan.

Baca Juga :  Mengenal Prоduk ERP SystemEver Bеrdаѕаrkаn Mоdеl dan Kеgunааnnуа

Manfaat Sistem ERP Manajemen Inventory

Manajemen Inventory Terbaik yaitu Software ERP SystemEver IndonesiaSistem manajemen inventory dapat menyederhanakan dalam proses pengelolaan persediaan yang memudahkan untuk mengelolanya, seperti pengecekan inventaris, pemesanan barang dari pemasok, pengambilan dan pengepakan barang, penghitungan nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, pelacakan pengiriman pesanan, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa manfaatnya :

1. Data Penyimpanan Terpusat

Semakin banyak data penyimpanan dan lokasi stok yang harus dikelola, maka akan semakin sulit Kamu mengelola orderan dan melacak ketersediaan stok barang yang dimiliki.

Dengan adanya sistem manajemen inventory yang memadai, Kamu bisa mengetahui data-data ketersediaan barang dan menemukan lokasinya hanya dalam hitungan beberapa detik, bahkan sekalipun barang berada di gudang atau toko yang berbeda.

2. Mengontrol Stok

Sistem manajemen inventaris memungkinkan dapat mengkontrol ketersediaan stok dan memastikannya untuk selalu berada di tingkat yang mudah di operasikan. Sistem akan memberikan notifikasi ketika persediaan yang tersedia sudah mulai menipis sehingga Kamu dapat segera melakukan pemesanan ulang.

3. Meningkatkan Efisiensi

Dengan sistem manajemen inventory, berbagai pekerjaan atau aktivitas kompleks yang termasuk dalam penanganan stok dapat dibuat menjadi lebih sederhana. Laporan inventaris bulanan hingga tahunan dapat dihasilkan dalam hitungan detik. Ini adalah sesuatu yang mustahil jika dilakukan secara manual.

4. Menghemat Biaya

Solusi manajemen inventaris menjauhkan perusahaan dari kerugian finansial akibat dari berbagai human error, penyimpanan stok yang berlebihan, pembelian barang yang tidak perlu, kompensasi untuk keterlambatan pengiriman, dan lain-lain. Dengan satu sistem yang terpusat dan terintegrasi, Kamu tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli sistem tambahan untuk mengelola persediaan Kamu.

Selain itu, Kamu juga bisa mengurangi biaya yang semestinya Kamu gunakan untuk membayar tenaga kerja profesional untuk mengelola inventaris perusahaan. Sebab, sistem ini mampu mengotomatiskan pengelolaan inventaris Kamu. Sistem ini dapat dengan mudah diimplementasikan oleh siapa pun sekalipun penggunanya bukan ahli dalam inventaris.

5. Mengoptimalkan Produktifitas

Karena berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan inventaris telah diotomatiskan, maka karyawan Kamu dapat lebih fokus pada tugas-tugas lain yang tidak kalah penting. Mereka tidak perlu lagi terjebak pada satu pekerjaan yang memakan waktu lama seperti pencatatan jumlah stok atau pembuatan laporan dengan spreadsheet.

6. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Perangkat lunak manajemen inventaris memastikan seluruh pesanan konsumen terpenuhi dengan baik melalui informasi real time terkait tingkat persediaan Kamu. Sistem juga memungkinkan Kamu untuk melacak pengiriman pesanan hingga sampai ke tangan konsumen. Sehingga pada akhirnya, sistem ini membantu meningkatkan kepuasan pelanggan pada layanan Kamu.

7. Prakiraan & Perencanaan yang Akurat

Sistem manajemen inventory membantu Kamu menjadi lebih proaktif ketika merencanakan dan memprediksi kebutuhan inventaris Kamu. Dengan laporan inventaris yang lengkap dan akurat, Kamu dapat mengetahui produk yang paling populer, produk yang jarang dipesan oleh konsumen, seberapa banyak barang yang harus Kamu sediakan di waktu yang akan datang, pemasok mana yang paling menguntungkan, dan berbagai informasi penting lainnya yang membantu meningkatkan produktivitas bisnis Kamu.

Solusi Software ERP Terbaik untuk Bisnis

Manajemen Inventory Terbaik yaitu Software ERP SystemEver IndonesiaPengelolaan bisnis kecil yang notabene volume transaksinya masih terbatas dan sumber dayanya masih sedikit, tentu tidak menjadi masalah dengan input spread sheet manual atau menggunakan software manajemen yang sederhana.  Namun, jika bisnis Anda berskala besar, pastinya proses manajemen bisnis pun semakin kompleks, melibatkan banyak sumber daya manusia, dengan transaksi yang diciptakan tidak sedikit.

Baca Juga :  Cara Closing Jualan di Tokopedia Agar Hasil Melimpah

Anda butuh kecepatan dan ketepatan misalnnya dalam melacak pesanan, mengecek dan memeriksa stok sekaligus mengontrol proses distribusi dan pengiriman agar barang bisa diterima konsumen dengan cepat dan tepat. Jangan sampai Anda kehilangan pesanan atau deal bisnis lantaran kesemrawutan dalam pengelolaan manajemen yang tidak efisien.

Pada tahap inilah, sistem software manajemen terpadu atau ERP (Enterprise Resources Planning) menjadi solusi manajeman bisnis. Karena software ERP berbasis cloud notabene memiliki mekanisme otentikasi otomatis untuk mengelola karyawan, penggajian, logistik, penjualan, administrasi dan sebagainya agar sistem manajemen bisnis berjalan efektif dan efiesien.

Software sistem ERP berbasis cloud mengintegrasikan aliran data atau informasi dari beberapa departemen terkait yang berimplikasi langsung pada transaksi bisnis dengan sistem keuangan secara real time. Hal ini memungkinkan pengelola atau pemilik bisnis (business owner) di kalangan top level management untuk membuat keputusan yang lebih baik dan strategis.

Resmi Go Public : SystemEver  Jadikan Indonesia Pusat Perkembangan ERP di Asia Tenggara

Manajemen Inventory Terbaik yaitu Software ERP SystemEver IndonesiaEra kenormalan baru membentuk gaya hidup masyarakat untuk bekerja dalam sistem terdigitalisasi. Tak  lagi dibatasi ruang kantor, dimana pun dan kapan saja selama terkoneksi dengan internet, bisa menjalankan aktivitas pekerjaan dengan baik. Kontrol dan monitor serta pengambilan keputusan secara tepat dan cepat pun kini mudah dilakukan secara real time.

Software manajemen terpadu Enterprise Resource Planning (ERP) akan menjadi bagian yang melekat dan solusi bagi pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya di era internet of things.

Perusahaan penyedia layanan software ERP berbasis Cloud, SystemEver  yang sejak tahun lalu ekspansi di Indonesia, telah melakukan IPO (Initial Public Offering) di bursa saham Korea Selatan pada bulan Agustus kemarin.

Langkah ini dilakukan untuk memperkuat amunisi sistem dan teknologi yang adaptis  sesuai dengan kebutuhan dunia usaha yang semakin dinamis. Termasuk memantapkan posisi Indonesia sebagai  pusat perkembangan ERP di Asia Tenggara. Indonesia dinilai memiliki potensi pasar yang besar dan iklim bisnis yang bergairah.

“IPO merupakan salah salah satu strategi kami untuk melakukan lompatan yang lebih besar untuk menjadikan SystemEver sebagai salah satu pemain ERP kelas dunia,” tandas CEO Younglimwon Softlab Kwon Young Bum

SystemEver merupakan diluncurkan oleh Younglimwon Soft Lab Ltd, sebuah perusahaan teknologi asal Korea Selatan yang berdiri sejak 1993 dan telah terdaftar di KOSDAQ (Korean Securities Dealers Automated Quotations).

Tawarkan 3C : SystemEver Optimalkan Bisnis Alkes pada Masa Pandemi

Manajemen Inventory Terbaik yaitu Software ERP SystemEver IndonesiaBerlangsungnya pandemi covid-19 memberikan hantaman yang keras terhadap ekonomi nasional. Adanya pembatasan sosial dan peningkatan kasus dari hari ke hari menyebabkan lesunya daya beli masyarakat sehingga sejumlah industri seperti bioskop, pariwisata dan hospitality terkena imbasnya. Alhasil, tak sedikit pelaku industri yang mengalami kerugian dan bahkan terpaksa gulung tikar.

