Media Informasi Terkini

Gejala asam urat yang perlu anda ketahui

0 7

Gejala asam urat yang perlu anda ketahui – Asam urat adalah jenis radang sendi yang ditandai dengan pembentukan kristal kecil di dalam dan di sekitar sendi.  Hal ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan edema di cocok.

Gejala Asam urat ditandai dengan timbulnya nyeri akut yang tiba-tiba pada satu atau lebih sendi, paling sering jempol kaki Anda. Asam urat mempengaruhi satu sampai dua orang dari setiap 100, menurut perkiraan.

Penyakit ini terutama menyerang pria di atas usia 30 tahun dan wanita setelah menopause.  Asam urat mempengaruhi pria lebih dari wanita.

Asam urat bisa sangat menyakitkan dan menuntut, tetapi ada terapi yang tersedia untuk membantu mengurangi gejala dan mencegah wabah di masa depan.

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat yang perlu anda ketahuiNyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi. Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Baca Juga :  Ini Dia Keunggulan Iphone 13 Pro Max Dengan Chipset Tak Tertandingi

Asam urat dapat mempengaruhi setiap sendi, meskipun paling sering mempengaruhi sendi di ekstremitas anggota badan, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan.

Tanda dan gejala asam urat meliputi

  • Rasa sakit yang menyiksa pada satu atau lebih sendi
  • Sendi-sendinya sangat panas dan lembut sehingga tidak tahan jika disentuh.
  • Peradangan di dalam dan sekitar sendi yang terkena
  • Kulit yang merah dan mengkilat di atas sendi yang terkena
  • Saat pembengkakan berkurang, kulit mengelupas, gatal, dan mengelupas.
  • Kesulitan berjalan karena nyeri, terutama pada malam hari.
  • Meski gejala penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya, pengobatan harus tetap dilanjutkan untuk mengurangi risiko kekambuhan dengan gejala yang semakin memburuk.

Gejala muncul dengan cepat selama beberapa jam dan biasanya berlangsung tiga sampai sepuluh hari.

Baca Juga :  Cari Tahu Jenis Perawatan Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

Ketidaknyamanan akan mereda dan sendi akan kembali normal setelah waktu ini.

Hampir setiap orang yang menderita asam urat akan mengalami serangan lain di beberapa titik dalam hidup mereka, biasanya dalam waktu satu tahun.

Jika Anda telah didiagnosis menderita asam urat dan mengalami serangan, temui dokter umum Anda jika obat yang telah Anda resepkan (lihat di bawah) tidak mulai bekerja dalam beberapa hari.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Pengobatan penyakit asam urat dilakukan dengan pemberian obat asam urat. Namun, pemberian obat asam urat ini akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakitnya. Obat-obatan yang diberikan berfungsi untuk meredakan nyeri sekaligus mencegah serangan asam urat di masa mendatang. Obat-obatan untuk meredakan nyeri asam urat antara lain:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin (Bufferin), ibuprofen (Advil, Motrin), dan naproxen (Aleve).
  • Colchicine (Colcrys, Mitigare).
  • Kortikosteroid.
  • Inhibitor xanthine oksidase, seperti allopurinol (Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric).
  • Probenesid (Probalan).
Baca Juga :  Jangan Asal Pilih, Inilah Cara Memilih Distributor Pulsa Agar Mendapat Distributor Bagus

Selain penggunaan obat-obatan, dokter juga akan merekomendasikan perubahan gaya hidup. Hal ini bertujuan untuk membantu mengelola gejala asam urat sekaligus mengurangi risiko serangan asam urat di masa depan. Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup tersebut:

  • Kurangi asupan alkohol.
    Menurunkan berat badan, jika kamu kelebihan berat badan.
    Berhenti merokok, jika kamu merupakan perokok.
Pengobatan penyakit asam urat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah terjadinya komplikasi dengan menurunkan kadar asam urat dalam darah.
Untuk meredakan gejala, pasien dapat diberikan obat-obatan, seperti colchicine, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), atau kortikosteroid. Sementara untuk mencegah terjadinya komplikasi, pasien dapat diberikan obat-obatan, seperti allopurinol atau probenecid.
Pencegahan penyakit asam urat juga perlu dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti dengan rutin berolahraga, tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan, serta mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita asam urat.
Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More