Home / Artikel / Cara Blogger Menulis Buku

Cara Blogger Menulis Buku

Tinulis ID – Tak sedikit blogger yang menulis buku. tak sedikit pula penulis buku yang nge-blog. Satu lagi, tak sedikit pun buku yang diterbitkan dari kumpulan postingan blog. Untuk yang terakhir, ini dapat jadi cara yang paling efektif mengumpulkan naskah-naskah jadi sebuah buku.Bagi Anda yang berencana menerbitkan buku tetapi tak kunjung tuntas, cara blogger menulis buku ini dapat dijadikan contoh. tapi, sebaiknya ikuti petunjuk ini:

1). Buat blog dengan tema yang spesifik.

Blog dengan tema spesifik akan lebih mudah untuk segera dijadikan buku. Sebab, sebuah buku cuma membicarakan satu tema. Satu topik pemikiran saja; teknologi, jurnalistik, psikologi, hukum, penulisan, tutorial desain, dst.

Selain itu, blog dengan tema yang konsisten secara otomatis akan cepat dikenal serta dikunjungi oleh peminat yang tertarget. Target pembacapun akan amat jelas.

2). Memakai  EYD

Mematuhi Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) paling tak menunjukkan bahwa Anda merupakan penulis yang baik. Patuh pada EYD termasuk pada cara penulisan serta pencantuman sumber tulisan (ini sering dilupakan beberapa blogger). Mematuhi EYD, tak berarti tak diperkenankan menggunakan bahasa slang (slenge’an).

Misal, ada kutipan langsung dari seorang “anak Jakarta” dimana antara Bahasa Indonesia serta Betawi sering dicampur. Seperti, gado-gado bahasa. Kita tetap dapat menulis kata bujug, lupain aje, dst. dengan di-italic-kan.

3). Posting secara konsisten

Ini tantangan komitmen bagi blogger yang hendak menjadikan kumpulan postingannya jadi buku. Konsisten dalam melaksanakan posting dapat berbeda-beda tiap orang: ada yang satu hari satu posting tulisan, ada yang satu minggu satu tulisan, dst.

Tentu aja semakin sering posting semakin dekat kumpulan blog jadi buku.

4). Bagikan (share) Postingan

Baca pun  Cara Mengetahui Penerbit yang Valid di Perpustakaan Nasional RI
Powered by Inline Related Posts

Ini keistimewaan buku dari posting blog. Sebab, tiap tulisan yang dibagikan ke medsos akan cepat memperoleh respon pembaca. Dengan mengetahui respon pembaca Anda dapat menentukan gaya penulisan, struktur, sudut pandang serta perihal lain berdasarkan minat baca para pembaca.

5). Jangan posting terlalu pendek

Dalam satu posting tulisan sebaiknya jangan terlalu pendek. Ingat, blog yang Anda tulis akan bermetamorfosa jadi buku. Bagaimana bila terlalu panjang? Ini justru lebih mudah, bagi aja tulisan panjang itu jadi subjudul.

Demikian Cara blogger menulis buku di atas jauh lebih mudah dibandingkan dengan menuliskan naskah satu-satu. Cara ini dapat disebut sebagai kredit naskah. Mencicil naskah buku setahap demi setahap sambil menguji respon pembaca secara langsung. bila blog kita dianggap menarik yakinlah buku yang akan diterbitkan ditunggu-tunggu pembaca blog kita.

About Bang Oji

A little about meMy name Oji Faoji, commonly called Bang Oji:- I was born in a remote village far from the bustle of the city and the hometown there are many tourist attractions traveling, tourist beaches, fishing, nature tours, and other travel very challenging for the visit.- I am an introvert who love the world of blogging in from mid-2016 and samapai now studying how the good blogging ranging from how to write, blog optimization, blog promotion, income from blogging, and a wide range of experience will be the next 5 years.- Hope and Ideals I want to be a young entrepreneur, professional blogging and be a motivator, inspiration, sharing knowledge and experience for friends.Best Regards ~ BangOji.Net ~.

Check Also

[Ulasan] Teknik Rahasia Sederhana dalam Menulis

Judul Buku : Ulat Tadu …. Ulat Tadu …. Jumlah halaman : 10 halaman Genre …

2 comments

  1. Gak pernah kepikiran kalo untuk bikin buku.
    Karena nyatanya tak semudah yang dipikirkan bagi para awam.
    by the way, tipsnya mantap tuh. Dan untuk poin 5 setuju, sering liat blog yang artikelnya dipecah jadi sub judul.
    Sekian mas. 🙂

    • bhahaha.. iya gan ane juga kurang suka dengan blog dengan artikel yang dipecah beberapa sub, . ya mau gimana lagi itu relepansi bagi mereka untuk meningkatkan kualitas blognya juga.