Gaya Hidup Artikel

#JadiMandiri : Antara Aku, Blogging dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Kemudahan transaksi menggunakan mandiri online – hallo agan-agan bertemu lagi dengan admin tinulis yang ganteng ini, pada kesempatan kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman pertama kali kenal dunia blogging dan tranaksi online.

O… iya admin belom memperkenalkan diri ya, 🙂 kenapa admin yang ganteng ini memilih featured image untuk postingan kali ini. Featured image tersebut di buat oleh teman blogger senior dan sekaligus guru ngeblog saya.

Beliau bernama Usman Assegaf yang lebih sering di panggil dengan sebutan kang uze dan ia memiliki banyak blog yang di kelolanya akan tetapi blog utamanya yaitu kursuskomputergratis.com pembahasanya tentang tutorial blogging dan perkembangan adsense.

Dalam featured image ada beberapa gambar yang menceritakan beberapa temen-temen blogger yang berpengaruh di forum komunitas blogger indonesia dan tempat belajar blogger zaman now salah satunya mas irwin (masirwin.com – Blog Hunter Competition), Mas Adhy (kompiajaib – Blog Hunter Template & Blogging), Kang Wira (kangwira.com – Blog Tutorial Blogging) dan saya sendiri (tinulis.id – Portal Media Informasi terkini ).

Yang mana waktu awal-awal mengenal blogger itu karena ketertarikan pada suatu artikel yang menerangkan bahwa dengan hanya mengandalkan internet kita bisa menghasilkan ribuan dollar bahkan hingga jutaan dollar.

haaa… siapa coba yang tidak tertarik … 🙂

Pasti penasarankan kan bagi kalian yang pemula tiba-tiba menemukan artikel atau guyonan dari teman sepermainan, teman kantor atau teman siapa saja yang penting teman.

heee … :), yang pasti akan tertarik dengan adanya isu tersebut.

Bagaimana kelanjutannya, yuk simak pengalaman awal mengenal blogger sampai terjun ngeblog hingga saat ini, bagaimana dengan perkembangannya?.

BACA DULU : 

checkidott ….. 🙂 :), dan janagan kaget yah..!!

Pengalaman Pertama Ngeblog

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online
vektor by : kursuskomputergratis.com

Perkembangan digital begitu pesat sekali dalam kemajuan bersosial media dan internet, berawal dari masa PKL (praktek kerja Lapangan) yang tepatnya pada tahun 2012 lalu. Disini saya mulai berbaur dan bergaul dengan dunia lepas (red:bebas) bersama teman-teman dan lingkungan sekitar, sehingga membawa saya untuk lebih mengenal serta belajar berbabgai hal yang bermanfaat tentunya.

Pada saat itu  awal bermulanya saya mengenal dunia internet melalui warnet (warung internet) itupun keterpaksaan untuk mencari bahan tugas yang di berikan oleh mentor di tempat PKL, dan pertama kalinya saya membuat akun sosial media yang sedang booming pada waktu itu yaitu sosial media facebook dengan beralamatkan https://www.facebook.com/ojipaojinakkampoenktea/ wkwkkw …  nama akun yang alay-alaynya :).

Mengenal Platform Blogging

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Sebenarnya dari kegiatan berinteraksi dengan internet melalui sosial media facebook, saya menemukan sesuatu yang seru ternyata. jhaa.. 🙂 gaptek dikit sih.

Mengenal Facebook belom tentu saya mengenal yang namanya istilah ngeblog, blogging, blogger dan sejeninya. Karena yang saya tahu dari internet hanyalah sosmed facebook, sosmed tersebut memberikan peluang untuk berinteraksi aktif dalam silaturahmi sesama teman-teman.

Facebook banyak sekali keunggulan yang diberikan kepada penggunanya, mulai dari update status, chatting, bisa memberikan komentar, membagikan status teman dan banyak hal lainnya yang akan di temukan pada media sosial terebut.

