Media Informasi Terkini

Ingin Mengamankan Website? Perlu Mengenal Produk SSL

0 29

Ingin Mengamankan Website? Perlu Mengenal Produk SSL – Bagi penyedia website, SSL adalah salah satu komponen yang dimiliki agar website tersebut menjadi website yang lebih aman dan terpercaya. Proses enkripsi dan transfer data di dalam website akan lebih aman dengan adanya SSL. Lalu, apakah yang dimaksud dengan SSL?

Sertifikat SSL atau singkatnya biasanya disebut dengan SSL adalah kependekan dari Secure Socket Layer. Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa sebuah website sudah memiliki SSL, atau belum? Jika kita melihat dengan cermat pada sebuah URL website yang menggunakan HTTP biasanya belum bersertifikat SSL.

Ingin Mengamankan Website
Sumber: Freepik.com

Jika sudah memiliki sertifikat SSL, maka akan berubah menjadi HTTPS pada URL nya. Bagi pengguna Google Chrome, website yang belum bersertifikat SSL akan dilabeli dengan Not Secure pada saat website tersebut di klik. SSL sendiri akan membantu untuk mengamankan komunikasi antar dua komputer pada saat komputer-komputer tersebut terhubung dengan jaringan internet.

Pertukaran data seperti, membeli barang online, serta data-data penting sebuah perusahaan akan dienkripsi, agar tidak ada kebocoran data yang akan merugikan pihak-pihak tersebut. Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan para penyedia website saat menggunakan SSL.

Baca Juga :  4 Kelebihan Dari Data Center NEX

Dengan adanya SSL, reputasi sebuah website akan meningkat. Pada saat penyedia website masih menggunakan HTTP, halaman tersebut akan dilabeli dengan kalimat Not Secure oleh Google, dan akan membuat ragu pengguna website untuk memberikan informasi tentang dirinya saat login.

Selanjutnya, pemasangan sertifikat SSL di website akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas SEO. Google sendiri telah menerapkan algoritma untuk mengutamakan website dengan sertifikat SSL dari tahun 2014. Terakhir, data-data yang disimpan di dalam website tersebut akan lebih aman saat adanya proses transfer data.

Semua itu berkat adanya enkripsi yang dimiliki oleh SSL, maka data-data di dalam website tersebut akan menjadi lebih aman. Secara langsung, label gembok, dan HTTPS akan membantu para pengguna website untuk dapat mengetahui bahwa website tersebut sudah tersertifikasi SSL. Ada 3 jenis SSL seperti:

  1. Domain Validated SSL (DDV SSL), jenis ini sangat direkomendasikan untuk bisnis berkembang, validasi dapat dilakukan dengan DNS atau Email.
  2. Organization Validated SSL (OV SSL), jenis ini biasanya digunakan pada website perusahaan, bukti kepemilikan dan legitimasi domain diperlukan untuk verifikasi.
  3. Extended Validated SSL (EV SSL), jenis ini memiliki tingkat keamanan tinggi, dan sangat penting untuk website e-commerce.
Baca Juga :  Banyak Jalan Bermain Blogger
Perlu Mengenal Produk SSL
Sumber: Freepik.com

Lalu, apa saja pilihannya untuk SSL? Ada berbagai macam merek SSL yang sering digunakan, seperti:

1. Let’s Encrypt

adalah salah satu organisasi non-profit dari Linux Foundation yang memberikan SSL gratis bagi semua pemilik website. Namun, SSL ini menawarkan produk tanpa adanya garansi, seperti yang telah ditawarkan oleh SSL komersil dari GeoTrust, Thawte, Symantec, dan RapidSSL. Meski begitu, Let’s Encrypt menawarkan perlindungan enkripsi standar bagi penggunanya.

2. GeoTrust

adalah SSL yang memberikan tawaran dengan tingkat keamanan yang baik, dan harga yang masih terjangkau bagi pelanggannya. GeoTrust sudah hadir di lebih dari 150 negara dengan jumlah pelanggan yang mendekati 100.000.

Beberapa tipe yang ditawarkan oleh GeoTrust diantaranya adalah GeoTrust TrueBusinessID, GeoTrust TrueBusinessID EV, GeoTrust QuickSSL Premium, dan GeoTrust QuickSSL Premium Wildcard. GeoTrust TrueBusinessID memiliki masa aktivasi 3-7 hari dengan jenis validasi organization.

GeoTrust TrueBusinessID EV masa aktivasi 7-14 hari dengan jenis validasi extended.  GeoTrust QuickSSL Premium, dan GeoTrust QuickSSL Premium Wildcard masa aktivasi hanya beberapa menit saja dengan jenis validasi domain.

3. RapidSSL

adalah SSL yang memiliki kelebihan dalam waktu aktivasi yang cukup singkat dan proses yang mudah. Belum lagi harga yang ditawarkan untuk mendapatkan produk yang cepat serta sangat terjangkau. Hanya ada dua jenis RapidSSL, yaitu RapidSSL, dan RapidSSL Wildcard, dua-duanya menawarkan masa aktivasi yang hanya beberapa menit saja dengan jenis validasi domain.

4. Sectigo atau yang biasa disebut dengan Comodo SSL

adalah SSL yang berasal dari Amerika Serikat. Ada beberapa tipe yang ditawarkan Sectigo seperti PositiveSSL, PositiveSSL Wildcard, dan PositiveSSL EV. Semua tipe ini hanya memerlukan 5-10 menit masa aktivasi dengan jenis validasi domain.

5. Digicert

Baca Juga :  Pergi Ngantor Males Nyetir Jangan Bingung, Tebengan Solusinya

adalah SSL pertama di dunia yang menawarkan produk dengan enkripsi yang paling kuat, dan sangat terpercaya. Jika dibandingkan dengan 4 merek SSL diatas, Digicert memiliki harga yang cukup tinggi. Digicert menawarkan tipe DigiCert Secure Site, dan DigiCert Secure Site Pro EV.

DigiCert Secure Site menawarkan masa aktivasi kurang lebih 3 hari dengan jenis validasi organization, sedangkan DigiCert Secure Site Pro EV menawarkan masa aktivasi kurang lebih 7 hari dengan jenis validasi

Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah apakah tipe SSL ini tersedia di Domainesia juga? Tentu saja. Semua merek, dan tipe SSL ini dapat dibeli disini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More