Media Informasi Terkini

Inilah Hal-Hal yang Pasti Dialami Mahasiswa Baru

Sumber gambar: pixabay.com
0 99

Inilah Hal-Hal yang Pasti Dialami Mahasiswa Baru – Ketika sudah lulus sekolah menengah atas maka siswa akan naik level menjadi mahasiswa. Tingkatan ini tentu sangat berbeda dengan pendidikan akademis sebelumnya. Dengan menjadi mahasiswa maka beberapa aturan yang dulu begitu ketat di sekolah tidak akan terpakai lagi.

Ketika sudah melewati tes masuk universitas dan menjadi mahasiswa, maka statusnya masih menjadi MABA alias mahasiswa baru. Pada saat jadi maba tentu akan ada banyak hal baru yang akan didapat dan mungkin akan muncul kebingungan. Mulai dari tempat, budaya dan lain sebagainya.

Biasanya maba akan mendapati culture shock. Jika kamu saat ini lagi masa menjalani maba, maka kamu perlu tahu apa saja yang akan dialami dan bagaimana cara mengatasinya. Lanjut baca sampai selesai ya.

Inilah Hal-Hal yang Pasti Dialami Mahasiswa Baru
Sumber gambar: pixabay.com

Perlu Adaptasi

Sebagian besar mahasiswa baru berasal dari berbagai kota yang mana memiliki karakter tersendiri. Tentunya kamu akan mendapati teman baru dengan berbagai macam karakter, bisa jadi ada yang logatnya lugu atau kasar.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksplanasi Ilmiah dalam Dunia Pendidikan

Berbeda dengan masa sekolah yang mungkin teman masih satu kota. Jika kamu berasal dari beda kota kuliahmu, maka tentu harus kos dan jauh dari orang tua. Tentu awal-awal akan kaget karena semuanya serba diurus sendiri. Perlu adaptasi untuk semua hal tersebut supaya kedepannya bisa lebih mandiri. Biasanya adaptasi ini tak membutuhkan waktu lama.

Pengaturan Uang

Ketika masuk perkuliahan maka kamu akan mengalami pengeluaran tiba-tiba baik untuk buku, fotokopi, transport dan lain-lainnya. Jika rumahmu dekat dengan kampus tidak begitu masalah, tapi kalau kamu ngekos maka perlu sekali untuk melakukan penghematan.

Jangan terlalu boros dan tahan dari godaan jajanan dekat kampus yang mungkin menguras uang di dompet. Alangkah baiknya belajar memasak sendiri supaya lebih hemat. Jika masih sempat sisihkan sedikit uang untuk ditabung supaya bisa dijadikan cadangan jaga-jaga kalau kedepannya ada kebutuhan mendadak.

Baca Juga :  Keuntungan Memilih Jurusan Teknologi Pangan di Bandung untuk Masa Depan

Muncul Istilah-Istilah Baru

Ketika awal perkuliahan pasti akan menemukan istilah-istilah baru yang jarang terdengar seperti IPK, SKS dan KRS. Pada bagian KRS ini yang kebanyakan mahasiswa bingung dan kelabakan karena menjadi syarat wajib bisa mengikuti perkuliahan. Di sini tidak akan dibahas secara mendalam mengenai KRS, untuk detailnya kamu bisa baca artikel: Apa itu KRS?

Jika masih merasa bingung juga, bisa tanyakan kepada senior atau dosen. Biasanya mereka tidak akan pelit untuk menjawab kebingungan kamu. Intinya jangan kuper-kuper banget ya karena malu bertanya sesat di kampus 🙂

Perbedaan jam belajar

Ketika SMA, kamu akan menghabiskan masa belajar hingga 8 jam per hari. Beda dengan kuliah, paling lama 6 jam per hari dan itu juga fleksibel waktunya tergantung jumlah SKS yang diambil. Meskipun jam belajar yang lebih santai, namun jangan salah kalau tuntutan belajar lebih mandiri dan tugas dari dosen lebih berat.

Usahakan untuk menerapkan time management supaya lebih tertata. Atur jadwal harian untuk berorganisasi, bermain, istirahat dan belajar kemudian buat skala prioritas. Jika memang tugas kuliah sangat padat maka kamu bisa prioritaskan selesain tugasnya dulu baru melakukan aktivitas lain.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksplanasi Ilmiah dalam Dunia Pendidikan

Pemilihan Pakaian

Saat SMA mungkin kamu tidak terlalu ribet dalam pakaian karena sudah diatur dari sekolah. Ketika perkuliahan maka pemakaian lebih bebas sesuai selera. Kedengaranya malah lebih leluasa tapi ternyata mahasiswa baru biasanya akan ribet dalam urusan pakaian. Karena masih mahasiswa baru, maka biasanya akan berpenampilan semenarik mungkin agar mendapat perhatian.

Sebaiknya tak perlu pusing masalah pakaian, yang penting rapi, sopan dan bersih. Tak perlu khawatir akan dibanding-bandingkan dengan mahasiswa lain. Ingat, niat kamu kuliah untuk belajar bukan untuk jadi model. Maka fokus saja untuk menuntut ilmu.

Demikian beberapa hal yang pasti akan dialami maba alias mahasiswa baru. Kamu nikmati saja proses menjadi maba dan seiring berjalannya waktu akan merasa kalau kuliah itu mengasyikkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More