Media Informasi Terkini

Kumpulan Doa-Doa Yang Bisa Anda Baca

0 2

Kumpulan Doa-Doa Yang Bisa Anda Baca  – Sebagai seorang muslim kita diharuskan selalu berdoa dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Karena bagaimanapun berdoa menjadi sarana kita untuk berkomunikasi dengan Allah dan memohon pertolongannya. Berikut kumpulan doa-doa yang bisa anda baca:

Kumpulan Doa-Doa Yang Bisa Anda Baca1. Doa Setelah Tayamum

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahummaj’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibadikash shalihiina. Subhaanakallohumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaaha illa anta, asytaghfiruka wa atuubu ilaik”

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh. Maha suci Engkau, ya Allah dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau, dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampun dan bertaubat pada-Mu.”

Baca Juga :  Aplikasi Umma Luncurkan Fitur Special, Temani Aktivitas selama Bulan Ramadhan

2. Doa-Doa Sakaratul Maut

Allhumma inni a’uzu bika minat taroddi wal hadmi wal ghaoqi wa a’uzu bika an yatakhobbathoniyasy syaithonu ‘indal mauti wa a’uzu bika an tamuta fi sabilika mudbiron wa a’uzu bika an amuta ladighan.

Artinya : “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari terjatuh dari ketinggian, tertimpa bangunan, tenggelam dan terbakar. Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari penguasaan setan kepada saya saat kematian. Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kematian di jalan-Mu dalam keadaan melarikan diri. Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kematian disengat hewan.” (HR. Abu Daud dan Nasai).

3. Doa buka puasa

Terkait doa berbuka, ada beberapa doa buka puasa yang dapat dilafazkan. Berikut 2 doa berbuka puasa dan artinya :

“Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamarrahimiin.”

Artinya : “Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

“Dzahabaz Zhama’u, Wabtalatil ‘Uruqu wa tsabatal ajru, Insyaa Allah.”

Artinya : “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah, serta pahala telah tetap, Insya Allah (jika Allah menghendaki).” (HR. Abu Daud no 2358).

Baca Juga :  Inilah 8 Cara Alami Mengatasi Kulit Kering Yang Musti Diketahui

4. Doa Membaca Al Quran

Baca Ta’awudz dan Basmallah

Ketika hendak membaca Al Quran hendaknya diawali dengan membaca ta’awudz dan basmallah. Hal ini dilakukan untuk meminta perlindungan kepada Allah subhana wa ta’ala dari godaan setan yang terkutuk.

Adapun  bacaan ta’wudz adalah sebagai berikut :

A’dddzu billaahi minasy syaithoonir rahiim

Artinya : “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

Setelah itu membaca basmalah yang berbunyi :

Bismillahirrahmanirrahiim

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

5. Doa Setelah Membaca Al Quran

Diakhiri Dengan Membaca Doa, usai membaca Al Quran dianjurkan untuk membaca doa penutup yang berbunyi :

Shadaqallahul ‘adziim wa balagha rasuuluhul kariim wa nahnu ‘alaa dzaalika minasy syaahidin

Artinya : “Maha benar Allah Yang Maha Agung dan Rasul-Nya yang mulia dan kami atas hal itu termasuk orang-orang yang bersaksi.”

Baca Juga :  Inilah Teknik Dasar Bola Basket Saat Melakukan Shooting

6. Doa Ziarah Kubur

Adapun lafaz doa ziarah kubur adalah sebagai berikut:

Assalamu ‘allaikum dara qaumin mu’munin wa atakum ma tu;adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya Allahu bikum lahiqum.

Artinya : “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.”

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More