Media Informasi Terkini

Inilah Teknik Dasar Bola Basket Saat Melakukan Shooting

0 2

Inilah Teknik Dasar Bola Basket Saat Melakukan Shooting – Permainan bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati dan bahkan kamu akan sering menemukan lapangan basket baik itu di sekolah maupun lapangan umum. Untuk kamu yang ingin menjadi pebasket profesional, pastikan mengetahui teknik dasar bola basket yang sering dipakai hingga sekarang.

Salah satu teknik dasar bola basket yang perlu dikuasai adalah teknik shooting agar  bisa memasukan bola ke ring dengan sangat mudah. Beberapa teknik dasar bola basket saat melakukan shooting adalah sebagai berikut.

Inilah Teknik Dasar Bola Basket Saat Melakukan Shooting

 

One Hand Shoot

Pertama ada teknik One Hand Shoot yang bertumpu pada satu tangan saat melakukan shooting. Secara umum, tangan yang dipakai saat melakukan shooting adalah tangan terkuat dan teknik shooting yang satu ini perlu dikuasai oleh semua pemain basket.

Baca Juga :  Trik Memilih Pakaian Muslim yang Nyaman dan Bergaya Maskulin

Cara penerapannya antara lain fokuskan dulu pandangan kita pada target, lalu kaki, bahu, dan punggung direntangkan. Bagian pergelangan tangan perlu dilenturkan dan posisikan jari-jari ke depan dan lepaskan ibu jari dari bola.

Free Throw Shoot

Teknik dasar bola basket selanjutnya ketika melakukan shooting adalah Free Throw Shoot. Teknik ini juga cukup fleksibel dalam permainan bola basket karena Free Throw Shoot dapat digunakan untuk bisa menyerang dan juga bertahan.

Untuk cara melakukannya adalah fokuskan pada target dan perkirakan jaraknya. Selanjutnya, rentangkan kaki, punggung, bahu, dan juga bagian siku. Lenturkanlah pinggang dan juga jari-jari ke bagian depan. Berikutnya, tembakannlah bola dengan kedua kaki menapak dan juga sedikit jinjit. Terakhir, lepaskan bola dengan rileks dan ikutilah arah bolanya.

Hook Shoot

Berikutnya ada teknik dasar bola basket bernama Hook Shoot. Teknik satu ini adalah menembak bola hanya dengan satu tangan dengan cara gerakan mengayun tangan. Hook Shoot juga merupakan salah satu gerakan di post area yang jaraknya tidak lebih dari tiga atau sampai empat meter.

Baca Juga :  Memilih Investasi Terbaik Bagi para Pemula

Cara memakai teknik Hook Shoot ini adalah kuasai dulu bolanya dengan kedua tangan.  Lalu, lakukan dribbling dengan kedua pivot sambil memperhatikan lawan dan defender yang  menjaganya. Kemudian, putar badan dan tembakan bola dengan satu tangan. Pastikan tangan lainnya mengantisipasi defender lawan. Terakhir, ayunkan bola dengan santai dan lihat hasil lemparannya apakah mengenai target atau tidak.

Slam Dunk

Bisa dikatakan, Slam Dunk merupakan salah satu teknik paling populer di dunia bola basket. Teknik Slam Dunk dilakukan dengan cara melompat dan memasukkan bola secara langsung pada ring. Mengingat teknik ini sangat sulit, jarang sekali ada pemain yang berhasil melakukannya. Hanya pemain profesional dan sering berlatih konsisten saja yang peluangnya sangat besar.

Baca Juga :  Berkendara Nyaman dan Aman bersama Gojek, Ojek Online Idamanku

Cara menggunakan teknik ini adalah kamu dribble bola sampai dekat ring. Setelah itu kamu melompat sekuat tenaga dan bola dipegang dua tangan. Jika terjangkau, memasukan bola secara langsung pada ring dan kamu bisa menggantung terlebih dulu agar menjaga keseimbangan.

Three Point Shoot

Terakhir adalah teknik Three Point Shoot yang juga tidak kalah populer dari Slam Dunk. Teknik shooting ini dilakukan dari jarak jauh dan di luar dari garis ring basket. Ditambah lagi, poinnya yang cukup besar membuat banyak pemain sering menembak dengan teknik ini.

Untuk melakukan teknik Three Point Shoot, kamu harus melakukan loncatan saat menembak bola. Selanjutnya, rentangkan sikut, lenturkan tubuh, dan juga jari-jari. Lepaskanlah jari telunjuk dan seimbangkan bola dengan tangan lalu lakukan tembakan.

Demikian teknik dasar bola basket saat melakukan shooting. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More