Dan awal mengenal paltform blogging yaitu pada akhir tahun 2015 atau awal tahun 2016, baru kenal dengan namanya situs blogger dan membuat blog sebagai wadah catatan harian serta invetasi sebuah tulisan yang akan di kenang oleh banyak orang.

Banyak sekali Platform blogging yang bisa digunakan sebagai sarana dan penunjang blogging di antaranya yaitu blogspot.com, wordpress.com, tumblr, blogdetik, wagomu, kompasiana, dan platform blogging lainnya yang bisa dijadikan sebagai tempat referensi ngeblognya.

Kalau saya sendiri lebih memilih kedua platform yang populer di kalangan blogger ndonesia yaitu platform wordpress.com dan blogspot.com, karena kenapa kedua tempat blogging ini sangat mudah digunkaan dan beragam macam template/themes yang bisa di custom keren sedemikian rupa sesuai dengan keinginan masing-masing.

Berambisi ingin Berpenghasilan Lewat Blogging

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri OnlineBerambisi dengan minat punya penghasilan dari kegiatan ngeblog/blogging, akan tetapi untuk meraihnya begitu tidak instan secara harus melalui beberapa tahap dan proses demi tercapainya penghasilan dari blogging.

Banyak sekali artikel-artikel atau tulisan tersebar di penjuru jagat internet, tulisan tersebut mencakup berbagai informasi yang sangat penting bagi seseorang yang sedang mencari bahan tugas, bahan bacaan, tips-tips dan lainnya. Diantara sekian banyak tulisan artikel yang tersebar, apa sih yang saya minati untuk meluangkan waktu dengan membaca sebuah narasi yang di bumbui copywritting sehingga membuat pembaca terhipnotis hingga selesai membaca.

BACA JUGA :

Salah satunya yaitu artikel yang membahas tentang berpenghasilan dari sebuah internet secara lengkap mulai dari bisnis online, internet marketing, digital marketing, blogging dan hal lainnya yang bisa menghasilkan sebuah penghasilan dari internet.

Saya sebelum terjun ke dunia internet atau blogger berambisi sangat antusias sekali, karena telah terhipnotis oleh rekaman-rekaman video atau tulisan para senior terdahulu yang menceritakan kisah suksesnya mereka di dalam dunia internet. Eka Lesmana salah satu blogger yang sukses dan populer pada waktu itu, ia seorang anggon bebek di kampung berbekal nekad dan pengetahuan terhadap dunia internet serta Beliau pun berpenghasilan hingga ribuan dollar setiap bulannya.

Kopi Darat Bareng Komunitas

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Komunitas Blogger, Komunitas Blogger merupakan sebuah perkumpulan para anggota member untuk saling tukar-menukar informasi dan yang lebih di kenal dengan sebutan sharing pengalaman selama berkiprah di dunia blogger.

Banyak sekali Komunitas ataupun forum untuk belajar mendalami ilmu blogger mulai dari forum online maupun kegiatan offlinenya. Dari sebuah komunitas bukan saja tentang berbagi pengalaman masing-masing anggota, melainkan ajang silaturahmi dalam memepererat tali persauadaraan dan sebuah ajang networking anatar sesama anggota sekomunitas.

Disini saya memilih untuk bergabung dengan salah satu komunitas blogger yang ada di kawasan jabodetabek yaitu komunitas blogger jakarta, hingga saat ini saya anggota aktif dalam hal kegiatan-kegiatan online maupun event offline yang sering di laksanakan oleh para pengurus komunitas blogger jakarta.

Selain gabung di Komunitas Blogger Jakarta, saya pun ikut bergabung dengan beberapa komunitas Blogger lainnya yang berada di wilayah jabodetabek. Karena ingin memiliki jaringan untuk menjalin silaturahmi sesama saudara dan setanah air.

Dari sebuah komunitaslah yang membawa saya mengenal dunia blogging secara luas dan mendalam, akan tetapi tidak sedalam ilmu pengalaman senior-senior sekomunitas. Tak pernah bosan untuk terus ikut belajar, upgrade dan belajar-upgrade bersama demi memperbaiki kualitas serta kuantitas blog kita masing-masing.

Komunitas mengajarkan saya banyak hal sebelumnya dan banyak sekali yang belom diketahui sehingga dengan berbaginya pengalaman, akhirnya kita bisa mengetahuinya. Terutama pembelajaran propesional dalam mengelola sebuah blog agar tetap bisa konsisten dalam update setiap harinya dan supaya bersinergi dengan lebih baik lagi.

Wacana Membeli Domain TLD (Top Level Domain)

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Berawal dari gabung dengan komunitas blogger jakarta saya mengetahui lebih banyak pengalaman dan pengetahuan tentang dunia blogger mulai dari editing template, cutom domain dan hal lainnya yang berhubungan dengan dunia perblogingan.

Wacana membeli domain TLD, karena kata mereka (red:anggota komunitas) kenapa harus memakai atau mencustom blog gratisan ke Domain TLD atau domain berbayar ? karena agar terlihat lebih serius dalam mengelola blognya, suapaya terlihat lebih profesional, bisa dilirik oleh brand, salah satau persyaratan mengikuti lomba/kontes blog, dan agar mudah teringat oleh semua kalangan.

Tapi saya hanya berangan-anagan saja ingin memiliki nama website atau blog dengan domain yang berbayar, akan tetapi itu cuman mimpi belaka 🙂 kenapa? yang pasti kalian juga tahu jawabanya, karena pada waktu itu saya belom memiliki tabungan buat upgarde blog gartisan ke blog berbayar/domain TLD.

BACA JUGA : 

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Di era digital saat ini hampir semua transaksi menggunakan aplikasi online atau memakai alat transaksi pembayaran online, sudah tidak kaget lagi bagi anak muda masa kini. Apalagi sekarang sudah banyak bermunculan marketplace atau yang lebih sering di sebut toko online seperti bukalapak, tokopedia, lazada, blibi dan marketpalce lainnya mereka semua memakai sistem pembayaran online dalam transaksinya.

Berikut tabel perilaku pengguna internet Indonesia hasil survey tahun 2016 oleh Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merangkum, menganalisan dan mensurvei perilaku pengguna internet di Indoneisa. salah satu data survey Teknis pembayaran Transaksi Online dan frekuensi transaksi online sangat begitu besar sekali.

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online

Data di atas menunjukan jumlah pengguna di Indonesia yang menggunkaan alat pembayaran transaksi online baik itu mereka pengguna Bank Mandiri dan Bank lainnya dalam menunjang alat pembayaran belanja online atau transaksi online lain sesuai kebutuhan masing-masing.

Kenapa harus memilih Bank Mandiri ?

Era digital berkembang secara pesat PT. Bank Mandiri Tbk sebagai bank terbaik di Indonesia tidak ingin tertinggal oleh cepatnya arus digitalisasi, maka untuk itu Bank Mandiri berinisia meluncurkan Mandiri Online. Mandiri Online merupakan serangkaian dan gabungan dari Mobile Banking, Internet Banking, dan SMS Banking.

Mandiri Online Merupakan layanan perbankan dalam jaringan yang mudah diakses sebagai portal dan juga melalui aplikasi smartphone nasabahnya. Dalam menggunakan Mandiri Online kita hanya perlu memiliki satu username dan password untuk login serta mengaksesnya tanpa ribet dan sangat praktis.

Bank Mandiri berharap melalui kemudahan bertransaksi melalui Mandiri Online dapat membantu dan memudahkan nasabahnya dalam menjalankan berbagai transaksi sehingga para nasabahnya dapat aktif bertransaksi.

Berikut ada beberapa alasan saya untuk menggunakan Bank Mandiri sebagai media pembayaran dan bertransaksi seperti bayar belanja online, menerima pembayaran jasa online, dan lainnya yaitu sebagai berikut :

Alasan Pertama : Tuntutan Kerja

Pada tahun 2015 yang lalu saya bermaksud merantau ke DKI Jakarta yang lebih tepatnya di wilayah Pondok Pinang – Jakarta Selatan, disini saya ikut dan tinggal di tempat keluarga saudara istri dari paman saya (red: mamang kalau dalam bahasa sundanya). 

