Media Informasi Terkini

Sepuluh Kunci menjadi Penghafal Al-Qur’an

86

 

Tinulis ID – Menghafal A-Qur’an memang bukanlah perkara yang mudah bahkan bisa jadi terdengar mustahil untuk sebagian orang. Selain memiliki jumlah kata yang banyak, di dalam Al-Qur’an juga terdapat kalimat yang mirip dan berulang dalam surat yang sama maupun berbeda.

Terdapat pula hukum bacaan dan ketentuan tempat keluarnya huruf yang dibaca, sedikit saja kesalahan terjadi pada satu atau kedua hal itu, arti ayat yang dibaca akan berubah. Oleh sebab itu, para penghafal Al-Qur’an wajib mempelajari dan menguasai ilmu tajwid. Sepuluh kunci untuk menjadi penghafal Al-Qur’an di bawah ini, yaitu:

  1. Membaca Al-Qur’an secara benar : Mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, tempat keluarnya huruf-huruf tersebut, dan hukum-hukum bacaan lainnya,
  2. Niat Ikhlas :Niatkan menghafal Al-Qur’an tersebut hanya untuk Allah S. W. T. Niat ikhlas tersebut akan lebih sempurna jika disertai denga pemahaman akan keutamaan yang akan diraih oleh para penghafal Al-Qur’an di yaumil akhir nanti.
  3. Menjauhi Kemaksiatan dan Dosa :Firman Allah Yang Maha Suci ini tidak akan melekat pada hati yang kotor. Kemaksiatan akan mengotori hati dan menghalangi cahaya Ilahi yang akan masuk ke dalamnya.
  4. Memanfaatkan Masa Muda :Menghafal Al-Qur’an di usia muda akan menjadi tabungan di masa tua, manakala penglihatan sudah menurun hingga tak mampu lagi membaca tulisan huruf Qur’an dengan baik. Saat itulah hafalan sangat bisa diandalkan.
  5. Memanfaatkan Waktu Efektif dan Waktu Luang :Carilah waktu yang tenang ketika hati dan pikiran mampu menyerap bacaan Al-Qur’an dengan mudah.
  6. Memilih Tempat Yang Tepat :Pilihlah tempat yang tenang untuk menghafal sehingga hati, pikiran, pendengaran dan penglihatan tidak akan terusik oleh hal-hal lain.
  7. Motivasi Diri yang Kuat dan Benar, Teruslah bertahan untuk menghafal meski apapun yang terjadi.
  8. Mengoptimalkan Seluruh Indera :Setiap panca indera kita memiliki jalan tersendiri yang akan menyampaikan hafalan kita pada otak. Inilah yang akan menguatkan hafalan.
  9. Menggunakan Satu Cetakan Mushaf : Dengan menggunakan satu cetakan mushaf akan lebih memudahkan proses menghafal karena bisa menghafal secara runtut atau dengan sitematika tertentu.
  10. Hafalan yang Saling Berkaitan :Ulanglah beberapa ayat yang telah dihafal sebelum menghafal ayat baru. Hal ini dilakukan agar hafalan sebelumnya tidak mudah hilang.
Baca Juga :  Hello world!

Itulah tips Sepuluh Sepuluh Kunci menjadi Penghafal Al-Qur’an Semoga bisa bermanfaat adanya penulis sampaikan.

Sumber Artikel:
Jannah, Izzatul dan Irfan Hidayatullah. 2012. 10 Bersaudara Bintang Al-Qur’an Kisah Nyata Membesarkan anak Menjadi Hafiz Al-Qur’an dan Berprestasi. Bandung: Sygma Creative Media Corp.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More