Inilah 6 Manfaat Omega 3 Bagi Tubuh Kita Secara Ilmiah

Inilah 6 Manfaat Omega 3 Bagi Tubuh Kita Secara Ilmiah

Inilah 6 Manfaat Omega 3 Bagi Tubuh Kita Secara Ilmiah – Omega 3 merupakan jenis asam lemak yang tidak diproduksi tubuh namun sangat dibutuhkan. Asam lemak omega-3 bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi ikan-ikanan seperti mackerel dan salmon ataupun dalam sebuah pil minyak ikan yang bisa dibeli di toko-toko obat. Saking dibutuhkanya oleh tubuh, Omega 3 memiliki beragam manfaat yang begitu luar biasa.  Untuk lebih jelasnya, inilah 6 manfaat omega 3 bagi tubuh secara ilmiah yang membuat kamu wajib mengkonsumsinya.

Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat omega 3 yang pertama adalah meningkatkan kesehatan mata. DHA, salah satu tipe dari omega 3, adalah komponen struktural utama dari retina matamu. Ketika kamu tidak mendapatkan cukup DHA, masalah penglihatan mungkin muncul. Menariknya, mengonsumsi cukup omega 3 juga akan penurunan risiko degenerasi macula yakni salah satu penyebab utama kerusakan mata permanen dan kebutaan di dunia.

Baca Juga :  Ingin Ambil Pinjaman Online Terbaik dan Tercepat? Kenali Dulu Macam-macam Biaya Tambahnya Berikut Ini!

Meningkatkan kecerdasan dari sang janin bagi ibu hamil

Ternyata omega 3 juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin lho. DHA menyumbang 40% dari asam lemak tak jenuh ganda di otak dan 60% di retina mata manusia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika bayi yang diberi formula yang diperkaya DHA memiliki penglihatan yang lebih baik daripada bayi yang diberi susu formula biasa. Mendapatkan cukup omega 3 selama kehamilan juga mempunyai banyak manfaat lain untuk janin seperti tingkat intelijen yang lebih tinggi, komunikasi dan keterampilan sosial yang lebih baik, menurunnya risiko perkembangan yang terlambat, menurunnya risiko ADHD, autisme dan cerebral palsy.

BACA JUGA : 

Baca Juga :  U.K. Floats Open-Ended Irish Veto to Break Brexit Impasse

Mengurangi gejala sindrom metabolic

Sindrom metabolik adalah sekumpulan kondisi buruk bagi kesehatan manusia. Ini termasuk obesitas sentral yang dikenal sebagai lemak perut serta tekanan darah tinggi, resistensi insulin, trigliserida tinggi dan kadar kolesterol baik yang rendah. Dengan mengonsumsi omega 3 akan meningkatkan resistensi insulin, peradangan serta factor resiko jantung pada kamu yang menderita sindrom metabolic.

Melawan peradangan

Peradangan adalah respons alami terhadap infeksi yang terjadi di tubuhm. Asam lemak omega 3 disini dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan, seperti eicosanoids inflamasi dan sitokin.

Melawan penyakit autoimun

Selanjutnya adalah melawan penyakit autoimun. Pada penyakit autoimun ini, sistem kekebalan tubuhmu membuat kesalahan dan mengira sel-sel sehat sebagai sel asing dan mulai menyerang mereka. Diabetes tipe 1 adalah salah satu contoh utama, di mana sistem kekebalan tubuhmu menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. Berdasarkan hasil studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup omega-3 selama tahun pertama akan menurunkan resiko penyakit autoimun.

Baca Juga :  Berita Jaringan Internet Lambat, Apa yang Salah?

Mengurangi asma pada anak-anak

Asma merupakan penyakit berbahaya dengan gejala batuk dan sesak napas karena ada peradangan dan pembengkakan di paru-pari. Nah dengan mengonsi omega 3 yang cukup dipercaya akan menurunkan resiko asma pada anak-anak dan orang dewasa.

Nah, Itulah 6 manfaat omega 3 bagi tubuh kita secara ilmiah. Sekarang jangan meremehkan lagi kegunaan asam lemak omega-3 dalam tubuh kita ya. Begitu banyak manfaatnnya yang masih belum kamu ketahui. Tidak ada salahnya jika mulai sekaran kita mengonsumsi omega 3 bersama keluarga. Kalau tidak melalui ikan, kita bisa membeli kapsul omega 3 yang banyak tersedia di apotek. Yang penting kita perhatikan kualitasnya. agar jangan sampai niat baik kita ternyata membawa dampak negatif.

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *