Bersama UNTAN Membangun Negeri Yang Cerdas dan Berkualitas

Bersama UNTAN Membangun Negeri Yang Cerdas dan Berkualitas

Bersmaa UNTAN Membangun Negeri – Setiap perguruan tinggi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membangun negeri, ada berbagai cara untuk mendapatkan dan berpartisipasinya yaitu dengan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan kompeten dalam negeri ini.

Bersama UNTAN Membangun Negeri Yang Cerdas dan Berkualitas
Sumber : https://katailmu.com

Selanjutnya untuk mengembangkan sumber daya manusia tersebut yaitu dengan salah satu cara melalui pendidikan tinggi pada perguruan tinggi, tidak asing bukan dalam mendengar kata “Perguruan Tinggi” ? iya tentu tidaklah, yang lebih sering di kenal dengan kampus dan mahasiswa.

Dikutip dari laman resmi Kemenkeu (http://www.jdih.kemenkeu.go.id/) Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tentang Pendidikan Tinggi :

  • Pada Pasal 1 ayat (1) berbunyi “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara”
  • Pada Pasal 1 ayat (2) dengan bunyi “Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia”.
  • Dan sedangkan dalam Pasal 1 ayat (6) berbunyi “Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi”

Sedangkan Pendidikan Tinggi Bertujuan untuk membangun negeri seperti yang telah di tuliskan dalam UU RI Nomor 12 tentang pendidikan Tinggi :

  • Pasal 5 ayat (a) berbunyi, “berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.”
  • Dan Pasal 51 ayat (1) dengan bunyi, “Pendidikan Tinggi yang bermutu merupakan Pendidikan Tinggi yang menghasilkan lulusan yang mampu secara aktif mengembangkan potensinya dan menghasilkan Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi yang berguna bagi Masyarakat, bangsa, dan negara.”
Baca Juga :  Ini Dia  Fitur QR Code dan Clik & Collect Blibli.com Yang Bakal Bikin Produk Kamu Melejit

Nah itulah maksud dan tujuan pendidikan tinggi dalam berpartisipasi membangun negeri dengan mengadakan peluang bagi SDM untuk menempuh pendidikan tertinggi supaya memiliki kemampuan dan mengembangkan bakatnya.

Perjalanan UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri Yang Cerdas dan Berkualitas

Universitas Tanjungpura atau disingkat sebagai Untan merupakan universitas negeri di kota Pontianak, Indonesia. Lokasi kampus UNTAN berada di kota Pontianak serta dengan mudah dapat dikenali dari adanya Tugu Digulis yang berada di muka kampus. Tugu Digulis ini dikenal pun sebagai Bundaran UNTAN.

UNTAN berdiri pada 10 Mei 1959 dan didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama perguruan Swasta Universitas Daya Nasional, dan untuk melihat lebih lengkapnya bisa klik link berikut : http://www.untan.ac.id/sejarah-universitas-tanjungpura/

Sekilas Universitas Tanjungpura (UNTAN) :

Baca Juga :  Akan Rindunya Tadarus di Pondok Pesantren

Latar Belakang UNTAN

Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta. Pendiri lembaga itu merupakan tokoh-tokoh politik serta pemuka masyarakat Kalimantan Barat. pas berdiri universitas ini memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Hukum serta Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar pada masa-masa itu merupakan para sarjana serta sarjana muda yang terdapat di tempat Kalimantan Barat.

Sejalan dengan situasi politik RI tahun 1965, nama universitas diubah jadi Universitas Dwikora (berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965), sekaligus menandai pembukaan Fakultas Ilmu Sosial serta Ilmu Politik (Fisipol).

Akhirnya nama Universitas Dwikora berganti lagi jadi Universitas Tanjungpura (Untan), berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Nama Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura. Hingga waktu ini, UNTAN memiliki sembilan Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua (S2).

Profil  Universitas Tanjungpura

Logo Universitas Tanjungpura

Logo ini merupakan hasil dari penggabungan antara kreasi hasil sayembara pada tahun 1960 dengan ide panitia dan hasil karya tersebut dijadikan ide utama dalam pembuatan lambang adalah ciptaan E. Soetandy Ardiamidjaja , mahasiswa Fakultas Tata Niaga Universitas Daja Nasional yang dibuat tanggal 10 Mei 1960.

Menurut keterangan Bapak Ismail Hamzah, salah seorang pendiri UNTAN, Lambang serta maknanya tersebut disahkan dalam suatu Sidang Pleno Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gotong Royong Propinsi Kalimantan Barat pada tahun 1961.

Baca Juga :  #CerdasDenganUangmu : Mengatur Kondisi Keuangan ala Full Time Blogger

Bersama UNTAN Membangun Negeri Yang Cerdas dan BerkualitasSetiap logo atau lambang pasti memiliki yang namanya filosofi-filosofi yang tertera pada gambar tersebut, Begitupun dengn Logo UNTAN  memiliki  filosofi nya. Selengkapnya bisa baca di tautan berikut

Visi dan Misi UNTAN Membangun Negeri

Setiap Perguruan tinggi atau Universitas (pendidikan tinggi) sudah tentu pasti memiliki Visi dan misi dan tujuan untuk menciptakan dan memperoleh para mahaiswa yang kompeten serta memiliki kemampuan dalam ikut serta membangun negeri.

Berikut saya salin pada laman situs UNTAN : Visi, Misi dan Tujuan Universitas Tanjungpura

  • Visi Untan : “Pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.”
  • Misi Untan : “Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing”.
  • Tujuan Untan : “ Dalam tahun 2015-2019 seluruh kegiatan Untan ditujukan untuk membangun Untan sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing Untan dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU)”.

Fasilitas Universitas Tanjungpura (UNTAN)

 

Akademik dan Fakultas UNTAN

Bersama UNTAN Membangun Negeri Yang Cerdas dan Berkualitas
https://www.pontianak.web.id

Pendaftaran dan Biaya Administrasi UNTAN

Sumber Referensi:

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *