Gaya Hidup Kesehatan

Gejala Nyeri Haid yang Harus Diwaspadai

Gejala Nyeri Haid yang Harus DiwaspadaiNyeri perut saat haid biasanya dirasakan saat fase pre menstruasi atau PMS juga dapat pula dirasakan pada hari-hari awal menstruasi. Jika sakitnya tidak berlebihan, dan tidak menyebabkan Anda tidak bisa melakukan aktivitas, maka nyeri haid tersebut masih dikatakan normal. Namun ketika sakit yang Anda rasakan cukup berlebihan, sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter.

Gejala Nyeri Haid yang Tidak Normal

Gejala Nyeri Haid yang Harus Diwaspadai Nyeri perut saat haid biasanya dirasakan saat fase pre menstruasi atau PMS juga dapat pula dirasakan pada hari-hari awal menstruasi. Jika sakitnya tidak berlebihan, dan tidak menyebabkan Anda tidak bisa melakukan aktivitas, maka nyeri haid tersebut masih dikatakan normal. Namun ketika sakit yang Anda rasakan cukup berlebihan, sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter. Gejala Nyeri Haid yang Tidak Normal 1. Nyeri haid berlangsung lama Nyeri pada haid diakibatkan oleh prostaglandin. Prostaglandin yaitu zat kimia yang dikeluarkan bersamaan dengan meluruhnya dinding rahim yang menebal. Prostaglandin akan memicu peradangan kemudian memicu pula timbulnya kontraksi otot rahim yang menyebabkan nyeri atau kram pada perut Anda. Menurut profesor obstetri dan ginekologi dari Universitas Illinois Fakultas Kedokteran di Chicago, kram haid yang normal biasanya akan berlangsung selama 2 sampai 3 hari pada satu siklus menstruasi. Jika lebih dari itu, Anda patut waspada. 2. Nyeri haid mengganggu aktivitas Nyeri atau kram perut akan dikatakan normal bila Anda masih bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya. Namun, ternyata 20% dari wanita yang sedang haid mengalami kram perut yang sangat parah. Dampaknya, mereka hanya bisa berbaring di tempat tidur karena menahan sakit. 3. Nyeri haid tidak mudah diatasi Beberapa orang biasanya akan merekomendasikan Anda untuk menempelkan botol hangat pada perut Anda ketika kram perut. Biasanya, kram perut akan reda dengan cara seperti itu. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda sakit yang telah diresepkan oleh dokter. Namun jika dengan cara-cara tersebut nyeri tak kunjung reda, sebaiknya Anda harus segera konsultasi ke dokter. 4. Nyeri haid tidak teratur setiap bulan Kram perut kerapkali dirasakan setiap bulannya pada awal menstruasi oleh beberapa wanita. Selama sakitnya tidak mengganggu aktivitas, maka hal tersebut masih dikatakan normal. Jika Anda merasakan kramperut yang parah dan tidak dirasakan setiap bulan, hal tersebut tidak dikatakan normal. Kram atau nyeri haid yang tidak normal bila akan mengganggu aktivitas, sakit luar biasa, tidak teratur setiap bulan, serta tidak dapat diatasi oleh pereda nyeri haid tanpa resep dokter.
Sumber : hallosehat.com

1. Nyeri haid berlangsung lama

Nyeri pada haid diakibatkan oleh prostaglandin. Prostaglandin yaitu zat kimia yang dikeluarkan bersamaan dengan meluruhnya dinding rahim yang menebal. Prostaglandin akan memicu peradangan kemudian memicu pula timbulnya kontraksi otot rahim yang menyebabkan nyeri atau kram pada perut Anda.

Menurut profesor obstetri dan ginekologi dari Universitas Illinois  Fakultas Kedokteran di Chicago, kram haid yang normal biasanya akan berlangsung selama 2 sampai 3 hari pada satu siklus menstruasi. Jika lebih dari itu, Anda patut waspada.

2. Nyeri haid mengganggu aktivitas

Nyeri atau kram perut akan dikatakan normal bila Anda masih bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya. Namun, ternyata 20% dari wanita yang sedang haid mengalami kram perut yang sangat parah. Dampaknya, mereka hanya bisa berbaring di tempat tidur karena menahan sakit.

3. Nyeri haid tidak mudah diatasi

Beberapa orang biasanya akan merekomendasikan Anda untuk menempelkan botol hangat pada perut Anda ketika kram perut. Biasanya, kram perut akan reda dengan cara seperti itu. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda sakit yang telah diresepkan oleh dokter. Namun jika dengan cara-cara tersebut nyeri tak kunjung reda, sebaiknya Anda harus segera konsultasi ke dokter.

4. Nyeri haid tidak teratur setiap bulan

Kram perut kerapkali dirasakan setiap bulannya pada awal menstruasi oleh beberapa wanita. Selama sakitnya tidak mengganggu aktivitas, maka hal tersebut masih dikatakan normal. Jika Anda merasakan kramperut yang parah dan tidak dirasakan setiap bulan, hal tersebut tidak dikatakan normal.

Kram atau nyeri haid yang tidak normal bila akan mengganggu aktivitas, sakit luar biasa, tidak teratur setiap bulan, serta tidak dapat diatasi oleh pereda nyeri haid tanpa resep dokter.

Gejala Nyeri Haid yang Harus Diwaspadai

Gejala Nyeri Haid yang Harus Diwaspadai - Nyeri perut saat haid biasanya dirasakan saat fase pre menstruasi atau PMS juga dapat pula dirasakan pada hari-ha

Editor's Rating:

Post Comment