Home / Artikel / 10 Alasan Traveling Selagi Muda adalah Investasi Terbaik dalam Hidupmu

10 Alasan Traveling Selagi Muda adalah Investasi Terbaik dalam Hidupmu

Tinulis ID – Investasi terbaik bagi kebanyakan orang adalah uang, emas, rumah yang dimiliki setelah bekerja kerasbertahun-tahun.

Tetapi pernahkah kamu mendengar peribahasa “Traveling it is the only thing that I buy for it, but it makes me richer” bahwa setiap uang yang kamu keluarkan untuk melakukan traveling bukan melulu uang yang terbuang dengan hal sisa-sia tetapi justru membuat kamu melakukan INVESTASI TERBESAR dalam hidupmu.

Kamu akan semakin kaya dengan pengalaman hidup dan pribadimu yang tak tergantikan dengan materi. Ada 10 alasan kenapa kamu harus melakukan traveling selagi muda :

Belajar hal baru

“Travel brings power and love back into your life” – Rumi. Traveling ke tempat baru berarti kita bisa mempelajari secara langsung tentang geografi, politik, ekonomi dan sosiologi area yang kamu datangi tanpa perlu belajar di bangku sekolah. Bertemu orang baru, budaya baru, bahasa baru, kebiasaan baru, sampai akhirnya membuat cara pandangan baru kita terhadap dunia yang memberikan kekuatan baru setelah traveling.

Mandiri

Ketika kamu berniat untuk traveling maka kamu akan mulai mempersiapkan segala sesuatu dengan matang dari jadwal perjalanan, memperhitungkan waktu perjalanan, biaya, kendaraan yang akan digunakan dan kebutuhan selama berpergian. Dengan begitu kamu akan terbiasa mandiri dan tidak bergantung pada orang lain di kehidupan sehari-hari. Sendirian di tempat asing akan memaksa dirmu untuk menjadi orang yang lebih bertanggung jawab.

Belajar menjadi seorang pemimpin

Kadang kala saat perjalanan kamu akan menghadapi masalah dan hambatan, entah jadwal yang berantakan karena cuaca buruk atau bahkan transportasi publik yang tak beroperasi. Kamu harus mengambil keputusan dengan berbagai macam pilihan yang harus diputuskan dengan cepat. Dengan cara inilah kemampuan leadership dan insting kamu dapat terasah.

Belajar memahami orang lain

Traveling ke tempat baru artinya mempelajari kebiasaan adat istiadat orang baru. Kamu akan mempelajari sifat orang baru yang akan menjadi teman selama perjalanan. Konon katanya berlibur penuh dengan kesusahan dan kelelahan seperti naik gunung kamu akan menemukan sifat asli seseorang, bisa jadi kamu malah berantem hebat atau malah benar-benar bersaudara setelah liburan bersama.

Belajar memahami diri sendiri

Traveling adalah pembelajaran menemukan jati diri dengan mengukur keterbatasan dan kemampuan diri sendiri melewati rasa takut terhadap batas-batas yang rasanya tak mungkin dilalui. Traveling sendirian akan memberikan waktu bagi kamu untuk berbicara dan jujur pada diri sendiri.

Belajar berkompromi

Traveling adalah sebuah kompromi. Terkadang kamu berharap cuaca akan terus cerah, tapi manusia tidak bisa melawan alam. Terkadang kamu juga tersesat atau bahkan terlambat menikmati matahari tenggelam. Bertemu dengan orang baru juga tidak semuanya sesuai dengan harapan.

Tapi semakin kaki melangkah jauh, semakin sering akan menghadapi cobaan. Di tengah perjalanan tanpa ada orang yang dikenal, kamu akan semakin belajar untuk berkompromi dengan hidup dan mensyukuri segala prosesnya. Traveling memaksa kamu untuk beradaptasi dengan cepat.

