Media Informasi Terkini

Bagaimana Cara Pabrik Besar Melakukan Penghematan Energi?

0 52

Bagaimana Cara Pabrik Besar Melakukan Penghematan Energi? – Pabrik merupakan salah satu jenis usaha yang membutuhkan banyak energi listrik. Keberadaan mesin-mesin besar dengan daya yang sangat besar tentu menjadi penyebab utamanya terlebih proses produksi bisa berjalan sepanjang hari. Sayangnya, kebutuhan listrik di bidang industri masih terkendala dengan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan oleh pelaku usaha.

Harga listrik bagi sektor industri memang cukup mahal dan pemerintah sampai saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan energi sektor ini. Hal inilah yang menyebabkan banyak pelaku industri yang akhirnya melakukan berbagai upaya guna menghemat pemakaian energinya. Semakin banyak energi yang dihemat maka keuntungan perusahaan akan semakin besar.

Bagaimana Cara Pabrik Besar Melakukan Penghematan EnergiBerbagai Cara Penghematan Energi di Pabrik

Cara penghematan energi di pabrik-pabrik cukup berbeda jika dibandingkan dengan penghematan energi di sektor rumah tangga. Skalanya yang besar dan melibatkan orang banyak membuat penghematan energi di pabrik harus dilakukan dengan sangat teliti. Bahkan tidak jarang melibatkan perusahaan power plant yang berpengalman. Berikut beberapa cara penghematan yang biasa dilakukan:

Baca Juga :  Armageddon MKA 8C : Rutinitas Blogging lebih Asyik dengan Keyboard Gaming

1. Audit penggunaan energi listrik

Tidak hanya bidang keuangan saja yang membutuhkan audit tapi bidang energi juga membutuhkannya. Biasanya audit konsumsi listrik dilakukan oleh perusahaan yang memang telah berpengalaman dibidangnya seperti Sewatama. Perusahaan ini telah berdiri lebih dari 20 tahun dan telah berpengalman dengan berbagi sektor industri di tanah air. Uniknya, selain menyediakan layanan audit penggunaan listrik perusahaan ini juga kerap memberikan info-info penting seputar energi listrik, penghematan dan sebagainya. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengaksesnya secara gratis melalui https://sewatama.com/id/alat-penghemat-energi-listrik/.

2. Memaksimalkan desain ruangan

Tidak bisa dipungkiri jika keberadaan pemanas atau pendingin udara serta pencahayaan kerap cukup banyak mengonsumsi energi listrik. Oleh karena itu, pelaku usaha biasanya mendesain pabrik agar bisa menghemat energi sebanyak-banyaknya dengan menggunakan desain yang lebih efisien. Pemanfaatan cahaya matahari dan angin semaksimal mungkin bisa mengurangi konsumsi listrik yang digunakan untuk lampu dan pendingin udara.

Baca Juga :  Tips Memilih Perusahaan Maintenance Genset Berkualitas

3. Membuat peraturan hemat energi

Walaupun belum banyak tapi ada beberapa pabrik yang menerapkan aturan hemat energi bagi karyawannya. Aturan tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir pengeluaran guna membayar biaya listrik yang mahal. Peraturan ini bisa dibuat berbeda-beda tergantung departemennya masing-masing.

Tapi jika Anda meninginkan cara yang praktis, Anda dapat menggunakan jasa perusahaan power plant. Perusahaan seperti ini umumnya banyak tersedia di kota-kota besar di Jawa.

Tapi, jika Anda berada di luar Jawa Anda bisa mengunjungi beberapa kantor cabangnya. Salah satu contohnya adalah Sewatama depo location yang khusus dibuat bagi pelanggan Sewatama yang berada di Makasar dan Balikpapan Timur. Perusahaan ini selain menyediakan audit listrik juga turut menyediakan layanan lainnya yang berkaitan soal listrik. Oleh sebab itu, Sewatama merupakan pilihan pas bagi Anda yang menginginkan layanan lengkap dan berkualitas.

Baca Juga :  Perangkat Tambahan Untuk Audio Sound System yang Banyak Dipakai di Pesta

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More