Media Informasi Terkini

Concept Syllabus Cocok Buat Kamu Yang Merasa Mastah

1 13

Concept Syllabus Cocok Buat Kamu Yang Merasa Mastah – Jika ada waktu luang, cobalah googling tentang hal-hal yang menyebabkan seseorang gagal menjadi blogger sukses. Pasti kita akan disuguhkan dengan berbagai penyebab dan kendala, baik yang hadir dalam diri kita sendiri atau diluar diri kita.

Nah, pada artikel kali ini Kak Amel akan mengajak sobat untuk berdiskusi tentang satu hal yang mampu mengantarkan kita menjadi blogger sukses. Mari kita simak yuk,

Menulis bagi seorang blogger tak ubahnya seperti sarapan pagi. Atau dalam kata lain, menulis adalah sebuah kebutuhan, bukan keinginan.

BACA JUGA:

Berangkat dari sikap kreatif, pola menulis bagi seorang blogger bukan hanya dalam bentuk deskripsi, narasi, esai atau fiksi, tapi ada yang lain. Dengan sikap kreatif yang seperti ini, blogger semakin kaya warna dan pola.

Baca Juga :  Menulis, Oh Menulis dan Oh Menulis

Yap, bener. Semakin banyak warna, semakin banyak pula jalan menjadi blogger sukses. Tapi dari sekian konsep yang ada, ada satu konsep yang mampu mengantarkan kita menjadi Blogger Holic. Namanya adalah concept syllabus.

Konsep silabus adalah penyusunan tema pada topik yang kita bahas secara sistematik. Konsep ini menuntut kita agar lebih mensistematiskan tema yang akan kita tuliskan.

Misalnya, kita akan membangun blog yang niche-nya adalah blogger menulis buku. Maka sebelum kita membangunnya, buatlah terlebih dulu silabusnya, atau susunan tematiknya. Sehingga materi yang akan kita tuangkan akan terlihat rapi dan sistematis.

Dan tahap finalnya adalah, ketika kita sudah menulis sampai 50 judul misalnya, kita bisa membukukannya. Good kan? Selain bisa menjadi seorang blogger holic, kita juga bisa menjadi penulis buku.

Kak, tapi kan tidak semua dari kita bisa menyusun atau membuat konsep tematik seperti itu? Lalu bagaimana dong?

Tak perlu khawatir, seperti yang Kak Amel katakan sebelumnya, banyak jalan menuju Roma. Pada dasarnya memang tidak semua dari kita bisa menyusun konsep silabus seperti itu. Tapi tidak salah juga jika kita menyusunnya sambil berjalan.

Baca Juga :  Trauma Healing Pada Anak

Caranya adalah, kita sampaikan terlebih dulu hal-hal yang mendasar tentang Blogger, seperti sejarahnya, persiapan yang harus dilakukan sebelum membangun blog ,mengenal jenis-jenis blog, nichenya, sampai juga pola penulisan yang ajib.

BACA JUGA:

Dari sini kan lama kelamaan konsep silabus kita akan terbangun dengan sendirinya. Kata kuncinya hanya satu, yakni sistematis. Tidak perlu menggebu-gebu pada SEO atau jumlah pengunjung blog, namun Goal dari konsep silabus adalah bagaimana kita menyusun blog secara sistematis, sudah dan titik.

Baca Juga :  Penulis Hebat Mampu Bertahan Meski Sudah 60 Kali Ditolak, Apalagi Kalau Hanya Ditolak Adsanse

Baru setelah semuanya selesai, atau kita sudah mempunyai 50 judul, kita bisa membukukannya. Sekarang tinggal kita pilih yang mana, mau menjadi seorang blogger yang memiliki segudang karya, atau segudang pengunjung?

Oea, Kak Amel, kalau begitu kasih juga dong tips agar kita bisa menjadi seorang blogger yang mampu melahirkan banyak karya tulis atau buku.

Siap, nanti Kak Amel akan bagikan itu. Pesan terakhir sebelum Kak Amel tutup artikel ini, seorang Blogger yang berhasil melahirkan karya tulis dan mampu dibukukan, pasti akan kebanjiran pengunjung. (Baca; Raditya Dika, Agnes dll). Tapi, seorang blogger yang hanya mampu membanjiri blognya dengan pengunjung, belum tentu mempunyai karya tulis yang dibukukan.

Sekarang tinggal kita pilih yang mana, 😉

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More