Artikel Gaya Hidup

Ketahui Tentang Psikometri, Metode Tes Kepribadian Untuk Calon Pegawai

Ketahui Tentang Psikometri, Metode Tes Kepribadian Untuk Calon Pegawai – Ada metode tes kepribadian tersendiri dalam psikologi untuk mengukur kejiwaan manusia yang senantiasa dinamis dan abstrak, yaitu tes psikometri. Jika kamu ingin mengetes kerpibadian seseorang gunakan metode tersebut karena cukup akurat dan efektif. Meskipun tidak sepenuhnya seluruh hasil tes benar-benar seutuhnya dapat memberikan kepribadiaan seseorang, namun setidaknya metode ini cukup digunakan untuk analisis. Terbukti juga sudah banyak yang menggunakan. Tes psikometri banyak digunakan sebuah perusahaan untuk merekrut para calon pegawai.

Ketahui Tentang Psikometri, Metode Tes Kepribadian Untuk Calon Pegawai

Dengan psikometri, perusahaan menganalisis setiap pelamar. Hal ini dilakukan karena perusahaan tidak ingin mendapatkan pegawai yang minim kompetensi. Setiap perusahaan ingin merekrut calon pegawai yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Tidak hanya skills, namun kondisi kejiwaan akan disesuaikan dengan posisi pekerjaan. Karena kejiwaan juga sangat berpengaruh pada hasil kerja yang ditunjukkan nantinya. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu ketahui tentang tes psikometri.

1. Berfungsi Mendeteksi Kepribadian Sikap

Kepribadiaan seseorang akan mudah dideteksi dengan tes ini. organisasi maupun perusahaan sering menggunakan ini untuk tes kepribadian. Sesuatu yang tidak dapat diamati dengan mata dapat dideteksi. Informasi yang sangat tersembunyi dalam diri manusia dapat dilihat yang berguna sekali untuk menentukan relevansi sikap yang dimiliki seseorang terhadap pekerjaan yang akan diterimanya.

Kebutuhan informasi yang sering dicari dalam metode ini adalah seputar seberapa besar seseorang akan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, cara seseorang membuka diri dengan hal-hal baru, ketelitian dan kewaspadaan terhadap apa saja yang nantinya akan dikerjakannya, seberapa senang bergaul dengan bermacam-macam orang di lingkungan kerjanya, sikap dalam mengambil keputusan, dan cara seseorang dalam menghadapi masalah.

2. Mengetahui Bakat Terpendam

Bakat terpendam yang dimiliki setiap orang dapat dideteksi tanpa perlu meminta untuk menyebutkan. Cukup dengan metode tes psikometri, perusahaan akan dengan mudah memahami bakat kamu. Prestasi-prestasi yang pernah kamu ukir akan tampak dan ini akan sangat menguntungkan perusahaan. Tentu setiap perusahaan mencari pegawai yang mampu meyumbang hasi yang baik bagi kemajuan bisnis.

Pengalaman apa saja yang telah kamu lalui akan terbaca. Jika demikian, perusahaan akan lebih mudah menentukan kepribadian kamu jika sedang mengalami masalah apa yang akan dilakukan. Kepribadian dengan pembawaan yang tenang dan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan akan selalu dicari.

3. Mengukur Kepribadian Gelap

Setiap orang memiliki kepribadian gelap. Perusahaan harus mempertimbangkan setiap calon pegawainya. Prestasi dan bakat saja tidak cukup untuk menentukan seseorang dapat bergabung dalam sebuah kepribadian. Karena akan sia-sia saja jika mempunyai prestasi dan bakat baik, namun jauh di dalam diri seseorang tersebut ternyata menyimpan sisi gelapnya yang akan mempengaruhi hasil kinerjanya. Dilansir dari nationalgeographic.id, sisi gelap yang menakutkan dan merugikan perusahaan adalah sadisme, psikopat, dan egoisme.

Orang dengan sifat tersebut sulit diajak untuk bekerjasama secara tim. Pendapat dan uluran tangan orang lain cenderung diabaikan. Seseorang dengan sisi gelap hanya akan mengerjakan sesuatu sendiri, tidak memerlukan gotong royong. Padahal gotong royong sangat penting untuk menggapai efisiensi dan efektivitas hasil produksi suatu perusahaan.

4. Mengungkap Kemampuan Kognitif

Kemampuan individu berpikir logis dan berpikir sistematis sangat dibutuhkan perusahaan. Dengan tes ini kemampuan kognitif akan mudah diungkap. Seberapa jauh penggunaan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaiakan masalah dapat diketahui. Kemampuan kognitif adalah yang paling utama dibutuhkan dari pada pengalaman, performa, dan tingkat pendidikan.

Empat hal di atas perlu kamu ketahui jika ingin apply pekerjaan. Pastikan kamu telah menyiapkan diri untuk berhadapan dengan tes kepribadian pasti kamu temui saat melakukan proses melamar kerja di perusahaan yang kamu inginkan. Sekian artikel ini semoga membantu dan mengantarkan kamu ke pintu gerbang kesuksesan.

Ketahui Tentang Psikometri, Metode Tes Kepribadian Untuk Calon Pegawai

Ketahui Tentang Psikometri, Metode Tes Kepribadian Untuk Calon Pegawai - Ada metode tes kepribadian tersendiri dalam psikologi untuk mengukur kejiwaan manu

Editor's Rating:

Post Comment