Beranda Artikel Laptop Anda Cepat Panas Saat Digunakan? Begini 5 Cara Mengatasinya.

Laptop Anda Cepat Panas Saat Digunakan? Begini 5 Cara Mengatasinya.

19
0
BERBAGI

Laptop merupakan salah satu perangkat teknologi yang keberadaannya sangat dibutuhkan di masa kini. Jika dulu komputer banyak dipilih untuk melakukan berbagai pekerjaan seperti mengetik, mendownload, mendesign, dan lain sebagainya namun semenjak ada laptop.

Laptoplah yang sering menjadi pilihan karena kemudahan penggunaannya. Selain itu kemudahan dibawa ke berbagai tempat membuat laptop kini banyak menjadi pilihan.

Namun banyak orang yang mengeluh dengan laptop yang digunakan, salah satu keluhan dari mereka biasanya masalah laptop yang terlalu panas.

Suhu yang terlalu panas memang menyebabkan beberapa kerja laptop menjadi kurang maksimal, biasanya juga berpengaruh kepada daya tahan baterai laptop itu sendiri.

Merasa laptop anda sering panas? Jangan khawatir, berikut admin bagikan bagaimana cara mengatasi laptop yang panas, yuk simak tips berikut ;

Jangan Menggunakan Dalam Jangka Waktu yang Lama

Mungkin diantara anda sering menggunakan laptop dalam jangka waktu yang sangat lama. Bahkan bisa sampai berjam-jam. Memang tuntutan pekerjaan bisa menjadi hal yang membuat anda harus menggunakan laptop tidak bisa dalam waktu singkat.

Namun menggunakannya dalam waktu lama tanpa jedah sedikitpun adalah suatu kesalahan. Laptop menjadi cepat panas. Lebih baik, istirahatkan laptop setidaknya 1/2 jam sekali supaya suhunya tetap dalam batas optimal.

Rutin Membersihkan Saluran Udara Pada Laptop

Laptop memiliki 3 saluran udara yang berfungsi sebagai keluar masuknya udara pada laptop. Ketiga bagian itu berada di samping kanan dan kiri laptop serta dibagian bawah laptop. Jika anda terlalu sering menggunakan laptop, membuat saluran udara bekerja lebih mengeluarkan udara yang panas.

Hal ini bisa menyebabkan debu dari udara yang dihembuskan menumpuk sehingga sirkulasi udara bisa terganggu. Membersihkannya sebaiknya menggunakan vacuum cleaner khusus laptop yang bisa anda dapatkan di toko komputer.

Tidak disarankan membersihkan dengan cara ditiup karena menyebabkan debu masuk ke dalam laptop.

Menggunakan Colling Pad Eksternal

Menggunakan Colling Pad internal belumlah cukup untuk membuat suhu laptop menjadi terjaga. Karena pada dasarnya, Colling Pad internal hanya mendinginkan prosessor saja.

Sedangkan komponen lainnya tidak terpengaruh Colling Pad internal. Colling Pad Eksternal dapat dengan mudah anda temukan dan juga harganya cukup terjangkau.

Mengganti Thermal Paste CPU Secara Berkala

Thermal Paste CPU merupakan salah satu komponen laptop yang berguna sebagai penghantar panas pada prosessor dan CPU. Mungkin anda sering mengalami laptop yang tiba-tiba ngeblank, hal itu disebabkan karena sistem pendinginannya yang tidak bisa bekerja secara maksimal.

Jika thermal paste sudah lama digunakan bisa menyebabkan thermal menjadi mengering sehingga panas terperangkap ke dalam sebuah cip. Dampaknya, laptop menjadi cepat panas saat digunakan. Untuk itu sering-sering nengganti thermal paste adalah hal yang wajib dilakukan.

Setting Dari Dalam

Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam pun juga harus dilakukan untuk tetap menjaga suhu laptop tetap dalam batas normal.

Anda bisa menggunakan aplikasi speedfan yang membantu mengontrol suhu di prossesor ataupun perangkat lainnya. Selain itu anda bisa mengatasi laptop yang cepat panas dengan mengatur tingkat cahaya seminimal mungkin serta tidak melupakan pengaturan pada BIOS.

Laptop yang memiliki suhu normal bisa mengurangi resiko mengalami kerusakan. Jika anda ingin laptop anda tetap dalam keadaan suhu yang pas dan tidak terlalu panas kelima cara diatas bisa anda terapkan. Demikian artikel tentang 5 cara mengatasi laptop yang cepat panas. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here