Di Jakarta saya melamar pekerjaan kemana-kemari dan singkat cerita, Akhirnya mendapatkan Pekerjaan baru di tempat yang baru pula di sebuah perusahan yang bergerak pada teknologi dan telekomunikasi wilayah Jakarta Selatan sebagai Karyawan Instalasi BTS dan selang 1.6 bulan bekerja di lapangan akhirnya saya pun di angkat menjadi karyawan internal (red: kantor) sebagai document control analyst (curhatan ini kalo diceritakan panjang, tapi lain kali insya allah saya tuliskan pada blog ini). hee .. 🙂

Dari tempat pekerjaan baru inilah, saya harus mempunyai rekening bank mandiri karena slaah satu alat transaksi pembayaran gaji karyawan melalui bank mandiri. Selama pengurusan pembukaan Rekening Bank dan selama bekerja sebulan saya diperbolehkan untuk menggunakan rekening bank punya teman dengan surat pernyataan yang disediakan oleh perusahaan.

Alasan Kedua : Menabung

Tuntutan kehidupan memaksa saya untuk bisa menghemat pengeluaran dan pemasukan demi investasi masa depan, semua orang mempunyai harapan di suatu nanti misalnya rencana pernikahan, rencana kuliah/wisudan dan harapan-harapan lainnya yang tentu membutuhkan sebuah biaya untuk mewujudkan hal itu semua.

Begitupun dengan saya hal pertama yang bisa dilakukan adalah menyisihkan uang dari sisa gaji bulanan untuk di simpan atau tabungan. Tabungan tersebut untuk bekal dan biaya masa depan (red: biaya pernikahan) .. wwkwkkw …. 🙂 Di samping untuk biaya tersebut ada hal yang lainnya apalagi saya sebagai blogger menginginkan sebuah website yang keren dan propesional.

Nah untuk mewujudkannya saya harus menyisishkan pundi-pundi receh dari hasil kerja sebulan agar bisa membeli sebuah nama domain dan hosting untuk website yang saya damba-dambakan sebelumnya, agar lebih profesional seperti teman-teman blogger lain.

Alasan Ketiga : Belanja Online

Karena suatu alesan saya memakai mandiri online yaitu belanja online, dimana di era digital ini apa-apa serba online jadi orang-orang tidak usah repot-repot untuk pergi ke toko. Marketplace atau yang sering disebut toko online sudah banyak sekali bermunculan ragamnya dari toko online penjualan tiket, toko online penjualan barang-barang rumah tangga hingga barang-barang kebutuhan sehari hari sudah dipasarkan secara online.

Solusi yang tepat untuk bertransaksi bayar belanja online yaitu dengan mandiri online, bagi saya sangat mudah sekali menggunakannya, aman dan tidak perlu repot mencari ATM cukup klik aplikasi mandiri online semua transaksi online beres semua.

Alasan Keempat : Transaksi Online

Sebagai seorang blogger sering mendapatkan tawaran kecil misalnya content placement, job content review tentu itu semua harus memiliki akun rekening untuk menerima transaksi pembayaran dari klien. Selain itu saya juga memiliki freelance sebagai Jasa pembuatan Website dan Jasa SEO semua jasa yang saya tawarkan relatif menggunakan transaksi online.

Menurut penuturan Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) hampir semua pengguna internet melakukan pembayaran menggunakan transaksi online.

Dari yang menggunakan media ATM, Internet Banking, Kartu Kredit, SMS banking dan E-Money, jadi sudah sangat relatif bagi anak milineal dalam bertransaksi online.

Tabel tersebut menggambarkan frekuensi pengguna terhadap transaksi online perbulannya :

  • Hampir 50 juta orang bertransaksi online melalui pembayaran via ATM
  • Sekitar 18,8 juta pengguna Online melakukan pembayaran secara COD/bayar ditempat
  • Kurang-lebih 9,9 juta orang transaksi menggunkaan pembayaran online melalui internet banking
  • Pengguna online yang melakukan pembayaran melalui kartu kredit cenderung lebih sedkit sekitar 3,3 juta transaksi online.
  • Pengguna Transaksi Online yang menggunakan pembayaran melaui SMS Banking yaitu sekitar 2,1 Juta
  • dan sekitar 928 ribu pengguna Online bertransaksi melalui E-Money sebagai alat pembayarannya.

