Gaya Hidup Kesehatan

Kamu Harus Berhati-hati, Ketika Diabetes Mengintai

Ketika Diabetes Mengintai – Terpaku bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang panjang dan minimnya aktivitas selama bekerja tentunya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Minim olahraga karena sudah lelah dengan aktivitas harian di kantor ikut andil dalam memperburuk resiko turunnya kualitas kesehatan seorang karyawan.

Salah satu penyakit yang mengintai para karyawan pasif (pekerja dengan durasi bekerja di belakang layar tanpa aktivitas fisik) adalah penyakit gula atau diabetes. Data dari riset kesehatan dasara (Riskesdas) menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan angka penderita diabetes melitus dari 6.9% di tahun 2013 menjadi 8.5% di tahun 2018.

Diabetes merupakan kondisi kesehatan dimana kandungan gula darah seseorang berada di atas ambang normal atau 125 miligram/dL. Diabetes terutama diabetes tipe 2 yang mengintai para pekerja dulunya memang merupakan penyakit degenartif atau penyakit yang akan muncul seiring bertambahnya usia.

Penyakit degenartif mengacu pada kondisi kesehatan akibat menurunnya fungsi organ atau jaringan seiring dengan perjalanan waktu.

BACA JUGA:

Dewasa ini diabetes tipe 2 atau kencing manis tidak hanya ditemukan pada kaum berumur saja, namun kaum muda dengan usia di bawah 40-an pun sudah banyak yang mengidap kencing manis. Kencing manis pada usia muda disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik, seperti mengkonsumsi makanan manis dan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam porsi berlebihan namun tidak diimbangi dengan aktivitas olahraga.

Pencegahan diabetes untuk usia pekerja sebenarnya dapat dengan mudah dilakukan. Tindakan pencegahan terhadap salah satu jenis penyakit mematikan ini dapat dimulai dengan memilih makanan yang sehat dan mempertahankan berat badan pada kondisi yang proporsional dengan usia dan tinggi badan.

Hindari dehidrasi pada tubuh dengan mengkonsumsi air secukupnya atau sekitar 2 Liter per hari untuk usia dewasa. Gula darah yang tinggi dapat muncul akibat dehidrasi, karenanya salah satu ciri dari penyakit diabetes adalah sering haus.

Sinyal haus yang intens pada penderita diabetes muncul karena tubuh bekerja dengan keras untuk mengeluarkan darah berlebih dengan cara mengambil cairan tubuh. Hidrasi yang tepat tentunya akan membuat proses metabolik dari gula tersebut menjadi lebih lancar.

Asupan kebutuhan cairan pada tubuh selain dengan mengkonsumsi air mineral biasa juga dapat digantikan dengan air alkali. Air alkali mengacu pada kondisi PH yang cenderung lebih basa dan memiliki mineral alkali yang berfungsi sebagai antioksidan.

Air alkali terbaik yang dikonsumsi secara rutin dengan porsi proporsional dapat membantu proses penyembuhan diabetes. Air minum PH tinggi ini selain dapat menghidrasi tubuh dengan baik juga dapat mengontrol kekentalan darah sehingga peredarannya menjadi lebih lancar.

Kamu Harus Berhati-hati, Ketika Diabetes Mengintai

Ketika Diabetes Mengintai - Terpaku bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang panjang dan minimnya aktivitas selama bekerja tentunya berdampak buru

Editor's Rating:

Post Comment