Media Informasi Terkini

Cara Mengobati Bisul Tanpa Obat Kimia

0 200

5 Cara Mengobati Bisul Tanpa Obat Kimia – Apakah Anda sudah mengetahui cara mengobati bisul? Sebab, apabila dibiarkan, bisul dapat menjadi semakin parah. Tidak hanya itu, Anda juga pasti tidak nyaman mendapati bisul di bagian tubuh tertentu yang tidak kunjung sembuh. Oleh karena itu, agar bisul segera mereda, Anda harus mengaplikasikan cara yang tepat untuk menyembuhkannya. Seperti apa itu? Berikut caranya.

Cara Mengobati Bisul Tanpa Obat Kimia1. Manfaatkan Bubuk Kunyit

Sifat anti-inflamasi serta antibakteri yang melekat pada bubuk kunyit akan mendukung proses penyembuhan bisul Anda. Bahkan, bubuk kunyit pun telah dipakai sebagai sarana untuk membersihkan darah secara alami sejak ribuan tahun lalu. Jadi, bisa sekali untuk memanfaatkan bubuk kunyit pada bisul Anda supaya cepat sembuh.

Bubuk kunyit dapat dikonsumsi maupun dioleskan pada tempat bisul berada. Apabila ingin mengonsumsinya, Anda bisa merebus sebanyak satu sendok teh bubuk kunyit tersebut bersama dengan air atau susu. Selanjutnya, Anda tinggal meminumnya secara rutin. Jika ingin melalui pengolesan pada kulit, Anda dapat mencampurkan kunyit dengan air, lalu mengoleskannya pada permukaan tubuh yang terkena bisul.

Baca Juga :  Produk Deodorant Pria Nivea Men

2. Gunakan Air Hangat

Air hangat yang dikompreskan pada area bisul akan menarik nanah yang berada di dalamnya untuk keluar dari permukaan kulit Anda. Dengan begitu, dapat mempercepat proses pemecahan bisul yang meradang di bagian tubuh. Juga bisa menimbulkan kesan rileks pada kulit, sehingga akan meredakan nyeri yang ditimbulkan dari bisul yang tubuh.

Yang tidak kalah pentingnya, jangan lupa untuk melakukan kompres air hangat ini secara terus menerus pada bagian bisul. Kegiatan mengompres secara rutin membuat Anda tidak terlalu merasa kesakitan terhadap bisul. Ketika bisul ternyata sudah pecah, jangan lupa untuk membersihkannya hinga steril menggunakan alcohol agar dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi pada kulit.

Baca Juga :  Ramalan Zodiak Hari Ini Taurus Pintar Menyembunyikan Perasaan, Gemini Kreatif dan Imajinatif, Sagitarius Cuek -

3. Pakai Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh)

Cara mengobati bisul yang ketiga adalah dengan memakai tea tree oil. Sejalan dengan yang disampaikan oleh Health Line, minyak atsiri dari pohon teh mempunyai sifat yang antiseptic sekaligus antibakteri. Kandungan dua komponen tersebut dalam minyak pohon teh membuat bisul dapat disembuhkan, karena infeksi bakteri yang terjadi dapat diminimalisir.

Namun, minyak pohon teh ini tidak boleh digunakan secara langsung menyentuh kulit Anda, sebab akan menimbulkan kesan seperti terbakar. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencampurkan lima tetes dari tea tree oil dengan satu sendok teh minyak zaitun.

Setelah campuran kedua minyak tersebut menyatu, Anda dapat menggunakan kapas untuk mengoleskannya ke bagian tubuh yang sedang terkena bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul Anda pecah dan hilang, sampai tuntas.

4. Optimalkan Garam Epsom

Garam epsom mempunyai kemampuan yang baik dalam menunjang proses penyembuhan bisul. Sebab, garam ini bisa membantu mereduksi nanah di dalam kulit, sehingga mendorong bisul untuk cepat mengering.

Baca Juga :  Apakah Yang Dimaksud Dengan Stimulasi Puting Dan Bagaimana Cara Stimulasi Puting?

Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air hangat, kemudian mengompreskannya pada bagian tubuh yang terkena bisul. Diamkan sekitar 20 menita. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat melakukannya secara rutin, 3 kali sehar.

5. Dengan Minyak Jarak

Minyak jarak merupakan herbal yang mudah untuk ditemui. Dengan sifat antibakterinya yang kuat, minyak jarak dapat membantu proses penyembuhan bisul Anda.

Selain antibakteri, kandungan asam risinoleat dalam minyak jarak pun menjadikannya mempunyai sifat anti-inflamasi yang baik. Anda dapat mengoleskan minyak ini ke bagian tubuh yang terkena bisul secara rutin setiap hari agar bisul cepat mongering.

Pastikan Anda mengaplikasikan cara mengobati bisul dengan benar ya. Jangan sampai keliru. Sebab, apabila terjadi kesalahan, bisa muncul infeksi. Jadi, berhati-hati dan gunakan prosedur yang benar. Dengan demikian, bisul dapat sembuh segera.

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More