Home / Budaya / Meluruskan Penjelasan Filosofi dan Makna Logo Hari Jadi Kabupaten Pandeglang Ke 143
Hari Jadi kabupaten Pandeglang ke-143
Design By :

Meluruskan Penjelasan Filosofi dan Makna Logo Hari Jadi Kabupaten Pandeglang Ke 143

Tinulis ID – Pandeglang merupakan salah satu kota/pandeglang yang berada di kawasan barat banten selatan, kabupaten pandeglang terkenal dengan kepariwisataan, seni dan budayanya. Seperti Seni rampak bedug, Silat, debus dan kesenian-budaya lainnya.

Selain itu, kabupaten pandeglang mengusung moto dengan “Pandeglang Berkah” sehingga terkenal denagn julukan kota sejuta umat atau kota seribu kiyai dan sejuta santri. Karena kenapa, kota Pandeglang memiliki ratusan pondok pesantren salafiyah dan pesantren Modern yang tersebar di berbagai wilayah kabupaten pandeglang.

Dalam rangka menyambut perayaan hari jadi atau HUT kabupaten pandeglang ke 143, pemerintahan kabupaten pandeglang Irna Narulita sebagai bupati pandeglang terpilih periode 2016-2021, mengadakan sayembara lomba membuat logo dibuka untuk umum pada bulan lalu dengan tagline “Pandeglang Boga urang” dengan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan.

Salah satu Logo harus berkarakter modern, bermakna sederhana, mudah diingat dan logo harus mencerminkan karakteristik Kabupaten Pandeglang sebagai daerah pariwisata yang Maju, Kreatif dan Inovatif serta religius Sesuai dengan moto Pandeglang berkah dan julukan terkenal kabupaten pandeglang.

Baik, kembali ke awal dan kepembahasan banyak sekali yang berkomentar tentang logo HUT Pandeglang 143 ini, membuat sebagian orang berkomentar meluruskan. Sipulan berkomentar : Sangat disayangkan nama “Pandeglang Berkah” yg dulu di gagas bapak Dimyati sekarang berubah jadi “boga urang”. Padahal banyak pesan yg terkadung dari kata “BERKAH” dibanding kata boga urang. ujar seseorang berkomentar di salah satu postingan @irnacenter pada logo Hut Pandeglang 143.

Sedikit menjelaskan Tagline pada Logo HUT Pandeglang 143, sebenarnya antara tulisan motto dan tagline itu  berbeda pengertian dan melainkan tulisan tersebut jika ditempatkan dan diletakan berbeda maka akan berbeda pula pengertian dan mempunyai makna tersendiri.

Dari Kata Pandeglang berkah adalah mencerminkan motto kabupaten pandeglang dan kalimat pandeglang boga urang yaitu tagline nya hari jadi kabupaten pandeglang. jadi kesimpulannya kalimat yang berada di logo itu mencerminkan tagline dan tidak bisa disebut sebagai motto Kabupaten pandeglang. [pendapat mengarang pribadi penulis]

Pilihan Editor :

Hari Jadi kabupaten Pandeglang ke-143
Design By : Bapak Drs. Melcias Ari Septiaji (Pemenang Sayembara Lomba Logo HUT Pandeglang 143)

Filosofi Makna Logo Hari Jadi 143 Kabupaten Pandeglang

Berikut sedikit penjelasan mengenai makna dan filosofi dari Logo HUT 143 Kabupaten pandeglang oleh Bapak Drs. Melcias Ari Septiaji sebagai nominasi pemenang sayembara :

Logogram

Secara umum bentuk menggambarkan angka 143 yang modifikasi fullcolor agar tampak “eye catching”, angka 143 didesain manual hand writing untuk mendapatkan spesifikasi hari jadi yang khas aroma Kabupaten Pandeglang.

Didalamnya terdapat grafis binatang badak secara siluet, Ada grafis air warna biru mengombak dibagian bawah Serta teks yang menegaskan makna logo.

  1. Angka 1 : Gambar seekor ikan yang seolah melompat wujud melimpahnya kekayaan alam.
  2. Angka 4 : menggambarkan perahu yang sedang berlayar mencari ikan di lautan. Bagian depan angka 4 mengasosiasikan seolah seperti golok sunda, salah satu karakter khas budaya Sunda. Pada grafis lengkung warna kuning melambangkan kehidupan sosial masyarakat yang egaliter, hubungan yang harmonis dan rukun.
  3. Angka 3 : seolah berkesan seperti gelang, dimana pada angka 3 dibagian atas warna hijau muda dan tua menggambarkan nuansa alam perbukitan dan hutan lindung Ujung Kulon yang terkenal akan Taman Nasional. Sedang pada angka 3 dibagian bawah yang didominasi warna biru melambangkan dunia air yakni teritorialnya dengan lautan Hindia, Selat Sunda, aneka teluk, curug dan sungai-sungainya serta berbagai wisata air lainnya yang terkenal.
  4. Gambar Badak : mencerminkan suaka margasatwa Badak bercula satu yang dilindungi dan dilestarikan, Badak juga menjadi unsur lambang Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang.

Logotype

Huruf menggunakan jenis “ Blacksword ” pada teks Hari Jadi. Angka 1874 & 2017, teks Kabupaten serta Boga Urang memakai jenis “ Futura Demi Bold “. Untuk Teks utama “ PANDEGLANG “ menggunakan jenis huruf “ Frizt Quadrata”.

Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai Meluruskan Penjelasan Filosofi dan Makna Logo Hari Jadi Kabupaten Pandeglang Ke 143, semoga bisa dipahami dan bermnafaat bagi masyarakat pandeglang dan umumnya untuk masyarakat indonesia. tetap berkaya demi memajukan kesejahteraan bangsa pertiwi ini.

Sumber : Fakta Pandeglang, Irna Center, Pandeglang Info

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Check Also

[Buku Digital] Pengalaman Membaca Buku

Judul Buku : Pengalaman Membaca Buku Pertama Jumlah halaman : 79 halaman Genre : Motivasi …

4 comments

  1. Logonya keren mas. Itu logo baru buat Pandeglang kah?. Maksud dari logonya juga sangat jelas

  2. Logonya bagus dan penuh makna, emang mas oji asli Pandeglang kah ?