Belajar Bersyukur

Pengalaman melihat orang di pedesaan penuh dengan perjuangan untuk hal-hal kecil akan memberikan cara pandang berbeda tentang melihat dunia. Traveling sendiri akan mengajarkan kamu bagaimana keras dan indahnya kehidupan. Kita dapat melihat dunia melalui mata orang lain. Perjalanan yang sulit akan mengajarkan untuk bersyukur dan bahagia dalam keadaan apapun demi bertahan hidup.

Banyak teman dan juga networking

Selama perjalanan dilakukan akan mempertemukan dan menghubungkan kamu dengan orangorang di seluruh daerah dan penjuru dunia. Pengalaman perjalanan bersama akan mendekatkan dengan orang-orang baru yang kemudian menjadikan teman-teman seumur hidup dari berbagai jenis suku, budaya dan pekerjaan.

Mimpi yang menjadi kenyataan

Pernah membayangkan untuk keliling dunia, atau setidaknya keluar dari zona nyaman? Maka traveling membuktikan bahwa mimpi menjadi kenyataan. Bangun tidur dengan rasa bahagia tanpa beban. Berkendara di area baru hanya mengandalkan peta manual, berbicara dengan orang lain yang berbeda bahasa, terjun bebas dari ketinggian, menyusuri sungai dengan naik gajah, melihat manta ray di kedalaman laut dan masih banyak hal lainnya yang rasanya tak mungkin dilakukan tetapi bisa dilakukan dengan traveling!

Berbagi cerita dan foto untuk orang lain sampai dengan anak cucu

Setelah kamu traveling maka semua perjalanan akan masuk ke dalam memori yang menjadikan kenangan dan pengalaman yang dapat diceritakan melalui kata-kata dan foto kepada semua orang hingga anak cucu kelak bahwa kamu telah berkenala ke segala penjuru bumi.

Traveling adalah sebuah investasi yang terbaik yang kamu perlu tabung selagi muda dengan keuntungan yang bisa kamu panen dengan cepat. Jadi tunggu apalagi, isi segera paspormu dengan stempel dan kenangan yang tak terlupakan di setiap sudut kota yang kamu kunjungi!

Email

About Oji Faoji

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Check Also

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartphone Lenovo K6 Terbaru

Tinulis ID – Lenovo, produsen smartphone dari China semakin menunjukkan keeksisannya di dunia smartphone. Setelah …

12 comments

  1. Ternyata banyak juga manfaat travelling. Jadi pengen travel nie hehe

  2. Mungkin terdengar aneh investasi travelling tetapi Saya setuju dengan artikel ini karena jika kita investasi travelling selagi muda bisa menjadi moment di masa depan untuk anak cucu kita nanti, abadikan moment travelling kita.

    • Yoi sangat terdengar aneh gan. akan tetapi disetiap perjalannan yang akan kita lalui itu ternyata membuahkan investasi yang tak kita sadari.

  3. aku banget ni, hidupku bertahun-tahun habis hanya untuk keliling Indonesia meski belum 100 persen tapi minimal bisa ke kota-kota besarnya

  4. Traveling selagi muda memang menyenangkan..namun halangan terbesarnya adalah biaya. Jadi kalau traveling yang dekat2 aja

    • iyap betul sekali bro, nah itu dia salah satu faktor pentingnya. yaudah traveling yang dekat-dekat sajalah ..kuy kopdar blogger indonesia.

  5. Teuku Ahmad Andika

    Tapi gan kalau mau travelling kan membutuhkan modal yang besar apalagi masih muda belum ada uang yang cukup untuk travelling gan.

    • cara nya mereview tentang tempat wisata untuk travelling atau bisa dengan traveling disekitan saja dengan jalan kaki dan bawa perlatan sederhana saja yang ada dilingkungan rumah.

  6. Kalau kata Bang Haji Roma Irama, “Masa muda adaalah masa yang ber-api api”.

    Jadi kalau masa muda yang penuh semngat disalurkan untuk traveling bermnafaat, rasanya sangat positif sekali ^_^