Secara Global hasil survey APJII tahun 2016 menganalisa teknis dan frekuensi yang dilakukan oleh pengguna online dalam bertransaksi dan itulah alasan saya lebih menyukai transaksi dengan melakukan pembayaran secara online.

Alasan Kelima : Google Adsense

Alasan terakhir yaitu sebagai seorang publisher di dunia perbloggingnan tentu harus memiliki sebuah akun rekening untuk menerima pembayaran dari adversiter seperti google adsense dan adversiter lain tentunya. Salah satu persyaratan untuk bisa menerima uang gaji dari Google adsense adalah menambahkan rekening dan memverifikasinya.

Walaupun saya belom pernah merasakan penghasilan dari google adsense setidaknya sudah memverifikasikan rekening ke akun agar supaya suatu saat nanti mendapatkan Payment Out (PO) dari google secara otomatis lagsung masuk ke rekening yang telah kita verifikasikan sebelumnya.

Belanja Online Semudah Genggaman Tangan

Belanja online merupakan kebutuhan seseorang yang tidak mau repot berbelanja secara offline atau seseorang yang memiliki keterbatasan/kesibukan setiap harinya dalam bekerja sehingga tidak adda waktu untuk belanja kebutuhannya saat itu. Banyak orang yang berbelanja online karena memburu harga promo dan diskon-diskon yang diberikan oleh marketplace atau toko online favoritnya.

Dalam melakukan Transaksi bayar belanja online kamu tak perlu repot lagi mencari atau mengantri di ATM, karena PT. Bank Mandiri Tbk telah meluncurkan fitur terbarunya setelah peluncuran SMS Banking, Mobile banking dan Internet Banking yaitu Mandiri online yang bisa kamu akses via aplikasi di smartphone atau via browser.

Mandiri Online sangat menjamin kerahasiaan nasabahnya dalam melakukan transaksi, karena Mandiri online memiliki kode OTP dan keamanan kredensial perangkat yang tidak bisa digunakan oleh orang lain untuk bertransaksi, jadi kamu tidak perlu  khawarir terhadap keamananya.

Tips Daftar dan Aktivasi Mandiri Online

Sebelum melanjutkan bagaimana cara mendaftar mandiri online, berikut saya ingin memberikan keterangan tentang fitur-fitur apa saja yang terdapat pada mandiri online pasti penasarankan.. sama saya juga .. 🙂

1. Menu Transaksi

Dalam Menu Transaksi ada beberapa layanan yang bisa digunakan sebagai berikut :

  • Transfer Ke rekening Mandiri : artinya fitur ini khusus untuk transaksi/transfer antar sesama bank
  • Transfer Ke Bank lain Dalam Negeri : transfer ke bank lokal lainnya
  • Transfer ke E-Cash : kamu juga bisa mengirimkan uang melalui E-Cash
  • Transfer Terjawal : fitur ini bisa kamu gunakan untuk menjadwalkan transaksi
  • Daftar Transfer : untuk melihat history atau mutasi transaksi transfer

2. Menu Pembayaran

Pada Fitur Menu Pembayaran sangat banyak sekali fitur-fitur yang bisa digunakan oleh nasabah, sebagai berikut :

  • Internet
  • Pendidikan
  • Penerimaan Negara
  • Multipayment
  • Kartu Kredit
  • PLN
  • Telekomunikasi
  • Angsuran
  • Asuransi
  • Tiket
  • Lainnya
  • Pembayaran auto Debet
  • daftar Pembayaran

3. Menu Pembelian

Pada Fitur Menu Pembelian kamu bisa melakukan transaksi online berupa pebelian Voucher Pulsa, Paket Data, Beli saldo Listrik (PLN berbayar) dan kamu juga bisa melihat riwayat pembelian pada fitur ini dengan cara mengklik daftar pembelian.

