Home | Artikel | Inilah, Bumbu Dapur Pengganti Obat-Obatan

Inilah, Bumbu Dapur Pengganti Obat-Obatan

Tinulis ID – Bumbu dapur ternyata tak hanya berperan sebagai pemberi rasa dalam masakan. Namun, bumbu dapur juga berperan sebagai pengganti obat-obatan. Kira-kira apa saja ya bumbu dapur pengganti obat-obatan itu?

Garam

Bumbu dapur dengan rasa asin ini sangat berguna sebagai pengganti oralit ketika sakit diare. Caranya, setengah sendok teh garam dan satu sendok teh gula diseduh bersama segelas air. Minumlah setiap kali selesai diare.

Bawang Merah

Banyak sekali manfaat bawang merah. Diantaranya sebagai obat batuk, obat demam dan perut kembung. Untuk obat demam dan perut kembung, potong tipis-tipis bawang merah lalu remas-remas dengan campuran minyak kayu putih dan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada perut yang kembung atau pada anggota badan yang demam.

Bawang Putih

Ternyata bawang putih berkhasiat untuk mengobati penyakit hipertensi, ambeien, asma, sesak napas dan luka memar. Untuk mengobati luka memar, tumbuk bawang putih hingga halus lalu campur dengan satu sendok madu. Setelah itu dioleskan pada bagian yang memar.

Kencur

Cobalah pakai kencur ketika batuk, sementara persediaan obat batuk tak ada. Caranya, kencur sebesar jempol dikupas bersih lalu dikunyah. Setelah keluar air, airnya ditelan dan ampasnya dibuang. Atau bisa juga dengan cara si kencur diparut lalu dicampur dengan satu gelas air hangat. Setelah itu disaring, kemudian tambahkan sedikit garam, lalu diminum.

Jeruk Nipis

Sama halnya dengan kencur, jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk. Yaitu dengan cara meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan beberapa tetes kecap. Rasanya asam manis dan membuat tenggorokan lebih nyaman.

Lengkuas

Rempah-rempah satu ini dikenal bisa membantu menghilangkan panu pada kulit. Yaitu dengan cara menumbuk lengkuas dan kapur sirih sampai halus, kemudian digosokkan pada permukaan kulit yang terdapat panu. Lakukam hal ini dua kali sehari.

Temu Kunci

Kalau bumbu dapur satu ini berguna untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Caranya mudah, minum saja ramuan temu kunci yang diseduh dengan segelas air hangat . Selain temu kunci, temulawak juga membantu meningkatkan nafsu makan.

Jahe

Aroma jahe sangat segar. Apalagi jika diminum ketika badan terasa dingin atau sedang flu. Caranya mudah sekali, geprek jahe lalu seduh dengan air hangat. Hmm, rasanya segar sekali.

Ternyata banyak sekali bumbu dapur pengganti obat-obatan, ya? Selamat mencoba di rumah.

(Sumber: Kompas Anak)

About Cemara Karenina

Pluviophile yang jatuh hati pada rusa tanduk merah.