Menikmati Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Sekarang ini kuliner menjadi salah satu yang paling banyak dicari juga yang menghasilkan banyak keuntungan. Apalagi kuliner kekinian yang sedang booming dikalangan anak muda, menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan.

Semakin banyak bermunculan kuliner kekinian yang selain enak rasanya juga unik dalam nama dan penyajiannya. Kuliner-kuliner tersebut menjadi sangat terkenal terutama di kalangan milenial.

Menikmati Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Celoteh Pembuka Sebelum Lanjut Ngopi Membaca Sob, Jangan lupa siap-kan tisu 😀 eh ... Yuk lanjut baca sob 🙂

O’ia sob perlu kamu ketahui bahwasanya sub sektor kuliner memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu lebih 30% dari total pendapatan sektor pariwisata dan sektor ekonomi kreatif. Pasar industri kuliner sangat mempunyai potensi besar yang kuat untuk terus berkembang, oleh karena itu pemerintah akan mendukung sub sektor ini supaya lebih maju lagi.

Sob, kamu tahukan? Orang-orang yang sering berpergian traveling atau wisata ke suatu tempat itu pasti berburu kulineran bukan ? Yap, betul sekali jawabannya. Hampir 100% orang yang berpergian wisata, akan mencari tempat kulineran yang asyik atau tempat nongkrong yang sedang hits biasanya di daerah yang mereka kunjungi.

Berdasarkan melihat data dari infografis BEKRAF yang di tulis oleh media Kumparan, Indonesia masuk 5 besar Negara yang berkontribusi pada sektor EKRAF. Salah satunya yaitu kontribusi subsektor dengan pendapatan terbesar pada tahun 2016, berikut media infografis yang dimuat oleh media kumparan.

Menikmati Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen
Infografis oleh Media Kumparan | Potret Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Sementara itu menurut Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Ricky Joseph Pesik menyatakan bahwa sub sektor EKRAF terutama kuliner terbilang industri yang abadi karena menyangkut kebutuhan dasar manusia. Bisnis kuliner naik kelas lantaran menjelma sebagai gaya hidup. 

Peluang kuliner untuk terus berinovasi dan menghasilkan varian makanan dan minuman olahan baru juga semakin besar pada masa sekarang ini,” ujarnya. Subsektor kuliner memberi sumbangan terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif. Berdasarkan data yang dihimpun BEKRAF dan Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui, kontribusi subsektor ini terhadap PDB pada 2016 sebesar 41,40% atau lebih setara Rp 381,99 miliar.

Berikut ini bukti sub sektor kuliner penyumbang pendapatan Ekonomi Indonesia terbesar di 10 Provinsi seluruh Indonesia, di antaranya Kalimantan Utara (79,84%), Banten (77,01%), Kalimantan Barat (76,12%), Papua Barat (76,00%), Sulawesi Utara (75,77%), Kepulauan Riau (74,97), Kalimantan Timur (74,78%), Jawa Timur (74,07%), Jawa Barat (71,72), DKI Jakarta (70,13%) dan Provinsi Lainnya di atas rata-rata 40% sumbangsih industry kuliner di Nusantara. 

Menikmati Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen
Infografis oleh @bangoji_SEO | Referensi Data dari BEKRAF & BPS

Beberapa pelaku industri kuliner melihat ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan dikelola secara lebih serius. Salah satu di antaranya adalah perlunya akses perizinan usaha melalui satu pintu sehingga lebih mudah dan efektif. Para pebisnis kuliner baru sebaiknya mendapatkan panduan dari pemerintah yaitu bisa berupa pelatihan bisnis, informasi perizinan, sampai pada pendampingan hukum dalam proses pendirian usaha sebagai saran saja sih.

BEKRAF sebagai wakil dari pemerintah berperan serta dalam mendampingi sub sektor kuliner ini. BEKRAF juga menyediakan fasilitasi seperti pelatihan bisnis, akses permodalan, dan pendampingan pendirian usaha serta akan berpartisipasi aktif dalam mempromosikan kuliner Indonesia yang sangat beraneka ragam ini ke pasar domestik maupun luar negeri.

Gimana Sob, celoteh pembukaanya...?

Yes

or

No

Masih mau lanjut baca?

Ya sudah lanjut sob 🙂

Bagaimana sob dengan celoteh pembuka di atas, apakah kamu mendapatkan sebuah insight yang berharga atau hanya sekadar membaca atau scrolling saja ? 😀 . wkwkwkwk…. Coba kalo kamu baca celoteh pembuka tadi, sebutkan 10 Provinsi terbesar penyumbang EKRAF tahun 2019. Eh.. 1 ajah deh, DKI Jakarta masuk ke urutan berapa ? hayoo…. Hayooo…. Coba tebak. !! 


Cieee…. Malah Scrool ketas. wkwkwk 😀

Menikmati Secangkir Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Yuk Cobain Kopi Jujur Sob, kapan lagi kalo tidak sekarang!

Nikmati momen istimewa makan malam bersama Treats! Ada suguhan khusus untuk semua orang, dengan ragam pedagang, transaksi, dan pembayaran. Treats ada di sini untuk menyenangkan dan menginspirasi Kamu dan keluarga saat makan.

#KopiJujur, #KopiAsliTanpaCampuranEssen

"Kopi Jujur Dulu, Ngopi Kemudian"

“Segelas kopi, menurut saya teman setia yang bisa menemani dalam mencari sebuah inspirasi menulis sebuah rangkaian kata”.

Bantu share dong Artikelnya 🙂

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest

Bagaimana Pendapatmu tentang Treats by Traveloka Eats?

Yuk ceritakan Pengalaman serumu saat kulineran dan sebutkan 3 lokasi kuliner Favoritemu di kolom komentar

Leave A Reply

Your email address will not be published.

© published : 2017 - 2020. All Right reserved

Continue Reading