Beranda Artikel Bertanya dan Berbagi Tentang Blogger

Bertanya dan Berbagi Tentang Blogger

44
0
BERBAGI

Bertanya dan Berbagi Tentang Blogger – Ada yang inbox saya barusan, dia bertanya, “Mas, Blogger itu apa sih?” Ini adalah sebuah pertanyaan yang simpel dan mudah dijawab, khususnya bagi mereka yang sudah terjun ke dunia blogging.

Jangankan pertanyaan “Apa itu Blogger?”, bagaimana mendapatkan uang dari blog saja mereka bisa jawab, apalagi pertanyaan itu.

Tapi itu mereka, bukan saya. Kalau saya pribadi pertanyaan paling berat dalam dunia blogger ada tadi, yakni “Apa itu blogger?”

Kenapa berat? Bagi saya, ini tak ubahnya dengan pertanyaan Ontologi. Bagi kalian yang belajar filsafat, atau minimal filsafat Ilmu pasti tahu tentang Ontologi.

Begitu pula dengan saya, ketika pertama kali membacanya saya langsung kaget dan rada berat menjawabnya, sebab ini bukan pertanyaan main-main.

BACA JUGA:

Setelah berpikir sejenak, saya mencoba memberikan jawaban dalam berbagai perspektif perihal blogger.

Pertama, Blogger adalah pembelajar dan pembagi.

Maksudnya adalah, seorang blogger mustahil bisa berbagi bila tidak ada yang ia kuasai. Karenanya blogger bisa berbagi informasi atau pengetahuan karena ia juga belajar. So, semakin banyak yang dibagikan, itu tanda semakin banyak pula ia belajar.

Kedua, Blogger adalah jalan menata peradaban.

Penulis ulung terdahulu telah membuktikan bahwa dengan karyanya peradaban saat ini bisa lebih baik dan tertata.

Lihatlah bagaimana Ibnu Rusyd berpengaruh pada kemajuan barat, semua itu bisa terjadi karena pemikiran hebatnya yang dituangkan dalam buku. Alhasil, dengan menulis Ibnu Rusyd bisa memberikan perubahan pada peradaban barat.

Ketiga, Blogger jalan menuju Tuhan.

Tidak banyak yang paham jika ada sisi spiritualisme di dalam blogger. Ini bisa kita lihat dari sifat yang dimiliki oleh blogger, yakni mengisi, mengabadikan serta menghidupkan.

Maksud dari mengisi adalah, seorang blogger akan senantiasa belajar dan belajar agar ia bisa berbagi ilmu pengetahuan yang berkualitas.

Setelah ia mengisi (belajar), selanjutnya blogger akan mengabadikan atas apa yang ia punya, tentunya dengan bentuk tulisan atau karya sastra.

Barulah setelah itu semua, ia bisa menghidupkan yang lain. Ia bisa menghidupkan peradaban yang telah mati, menyadarkan manusia yang lama tersesat, membangkitkan semangat hidup yang kian lama meredup, semua bisa hidup karenanya. Lantas, apakah Tuhan akan mengabaikannya?

BACA JUGA:

Itulah blogger. Memahami “Apa itu blogger” tidak sama dengan memahami 5 + 5 hasilnya berapa? Tapi memahami “Apa itu blogger” sama halnya memahami 10 itu berapa tambah berapa?

Menurutmu, Apa itu Blogger?

Krink, krink, krink,,,!!!

Baru saya menuangkan “Apa itu Blogger?”, eh ada yang WhatsApp lagi. Nomornya sih tak dikenal, tapi tak apalah baca saja, mungkin ada yang penting.

Walah, ada yang ngajak ngobrol nih, begini pesannya, “Mas pendidikannya apa?” Hahahaha, seketika tertawa juga ternyata.

Dengan sedikit tertawa, kubalas pesannya, “Saya hanya mahasiswa filsafat, kenapa?” Baru saja tiga kali nafas, dia langsung membalas pesan saya begitu cepat.

“Serius mas? Wah makanya tulisannya bagus-bagus. Bagaimana sih mas caranya menulis seperti itu?” Balasnya.

Wah, kalau pertanyaan ini sih mahal banget. Bukan perkara saya tidak mau berbagi tips dan trik menulis, saya sih mau mau saja.

Tapi ini soal resep pribadi, jadi gimana ya. Ya bisa diibaratkan seperti tuan Krabs dalam film SpongeBob. Ia akan menjaga ketat resep Krabby Patty dari perburuannya Plankton.

Tapi kalau saya tidak membagikannya, nanti saya dikira pelit. Tapi kalau dibagikan, nanti rahasia saya terbongkar.

Oke deh, saya akan bagikan bagaimana menulis reflektif, cara menyisipkan ide pokok disetiap paragraf, membuat tulisan 1500 kata yang padat akan makna, alias tidak hambar, dan juga bagaimana menemukan ide tulisan disetiap apa yang kita lihat.

Saya balas dulu ya chatnya 🙂 Dari pada kepoo atau rempong, mending langsung ikut Ngaji Blogger Bareng ajh ya,,di tunggu 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here