Home / Artikel / Jenis-Jenis Perguruan Tinggi yang Perlu Kamu Tahu

Jenis-Jenis Perguruan Tinggi yang Perlu Kamu Tahu

Tinulis ID – Bagi kamu yang ingin menempuh jenjang pendidikan tinggi, pasti tidak asing dengan kata-kata seperti universitas, politeknik, atau institut. Ya, ketiganya termasuk jenis perguruan tinggi.

Lantas, apakah kamu sudah paham seperti apa ciri dan perbedaan universitas, politeknik, institut, atau jenis perguruan tinggi lainnya?

Jika belum, sebaiknya kamu simak penjelasan mengenai jenis-jenis perguruan tinggi yang akan penulis sampaikan.

Sebelum itu, kamu perlu mengetahui bahwa Indonesia memiliki dua jenis pendidikan tinggi, yaitu pendidikan akademik dan pendidikan vokasi.

Apabila pendidikan akademik berfokus pada penguasaan dan pengembangan bidang ilmu pengetahuan tertentu, maka pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pada keahlian dalam menerapkan bidang ilmu pengetahuan tertentu. Singkatnya, pendidikan vokasi lebih menuntut praktik ketimbang teori.

Selanjutnya, berikut ini adalah jenis-jenis perguruan tinggi yang perlu kamu ketahui:

  1. Universitas

Universitas merupakan jenis perguruan tinggi mewadahi pendidikan akademik dan/atau pendidikan vokasi yang terdiri dari beberapa fakultas dari berbagai rumpun ilmu pengetahuan, seperti rumpun ilmu sosial humaniora, ilmu alam, ilmu teknologi, dan ilmu kesehatan.

  1. Institut

Meski menyediakan pendidikan akademik dan/atau pendidikan vokasi, institut hanya terdiri dari beberapa fakultas yang fokus pada satu rumpun ilmu pengetahuan saja. Jika suatu institut bergerak di rumpun ilmu sosial, maka institut tersebut umumnya terdiri dari fakultas ilmu komunikasi, ilmu politik, ilmu hubungan internasional, dan sejenisnya.

  1. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi juga mewadahi jenis pendidikan akademik dan/atau pendidikan vokasi. Namun, perguruan tinggi tersebut hanya terdiri dari satu fakultas ilmu tertentu yang terbagi ke beberapa jurusan. Misal, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi hanya memiliki jurusan-jurusan yang terkait dengan ilmu ekonomi, seperti jurusan akuntansi, jurusan bisnis, atau jurusan manajemen.

  1. Politeknik

Sebagai salah satu jenis perguruan tinggi, politeknik terdiri dari sejumlah rumpun ilmu pengetahuan, misalnya ilmu ekonomi, ilmu komunikasi, atau ilmu kesehatan. Meski demikian, politeknik hanya mengkhususkan pada penyelenggaraan pendidikan vokasi saja.

  1. Akademi

Akademi juga mirip dengan politeknik, karena hanya terdapat jenis pendidikan vokasi saja. Namun, fokus rumpun ilmu pengetahuan yang terdapat pada akademi lebih spesifik ketimbang politeknik. Akademi kelautan misalnya. Perguruan tinggi tersebut hanya menyediakan pendidikan di bidang kelautan saja.

Oke, demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis perguruan tinggi. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang bersiap menempuh pendidikan tinggi!

About Dimas Andi Shadewo

Check Also

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Tinulis ID – Lenovo, produsen smartphone dari China semakin menunjukkan keeksisannya di dunia smartphone. Setelah …

3 comments

  1. untuk universitas management bussines terbaik di indonesia dimana ya? pengen di planning dulu nih hehe

    • wah, ane juga kurang tahu gan. nanti ane carikan deh referensinya buat ente… tongkrongin terus yah Tinulis ID nya. semoga bermanfaat