Media Informasi Terkini

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami

0 43

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami – Rambut merupakan salah satu mahkota kepala. Maka, tidak heran jika kemudian mempunyai rambut lebat, sehat, dan juga kuat adalah impian setiap orang. Akan tetapi, tak jarang kita menemukan gumpalan rambut rontok menyumbat saluran air kamar mandi, bergerombol kusut di sisir, di bantal tempat tidur, atau bahkan di meja kerja kita. Tidak hanya bisa bikin minder, tapi rambut yang rontok parah juga bikin kita bertanya-tanya. Apakah ini normal atau tanda-tanda kebotakan? Atau, adakah kondisi atau penyakit tertentu yang menjadi penyebab rambut rontok parah? Adna harus tahu Penyebab rambut rontok.

Penyebab rambut rontok parah adalah karena rambut terbuat dari keratin, protein khusus yang diproduksi dalam akar rambut (folikel). Saat folikel memproduksi sel rambut yang baru, sel rambut yang lama akan terdorong keluar dari lapisan kulit. Rambut yang terlepas ini sebenarnya adalah seuntai sel keratin yang sudah mati. Proses pertumbuhan rambut sebenarnya juga tidak semudah itu. Ada tiga tahapan yang perlu dilewati sampai rambut benar-benar rontok. Yang pertama adalah tahapan anagen, yang merupakan tahap pertumbuhan serat rambut aktif. Tahapan ini dapat bertahan selama 2 hingga 7 tahun. Sebanyak 80-85 persen rambut yang Anda miliki saat ini berada dalam fase anagen.

Baca Juga :  4 Ramuan Alami yang Efektif Mengatasi Haid Tidak Teratur

BACA JUGA :

Tahap selanjutnya adalah katagen alias fase transisi. Fase katagen ditandai dengan rambut yang berhenti bertumbuh. Fase ini biasanya berlangsung selama 10-20 hari. Tahapan yang ketiga adalah fase telogen, yang terjadi ketika rambut benar-benar berhenti tumbuh dan kemudian mulai rontok. Sebanyak 10-15 persen rambut berada dalam fase telogen, yang umumnya berlangsung hingga 100 hari. Mari kita simak penyebab rambut rontok:

1. Tiroid

Fungsi kelenjar tiroid untuk mengatur kadar hormon dalam tubuh Anda. Namun jika kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik, maka dapat menyebabkan rambut rontok. Kerusakan pada kelenjar tiroid menjadi salah satu penyebab medis yang paling umum, yang menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga :  Di Balik Perkembangan dan kemajuan Karawang Sebagai Kota Industri Modern

2. Alopecia Areata

Ini merupakan penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Penyakit ini menyebabkan bercak pada kulit kepala di bagian rambut yang rontok, dan bagian tubuh lainnya. Biasanya orang yang menderita alopecia areata, terlihat sangat sehat. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyakit ini.

3. Telogen Effluvium

Penyakit ini merupakan jenis kerontokan rambut yang terjadi setelah operasi besar, kehamilan atau peristiwa yang menyebabkan stres. Gejalanya adalah rambut rontok yang berlebihan, hingga Anda bisa menggenggam rambut rontok. Anda bisa mengobati penyakit ini dengan dermatologis.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami
ilustrasi rambut rontok

BACA JUGA :

Daripada kecewa dan bersedih hati, akan lebih baik kalau kamu menggunakan cara tradisional menggunakan bahan alami. Meskipun hanya menggunakan bahan alami, ternyata hasilnya cukup efektif dan tentunya tidak memberikan efek samping pada kesehatan rambut.

Baca Juga :  Server Pulsa OK Pulsa, Aplikasi Pembayaran Tercepat Di Indonesia

1. Lidah Buaya

Sudah bukan hal yang mengherankan lagi kalau kandungan dalam lidah buaya dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Tapi selain itu, rupanya lidah buaya juga bisa membuat rambutmu menjadi lebih kuat dan merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepalamu.

2. Kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambutmu menjadi lebih hitam, sehat, dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan bisa merangsang rambut untuk tumbuh lebih cepat.

3. Buah Alpukat

Cara mengatasi rambut rontok parah dan ketombe yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Kamu bisa menggunakan buah yang kaya dengan kandungan protein dan lemak ini sebagai masker rambut.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Rambut Rontok, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan rambutnya agar terlihat segar dan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu dan khususnya pembaca setia blog ini.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More