Home | Artikel | Bagaimana Cara Supaya Anak Senang Berekreasi ke Museum?

Bagaimana Cara Supaya Anak Senang Berekreasi ke Museum?

Tinulis ID – Bagi para orang tua, berekreasi bersama anaknya ke suatu tempat sebenarnya merupakan sebuah kebutuhan. Salah satu tempat rekreasi yang dapat dikunjungi adalah museum.

Meski begitu, ada anggapan bahwa berwisata ke museum merupakan kegiatan yang cenderung membosankan, terutama bagi anak-anak. Anggapan tersebut bisa jadi terbentuk karena kegiatan di dalam museum biasanya hanya diisi dengan melihat-lihat koleksi benda antik tanpa bisa menyentuh, apalagi memainkannya.

Padahal, ketika berkunjung ke sebuah museum, kita dapat berekreasi sambil belajar. Benda-benda yang menjadi koleksi sebuah museum sejatinya bernilai historis tinggi, bahkan bukan mustahil bahwa benda-benda tersebut tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi para orang tua untuk membiasakan anak-anaknya berekreasi ke museum. Berikut ini adalah tiga tips yang dapat digunakan untuk menarik minat anak anda berekreasi ke museum.

Pilih Tema Museum yang Sesuai Minat Anak

Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang anak anda sukai. Hal itu supaya kunjungan pertama ke museum dapat memberi kesan yang menyenangkan bagi sang anak.

Jika anak anda menyukai transportasi, anda dapat mengajaknya datang ke Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Di sana terdapat berbagai koleksi moda transportasi yang terkenal di Indonesia dan Dunia dari berbagai zaman.

Terus Berinteraktif Selama Kunjungan ke Museum

Pada umumnya, anak-anak sangat menyukai bentuk dan warna. Maka dari itu, orang tua dapat menceritakan kepada anaknya bagaimana bentuk dan warna benda-benda yang dilihatnya di museum.

Jika terdapat benda yang diperbolehkan untuk disentuh oleh pihak museum, jangan sungkan untuk mengajak anak anda mengeksplorasi bentuk benda tersebut. Hal itu dapat membuat anak anda nyaman selama berada di museum.

Tidak Masalah Keluar dari Museum Lebih Awal

Terlalu lama di suatu tempat berpotensi membuat anda bosan, begitu pula dengan sang anak. Oleh sebab itu, jangan memaksakan diri untuk mengunjungi seluruh museum dalam satu kali perjalanan. Tidak perlu pula memaksakan diri melihat seluruh koleksi yang dimiliki oleh museum tertentu.

Keluarlah lebih awal supaya anak anda tetap memiliki rasa penasaran sehingga ia akan meminta untuk berkunjung ke museum lagi di lain waktu.

Semoga ketiga tips di atas tentang Bagaimana Cara Supaya Anak Senang Berekreasi ke Museum?, dapat membantu anda, para orang tua, untuk membiasakan anak menjadikan museum sebagai tempat rekreasi yang menarik sejak dini.

 

Sumber: nationalgeographic.id

About Dimas Andi Shadewo

4 comments

  1. Tema musium harus ditentukan dengan usia dan minat anak,sengan begitu bisa membuat anak tertarik dan betah berada di museum.

  2. Mungkin juga bisa diajak ke taman rekreasi terlebih dahulu untuk memberikan mindset kepada anak bahwa kita akan rekreasi sambil bermain. nah pada perjalanan rekreasi tersebut juga disisipkan jadwal untuk berkunjung ke museum, jadi anak tetap mengira bahwa kunjungan ke museum tersebut merupakan bagian dari rekreasi atau hiburan.

  3. menurut saya untuk mengajak anak pergi kemusium tertentu lebih baik menonton film terlebih dahulu, dulu saya suka mobil dari film cars dan setelah itu orang tua saya mengajak saya ke musium angkut di batu hati saya riang gembira waktu itu, itu pengalaman pribadi saya semoga bisa menambah referensi

  4. kalau ke meseum sering buat bosan bagi anak2 karena tempatnya menyeramkan, apalgi meseum yang sudah lama banget pasti bikin anak takut, tapi tip ini kayaknya bisa di coba supaya anak2 bisa suka ke meseum, padahal kan meseum juga sarana belajar jadi anak bisa tau sejarah2 yang penting