Beranda Artikel Tinulis ID Raih Penghargaan Sebagai Kategori Hiburan Pada ID Website Awards 2018

Tinulis ID Raih Penghargaan Sebagai Kategori Hiburan Pada ID Website Awards 2018

21
2
BERBAGI

Jakarta, 7 Mei – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) tahun ini kembali menggelar malam penganugerahan ‘ID Website Awards 2018’. Acara yang menjadi bagian dalam rangkaian kegiatan tahunan PANDI Meeting ke-9 atau biasa disebut PANDI|9 ini diselenggarakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, pada hari Kamis malam, 3 Mei 2018.

Ketua PANDI, Andi Budimansyah, mengatakan, ID Website Awards merupakan apresiasi PANDI kepada pengguna nama domain .id. “Penghargaan ini diberikan pada situs-situs internet terbaik yang menggunakan domain .id,” ujarnya.

Seperti periode sebelumnya, ID Website Awards tahun ini diberikan pada sepuluh ketegori. “Namun ada perubahan kategori untuk tahun ini. Kami akan menggabungkan kategori ‘Online Store’ dan ‘Marketplace’ menjadi kategori ‘e-Commerce’,” kata Andi. “Kemudian kami menambahkan kategori ‘Desa’” sehingga jumlahnya tetap sepuluh,” tambahnya lagi.

Sepuluh kategori penghargaan yang diberikan tahun ini adalah: pendidikan, pemerintah, komunitas dan lembaga nirlaba, e-commerce, berita dan media, travel dan wisata, korporat, blog dan situs pribadi, desa, serta kategori hiburan. Seperti tahun sebelumnya, penjurian dimulai dengan menerima masukan masyarakat.

PANDI menerima nominasi dari masyarakat pada 6 – 26 April 2018. Dewan juri pertama kemudian menyeleksi usulan masyarakat tersebut menjadi tiga situs terbaik dari masing-masing kategori. “Selain dari usulan masyarakat, dewan juri pertama juga berhak memasukkan situs lain yang dianggap layak dinominasikan,” jelas Andi.

Dewan juri kedua kemudian menentukan situs terbaik dari tiga nominasi yang disampaikan dewan juri pertama. ”Penyaringan tiga tahap ini diharapkan akan memunculkan situs-situs internet yang benar-benar layak mendapatkan anugerah pada masing-masing kategori,” lanjut Andi.

Beberapa nama seperti Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Redaktur majalah Tempo, Abdul Manan, pakar e-government Universitas Indonesia, Yudho Giri Sucahyo, Basuki Suhardiman, Banyu Murti, Daniel Tumiwa, Wahyu Prawoto, Sapto Anggoro, Sigit Widodo, serta Teddy Affan Purwadi, tercatat menjadi juri ID Website Awards 2018. “Tahun ini kami kembali memasukkan nama-nama yang kompeten dan kredibel sebagai dewan juri,” tutup Andi.

Berikut nominasi yang masuk kedalam kategori dan Sepuluh pemenang ID Website Awards 2018 adalah sebagai berikut:

Kategori Pendidikan: umn.ac.id, telkomuniversity.ac.id, its.ac.id
Pemenang: umn.ac.id
Kategori Pemerintah: jabarprov.go.id, madiunkota.go.id, bulukumbakab.go.id
Pemenang: jabarprov.go.id
Kategori Komunitas dan Lembaga Nirlaba: brainly.co.id, remotivi.or.id
Pemenang: brainly.co.id
Kategori Desa: pegiringan.desa.id, dermaji.desa.id, blanghod.desa.id
Pemenang: pegiringan.desa.id
Kategori E-commerce: jd.id, lazada.co.id, shopee.id
Pemenang: jd.id
Kategori Berita dan Media: kompas.id, tirto.id, katadata.co.id
Pemenang: kompas.id
Kategori Travel dan Wisata: tripadvisor.co.id, kanaljogja.id, kopermini.id
Pemenang: tripadvisor.co.id
Kategori Korporat: tehgopek.id, gedhe.biz.id, gig.id
Pemenang: tehgopek.id
Kategori Blog dan Situs Pribadi: dondom.id, kang-aimcimandor.id, bralink.id
Pemenang: dondom.id
Kategori Hiburan: tinulis.id, pantura.id, sejeworks.id
Pemenang: tinulis.id

Informasi lengkap tentang ID Website Awards, kunjungi: awards.pandi.id

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here