Namun di sisi lain, pandemi juga meniupkan angin segar bagi sebagian industri. Salah satunya adalah industri alat kesehatan. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap akses kesehatan, pandemi menjadi momentum bagi pelaku industri alat kesehatan untuk terus berinovasi sehingga dapat terus memicu pertumbuhan bisnis.

Baca Juga :  Bagaimana Cara mulai Bisnis Forex untuk Pemula?

Asosiasi Produsen Alat Kesehatan (Aspaki) menyatakan bahwa pasar alat kesehatan di Indonesia sangat menggiurkan. Angkanya bisa mencapai 2,2 juta dolar AS per tahun dengan jumlah potensi tersebar di sekitar 3000 rumah sakit serta 9000 puskesmas dan klinik swasta di seluruh Indonesia.

Sementara menurut laporan perusahaan konsultan Dezan Shira, nilai industri alat kesehatan di Indonesia pada 2019 diperkirakan mencapai 2,4 miliar dolar AS (Rp33,95 triliun) dengan sebagian besar produk merupakan produk impor. Nilainya bahkan meningkat saat pandemi, terlebih Kementerian Kesehatan memiliki dana sebesar Rp169,7 trilun untuk menanggulangi covid-19 sebagai bagian dari program pemulihan nasional.

Sejak awal 2020, Indocore memang sudah mulai menerapkan ERP pada sistem manajemennya. Kelebihan teknologI ERP SystemEver terutama pada 3C yaitu Cloud, Connecting dan Controlling.

Memasuki masa pandemi, pemerintah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Tanpa teknologi yang canggih, hal ini terkesan sulit diwujudkan. Namun berkat teknologi Cloud, SystemEver mampu mewujudkannya.

Hasilnya, kini tidak semua karyawan harus datang langsung ke kantor untuk bekerja. Teknologi yang saling terintegrasi memungkinkan sebagian orang dapat melakukan pekerjaannya cukup dari rumah.

“Sebelumnya kami tidak membayangkan pekerjaan yang notabene dilakukan di kantor seperti purchasing, accounting dan admin, dengan ERP nyatanya bisa dikerjakan secara mobile, asal terkoneksi internet, pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.” ujar Habibah.

Berikutnya adalah connecting. Dengan sistem yang saling connecting, karyawan PT Indocore Perkasa kini dapat mengekspor data berdasarkan kebutuhan, baik untuk keperluan manajemen ataupun pertimbangan bisnis dengan lebih cepat, lebih efisien dan lebih aman. Hadirnya tampilan layar kerja “Visual-K Process Map” yang khas dan simpel juga turut membantu mereka untuk beradaptasi dalam memaksimalkan fitur-fitur kerja yang ada.

Kesimpulan Tentang Sistem ERP manajemen inventory terbaik SystemEver

Manajemen Inventory Terbaik yaitu Software ERP SystemEver Indonesiasecara singkat, sistem manajemen inventory merupakan sistem yang dirancang untuk membantu bisnis mengotomatiskan pengelolaan inventaris atau persediaan barang mereka, baik itu aset mereka sendiri maupun barang dagangan. Sistem manajemen inventory tidak hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga bisnis kecil dan menengah.

Teknologi system cloud computing ini menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelelola data. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

Karena tidak perlu melakukan installasi apapun pada aplikasi, maka untuk media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual sehingga tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di komputer. Peritah-perintah yang digunakan oleh pengguna tadi  selanjutnya akan dilanjutkan ke server software.

Perintah yang diberikan dalam penggunaan aplikasi tersebut akan langsung terintegrasi secara langsung dengan sistem Cloud Computing yang ada di komputer. Pengguna hanya memerlukan jaringan internet agar dapat menjalankan aplikasi tersebut tanpa perlu melakukan instalasi.

Dari sisi Perusahaan juga memiliki keuntungan yang sama dalam penggunaan Cloud Computing penerapan ini contohnya Gmail, Hotmail, Yahoo, Google Drive bahkan sudah didukung teknologi saat ini.

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More