4. Menu E-Cash

Mandiri ecash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di handphone dan USSD atau disebut sebagai uang tunai di smartphone, dimana yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank mandiri.

5. Menu E-Money

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi online dengan mengisi atau top up kartu E-Money seperti E-Money Idomaret, E-Money Toll dan lainnya sehingga memudahkanmu dalam mentop up kartu e-money tersebut.

Cara Mendaftar

Terlebih dahulu kamu sudah terdaftar sebagai nasabah Bank Mandiri, jika belom membuka rekening silahkan mendaftar ke kantor cabang terdekat. Bagi yang ingin menggunakan Mandiri Online, tentu saja kamu sebagai pengguna mandiri internet aktif dan pengguna SMS banking yang statusnya terdaftar untuk transaksi financial.

Atau kamu mendaftarkan diri langsung ke cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa identitas diri (KTP/SIM), buku tabungan dan kartu debit bank mandiri untuk mengaktifkan layanan Internet mandiri, SMS banking dan sekaligus mengaktifkan layanan mandiri online supaya bisa digunakan transaksi online.

Kriteria yang harus kamu perhatikan sebelum mendaftarkan layanan mandiri online, berikut hal-hal yang harus diketahui :

  1. Layanan aplikasi Mandiri Online dapat diunduh melalui mitra resmi Bank Mandiri, seperti App StoreGoogle Play Store, dan Blackberry App World serta harus mendaftar SMS Banking Bank Mandiri agar bisa mengakses semua layanan yang terdapat dalam Mandiri Online.
  2. Cara pendaftaran SMS Banking Bank Mandiri bisa datang ke cabang Bank Mandiri terdekat atau ke ATM Mandiri.
  3. Cara pendaftaran SMS Banking Bank Mandiri melalui ATM, silakan datang ke ATM Mandiri. Lalu masuk ke Menu Pendaftaran e-Banking. Pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran Mandiri SMS. Lalu ikuti langkah selanjutnya.
  4. Untuk nasabah yang belum mendaftar SMS Banking Bank Mandiri, dapat mengunduh Mandiri Online, tetapi cakupan aksesnya hanya sebatas:
    • Daftar atau aktivasi
    • Kurs dan suku bunga
    • Mandiri Call 14000
    • Bahasa
  1. Untuk nasabah pengguna Mandiri SMS, akan mendapatkan layanan full version dengan memilih tombol Aktivasi pada tampilan di layar.

Download Aplikasi mandiri online

Setelah kamu mendaftar mandiri online ke kantor cabang Bank Mandiri, kamu bisa mendowload aplikasi untuk proses aktifavasi selanjutnya agar bisa digunakan untuk bertransaksi dan kini aplikasi Mandiri Online sudah tersedia dalam versi android, IOS dan Browser PC/Laptop.

Cara Aktivasi

setelah Proses pendaftaran dilakukan di cabang terdekat, sekarang kita aktivasi agar mandiri online bisa digunakan untuk transaksi. caranya sangat mudah sekali karena kamu sudah memiliki akun berupa user ID dan password yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Langkah pertama, pastikan dahulu nomor Ponsel pribadi yang masih aktif milik anda sudah didaftarkan di kantor Bank mandiri, bila belum didaftarkan nantinya tidak akan bisa digunakan untuk aktivasi Mandiri Online

Langkah Kedua, setelah mendownload aplikasi dari playstore atau app store

Langkah Ketiga, silahkan buka aplikasi Mandiri onlinenya. setelah terbuka aktifasi. Oiya sebelum klik aktivasi, dapat kamu ketahui bahwa data internet dan nomor HP harus sama dengan yang didaftarkan sebagai SMS Banking.

Langkah ke empat, Setelah muncul seperti gambar di bawah ini. silahkan masukan nomor kartu debit, tanggal exfired kartu, dan tanggal lahir lalu klik lanjutkan.

sumber : carabimo.com

Langkah kelima, ikuti langkah-langkah selanjutnyas sesuai dengan yang diminta dari aplikasi.

