Beranda Blogger Jangan Asal Pengin Menghasilkan Duit dari Blog

Jangan Asal Pengin Menghasilkan Duit dari Blog

20
0
BERBAGI

Jangan Asal Pengin Menghasilkan Duit dari Blog – Kenapa sih banyak orang pengin belajar ngeblog dan menghasilkan duit dari blog? Tentu karena semua orang butuh duit dan penginnya didapatkan dengan cara yang gampang.

Jangankan yang pengangguran, yang sudah kaya saja masih berlomba-lomba menumpuk harta. Perkaranya sekarang nyari duit itu enggak gampang. Meskipun banyak tutorial dibagikan gratis di website mengenai cara mudah mendapatkan duit online. Buktinya yang sudah praktekin masih butuh waktu tahunan untuk bisa menghasilkan uang. Bahkan sekadar pengganti untuk beli paket data.

Nyari duit dari blog itu enggak mudah. Jadi jangan asal pengin menghasilkan duit dari blog tanpa memahami caranya. Kebanyakan bloger pemula cuma melihat sisi mudahnya saja.

Padahal untuk menghasilkan duit dari blog itu butuh skill dan modal yang enggak sedikit. Jadi, jika kalian masih berpikiran demikian silakan ubah mindsitenya dulu. Setidaknya kalian harus punya modal skill bloger dan modal materiil. Skill apa saja yang diperlukan?

BACA JUGA : 

Pertama, minimal bisa mengoperasikan komputer.

Enggak lucu kalau orang pengen ngeblog tapi tak bisa mengoperasikan komputer. Apalagi mau cari duit di blog. Karena komputer dan jaringan internet itu modal utama seorang bloger. Tanpa itu seseorang hanya akan jadi follower. Ya, meskipun bisa juga sih ngeblog pakai handphone. Tetapi akan lebih optimal jika memiliki kemampuan mengoperasikan komputer.

Kedua, memahami perangkat kegiatan online.

Ibarat orang mau perang sudah paham mau bawa perlengkapan apa saja. Kalau mau ngeblog, tentu harus paham apa saja perangkat yang biasanya dipakai untuk online. Karena sampai saat ini tidak ada ceritanya ngeblog yang dilakukan secara offline. Jadi mau enggak mau harus paham apa itu browser, email, google, wordpress, dan lain sebagainya.

Ketiga, kemampuan menulis artikel dan membuat konten blog.

Memang kenyataanya konten blog bisa dibeli dari orang lain, tapi seorang bloger juga kudu punya kemampuan menulis artikel dan membuat konten blog. Bisa menulis berita, tutorial, cerita, atau membuat konten audio visual. Percuma dong jika punya blog tapi enggak ada isinya, alias kontennya enggak ada.

Enggak ada salahnya juga sih kalau konten blognya semua dibeli dari orang lain. Itung-itung ngasih rejeki orang. Haha….

Keempat, kemampuan membuat dan mengelola blog.

Ini juga bisa dihandel orang lain sebenarnya. Tinggal bayar orang untuk bikinin blog lalu bantu mengelolanya. Bahkan beberapa bloger secara gamblang membuka jasa pembuatan dan pengelolaan blog. Karena memang tidak semua orang mampu membuat dan mengelola blog. Kalaupun mampu membuat, kadang masih ada yang belum bisa mengoptimalkan blognya. Sehingga performancenya kurang maksimal.

BACA JUGA :

Blog bagi saya, ibarat rumah atau semacam kios dagang, bahkan mal tempat kita cari makan. Tinggal pilih saja, kalau kita fungsikan blog sebagai rumah, ya kita fungsikan blog itu sebagai tempat menyimpan karya kita. Kalau kios, ya ada ada duit yang dihasilkannya, tapi enggak banyak. Kalau mal jelas profitnya bisa bikin bloger kaya raya dong.

Kelima, kemampuan bersosial media.

Zaman sekarang siapa sih yang enggak kenal sosial media? Kalau bloger enggak mampu dengan baik menggunakan sosial media, ya bakalan ketinggalan tren informasi. Bahkan sering kali proyek-proyek blog yang diadakan menyaratkan jumlah follower akun media sosial. Karena media sosial masih dianggap sarana promosi yang efektif dan murah.

Keenam, marketing.

Ini tidak mutlak harus mahir, tapi kalau tahu ilmunya ya lebih baik. Bloger yang tahu cara marketing sebuah produk akan banyak dilirik oleh vendor-vendor penyedia iklan. Diajak kerja sama atau justru dikasih proyek yang bisa mendatangkan duit.

Nah, itulah modal skill yang harus dimiliki oleh seorang bloger yang ingin menghasilkan duit dari blog. Ya, minimal bisa jadi bekal untuk menjalani profesi sebagai bloger. Mengenai modal materiil, jelas wujudnya adalah uang dong. Semakin gede modal uangnya, semakin besar duit yang bisa dihasilkan dari blog.

Ibarat mancing di laut, kalau modalnya komplit, ya hasil yang didapat lebih menjanjikan. So, kalau mau menghasilkan duit dari blog jangan cuma modal nekat. Minimal tambahkan kesabaran sebagai teman kenekatanmu itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here