Kesehatan

Berikut Cara Ampuh Meminimalisir Alergi Debu dan Gejalanya

Alergi debu meski sepele terkadang tetap membuat repot para orang tua. Gejala yang ditimbulkan seperti hidung berair, mata merah serta gatal atau lainnya. Namun, dampak ini dapat diminimalisir, lho!

Ada berbagai faktor penyebab alergi, salah satunya adalah alergi terhadap debu. Hal ini ditandai dengan seringnya bersin, hidung meler atau mata kemerahan. Jika iya, dapat dipastikan Anda mengalami Alergi debu.

Alergi debu yang ditimbulkan biasanyaakibat kotoran di udara. Debu dapat dibedakan menjadi beberapa kategori. Seperti, kulit mati, bulu hewan, spora jamur atau bahkan hewan kecil tungau.

Hal inilah yang dapat menimbulkan reaksi alergi kepada tubuh Anda. Namun, dampaknya tetap dapatdiminimalisir, lho! Daripada penasaran, yuk simak penjelasan dibawah ini, ya!

Meminimalkan Alergi Debu

Meski terkesan sepele, alergi jenis ini dapat menjadi parah jika tak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Menjauhkan diri dari paparan debu merupakan salah satu faktor utama mencegah alergi ini.

Reaksi akibat debu ini sebetulnya dapat dicegah atau diminimalkan penjangkitannya. Yakni, dengan berbagai cara, sebagai berikut;

  1. Gunakan masker pelindung dalam berbagai kegiatan, atau ketika membersihkan rumah dan perabot, agar debu tidak terhirup langsung ke dalam tubuh
  2. Bersihkan secara rutin berbagai perlengkapan di rumah. Terutama tempat-tempat yang biasanya cenderung terabaikan, misalnya saja; bingkai foto, dibawah tempat tidur, Meja televisi, atau di bawah sofa.
  3. Jika Anda memiliki karpet dan berada dilantai ,bersihkan setiap hari. Akan lebih baik jika menggunakan penyedot debu. Sedot debu di bawah tempat tidur karena biasanya tungau banyak berkumpul di daerah itu.
  4. Cucilah seprai, selimut, dan tirai dengan air bersuhu di atas 50°C hal ini sangat efektif untuk membunuh tungau. Ganti seprai selimut serta tirai secara berkala.
  5. Gunakan furniture yang terbuat dari kayu, plastik, kulit, atau vinil karena bahan-bahan ini mudah dibersihkan serta praktis perawatannya.
  6. Hindari menaruh terlalu banyak benda seperti mainan, boneka, hiasan dinding, buku, dan bunga buatan di dalam rumah, hal ini juga dapat menjadi tempat berkumpulnya debu.
  7. Hindari penggunaan selimut berbahan dasar

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati bukan? Sehingga ada baiknya menerapkan pencegahan sebelum terpapar alergi debu yang berlebihan.

Berikut Cara Ampuh Meminimalisir Alergi Debu dan Gejalanya

Alergi debu meski sepele terkadang tetap membuat repot para orang tua. Gejala yang ditimbulkan seperti hidung berair, mata merah serta gatal atau lainnya.

Editor's Rating:

Post Comment