Langkah keenam, setelah selesai kativasi saatnya kamu bisa menggunkan aplikasi mandiri online sebagai alat pembayaran transaksi online dengan menginputkan User ID dan Password Mandiri Online kamu.

Nah itulah hal sederhana dalam aktivasinya, tidak begitu sulit saya rasa dan jika tidak mau ribet bisa di aktivasikan oleh pihak CS bank Mandirinya supaya kamu tidak usah repot aktivasi sendiri.

Penutup

Selama 3 tahun menggunakan mandiri online … eh 🙂 maksudnya menjadi nasabah bank mandiri, belom menemukan hal yang berbau negatif atau kejadian buruk. Transaksi aman, mudah dan tidak ribet apalagi sekarang sudah meluncurkan fitur baru yaitu mandiri online yang sangat membantu saya dalam melakukan transaksi online dengan mudah tanpa harus keluar jauh-jauh mencari mesin ATM.

Untuk jadi mandiri sangatlah mudah caranya hanya dengan percaya diri, jikalau kemampuan yang kita miliki bisa berdampak membawa perubahan yang sangat signifikan. Dalam kehidupan segala sesuatu harus di imbangi dengan rasa percaya diri, karena perubahan itu di mulai dari sendiri bukan dari diri orang lain.

Belom tentu orang lain yang bisa merubah kamu menjadi seseorang yang bisa lebih mandiri, sekalipun Tuhan tidak bisa merubah seseorang kecuali ia sendiri yang merubah dirinya. Sifatnya manusia semata mengingatkan dan memberikan kritik atau saran yang bisa membangun perubahan itu.

#JadiMandiri karena diri sendiri untuk yang lebih baik.

Demikian artikel pembahsan tentang  #JadiMandiri : Antara Aku, Blogging dan Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online. Semoga dengan curhatan yang sederhana ini bisa memberikan suatu informasi bagi kamu yang sedang membaca dan calon pembaca blog yang super kece ini. dan mudah-mudahan memberikan manfaat bagi pengunjung setia tinulis id. Let’s be share guys if this good article.

salam hangat admin tinulis id 🙂

More Top Releated Seacrh :

32 Comments

    1. wah iya bang terima kasih, owalah belom punya toh. atuh cepet bikin ke kantor cabang terdekat. lumayan buat nyimpen tabungan di rekening dan buat nerima gajian dehh.. 🙂

      Reply
  1. Gw pernah waktu itu beli pulsa 50k di mandiri online, tapi pulsanya gak masuk-masuk. dah gw komplen ke CS nya, sekitar selang beberapa hari kemudian baru balik lagi tuh duit gw

    Reply
    1. wah, kalo saya selama ini belom menemukan kejadian buruk seperti itu, selama menggunakan mandiri online transaksi lancar dan aman-aman terus tuh. hee,… viss mba 🙂

      Reply
  2. wah bang panjang amat ini artikelnya, tapi seru sih baca di awal tentang pengalaman abang menjadi seorang blogger. walaupun ceritanya tidak begitu lengkap tapi asyikk deh… 🙂

    Reply
  3. Keren bang artikelnya diawal bahas seputar pengalaman, di tengah-tengah membahasa tentang mandiri online, ternyata mandiri online di jaga keamnaannya demi kenyamanan nasabah…

    Reply
  4. wah wah rasanya setelah baca artikel ini kok semakin #JadiMandiri yak dan semakin seneng transaksi online pakai mandiri online..
    udah gitu interface versi terbarunya pun sangat menarik pula, user friendly gitu lahhh..

    btw, bener-bener lengkap banget ini artikel, serius dah!

    Reply
  5. Saya sempat beberapa kali mengalami kendala sama jaringan mereka…mulai dari sinyal yang lemot transaksi gagal trus berhadapan sama cs nya yg jutek. Saya nyamannya masih sama bank swasta yang biru itu.

    Reply

Post Comment