Media Informasi Terkini

Makanan Berserat untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber gambar: pixabay.com
0 0

Turun berat badan biasanya dikaitkan dengan mengurangi porsi makan. Padahal, aktivitas tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Tubuh kita perlu nutrisi yang cukup agar kinerja lebih maksimal. Sebenarnya yang perlu dipahami adalah tidak melulu mengurangi asupan makan, tapi lebih mengarah ke pergantian jenis makanannya. Diet yang tepat adalah mengatur pola makan dengan nutrisi terbaik untuk tubuh. Salah satu yang paling baik adalah konsumsi makanan berserat tinggi.

Makanan Berserat untuk Menurunkan Berat Badan
Sumber gambar: pixabay.com

Kebanyakan dari kita lebih banyak mengonsumsi makanan kurang serat dan mengandung banyak lemak sehingga pemecahan di dalam tubuh terasa lebih berat. Makanan berlemak tinggi juga tidak cepat serap sehingga membuat tubuh mudah gemuk. Serat merupakan jenis sari makanan yang bagian-bagiannya kasar, tapi lebih cepat serap.

Di era sekarang yang lebih banyak fast food, orang banyak mengabaikan makanan berserat. Padahal, kalau kita mengonsumsinya secara rutin maka akan memberikan manfaat yang begitu besar. Dampak positif yang bisa didapat seperti pencernaan lebih lancar, gula darah turun, kadar lemak cepat mengikis serta mencegah sembelit. Selain itu makanan berserat tinggi cocok sebagai cara nurunin berat badan yang efektif.

Pada umumnya serat tak hanya diperoleh melalui buah dan sayur, tapi juga bisa dari berbagai makanan yang rasanya tidak bikin kita bosan. Biasanya kalau hanya makan sayur saja nampak bosan dan hambar. Kalau Anda perlu variasi makanan berserat lainnya, kita kasih rekomendasinya. Beberapa makanan berikut jika dikonsumsi rutin dapat membuat berat badan Anda turun secara signifikan.

Kacang Almond

Makanan dengan serat tinggi yang pertama adalah kacang almond. Jenis kacang ini bisa didapat dengan mudah di supermarket atau food store. Banyak para ahli diet yang merekomendasikan almond sebagai menu makan harian.

Baca Juga :  Cara Mencuci Baju Bayi dengan Deterjen yang Tepat

Almond bisa dicampur ke berbagai makanan lezat seperti shake, pancake, salad atau yang lainnya. Kandungan di dalamnya tak hanya serat, tapi juga mengandung vitamin B12, B6, A,C dan vitamin D. Almond juga kaya akan kalsium dan zat besi. Tak hanya berat badan yang dapat turun, almond juga memiliki manfaat seperti:

  • Melancarkan saluran pencernaan
  • Mengurangi kadar kolesterol
  • Menyehatkan jantung
  • Memaksimalkan kerja otak

Kacang Hitam

Ada jenis kacangan lain yang tidak kalah kandungan seratnya yaitu kacang hitam. Kacang ini memang tak begitu familiar untuk dijadikan makanan harian. Namun, anda dapat jadikan sebagai pengganti nasi yang mana bisa memenuhi kebutuhan serat sekaligus menekan rasa lapar lebih lama. Inilah beberapa manfaat kacang hitam jika dikonsumsi rutin:

  • Meningkatkan metabolisme
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan sistem imun
  • Mengatur kadar gula darah
  • Menyehatkan saraf
Baca Juga :  Berikut Cara Ampuh Meminimalisir Alergi Debu dan Gejalanya

Anda dapat mengolahnya menjadi bubur kacang, campuran salad atau es kacang hitam. Namun, jika ingn tambah manis, disarankan memakai madu saja.

Oatmeal

Oatmeal sekarang ini lagi sangat populer terutama di kalangan orang yang melakukan diet, fitness dan olahragawan. Memang oatmeal membuat tubuh tidak cepat lapar sehingga tidak memicu dorongan untuk makan berlebih.

Makanan berserat tinggi ini bisa didapat di minimarket atau supermarket dengan harga yang relatif terjangkau. Tak hanya serat saja, kandungan didalamnya ada mineral dan vitamin. Beberapa manfaat besar yang didapat jika mengonsumsi oatmeal:

  • Mengurangi keinginan makan berlebih
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengatur kolesterol
  • Mencegah perkembangan diabetes
  • Menurunkan resiko hipertensi

Biasanya oat dikonsumsi secara langsung dengan air hangat, tapi mungkin rasanya agak hambar. Anda bisa mengkombinasikan dengan pisang, yoghurt, strawberry atau almond. Anda bisa juga mengolahnya dengan dibuat menjadi jus shake.

Gandum

Dapat dikatakan kalau gandum menjadi bahan makanan diet paling familiar terutama untuk fitness mania. Tak hanya kaya serat, gandung juga efektif untuk menurunkan kelebihan berat badan. Biasanya orang yang melakukan program diet akan mengganti tepung dengan gandum. Gandum bisa diolah ke berbagai makanan baik camilan ringan maupun makanan berat. Beberapa manfaat konsumsi gandum secara rutin:

  • Sumber nutrisi
  • Mencegah kanker
  • Melancarkan buang air besar
  • Menurunkan obesitas
  • Menyehatkan jantung
Baca Juga :  Ini Dia Merek Obat Terbaik untuk Mengatasi Muntah Pasca Operasi

Bagi Anda yang ingin bersungguh-sungguh menurunkan berat badan, wajib untuk menjadikan gandum sebagai daftar makanan harian. Pilihlah gandum yang masih murni dan belum banyak campuran. Silahkan dicoba selama 1 bulan maka berat badan akan turun drastis.

Itulah beberapa variasi makanan berserat yang bisa Anda coba dalam melakukan program diet. Makanan diatas tak hanya ampuh untuk kesehatan organ dalam saja, tetapi juga untuk organ luar seperti kulit.

Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda tempuh untuk menurunkan kelebihan berat badan. Jika Anda memang ingin tahu berbagai cara nurunin berat badan selain dari makanan berserat, bisa simak referensi ini : https://manjakan.com/cara-nurunin-berat-badan/

Makanan Berserat untuk Menurunkan Berat Badan
Makanan Berserat untuk Menurunkan Berat Badan

Turun berat badan biasanya dikaitkan dengan mengurangi porsi makan. Padahal, aktivitas tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Tubuh kita perlu nutrisi yang cukup agar kinerja lebih maksimal. Sebenarnya yang perlu dipahami adalah tidak melulu mengurangi asupan makan, tapi lebih mengarah ke pergantian jenis makanannya. Diet yang tepat adalah mengatur pola makan dengan nutrisi terbaik untuk tubuh. Salah satu yang paling baik adalah konsumsi makanan berserat tinggi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More