Gaya Hidup Travel

Pengalaman Liburan Berburu Kuliner Legendaris Di Kota Istimewa

Daerah Istimewa Jogjakarta merupakan salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi oelh wisatawan local maupun wisatawan turist dari berbagai Negara. Jogja selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi dan selain dikenal dengan sebutan kota pelajar, Jogja juga menawarkan banyak tempat wisata  Mulai dari tempat bersejarah, budaya, alam, hingga kulinernya yang khas.

Berburu Kuliner Legendaris Di Kota Istimewa

Wisata-wisata baru tidak pernah berhenti memanjakan para pelancong. Salah satu yang wajib dijelajahi saat kamu bertandang ke kota wisata ini adalah tempat wisata kuliner di Jogja. Saat berkunjung ke suatu tempat tidak akan lengkap jika kamu tidak mencoba makanan khas atau makanan legendaris dari kota tersebut.

Berikut beberapa daftar wisata kuliner di jogja yang membuat saya penasaran untuk mengunjungi kota istimewa, orang-orang bilang sih begitu.

Tempat Wisata Kuliner Gudeg di Jogja

Berburu Kuliner Legendaris Di Kota Istimewa

Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam. Gudeng berwarna kecokelatan karena biasanya dimasak bersamaan dengan daun jati.

Kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi berburu wisata kuliner di joga, ada 3 tempat kuliner Gudeg di jogja yang harus di kunjungi dan dinikmati, yang pasti di joga wisata kuliner gudeg bukan 3 tempat saja melainkan banyak sekali. Berikut informasi ketiga tempat tersebut.

Pertama Jika kamu penggemar kuliner malam, Gudeg Bromo Bu Tekluk dapat kamu sambangi saat berada di Jogja. Gudeg bromo ini sudah ada sejak tahun 1984 lho!

Gudeg Bromo ini menyajikan gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam. Yang menariknya lagi, jika biasanya sambal krecek terbuat dari daging sapi, di Gudeg Bromo Bu Tekluk ini sambal krecek diolah dari kulit daging kerbau sehingga tidak mudah hancur saat dimasak.

Gudeg Bromo Bu Tekluk tidak pernah sepi pembeli. Banyak pengunjung yang harus rela antri atau datang lebih awal untuk menikmati gudeg legendaris ini. Gudeg Bromo buka dari pukul 11 malam sampai habis, biasanya hingga pukul 5 dini hari.

Jika kamu penasaran dengan cita rasa gudeg ini kamu dapat langsung datang ke Gudeg Bromo Bu Tekluk di Jl. Affandi No. 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Kamu cukup menyiapkan kocek mulai dari Rp20.000 untuk menikmati kelezatan gudeg ini.

Nah Kedua, jika kamu bukan anak malam, kamu tetap dapat menyantap gudeg yang tidak kalah lezatnya. Gudeg Yu Djum sudah terkenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Bahkan Gudeg Yu Djum sudah memiliki cabang di beberapa titik kota Jogja.

Gudeg Yu Djum dirintis oleh Alm. Djuwariah yang biasa dipanggil Yu Djum sejak 1950 silam. Pusat dari Gudeg Yu Djum terletidak di Wijilan. Gudeg ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan aman untuk dibawa pulang.

Ketiga yaitu wisata kuliner Gudeg mbah Lindu merupakan salah satu gudeg legendaris di Indonesia. Penjualnya, yaitu Mbah Lindu sudah menjajakan gudeg sejak masa penjajahan. Uniknya, Mbah Lindu saat ini sudah berusia 100 tahun. Gudeg Mbah Lindu dapat kamu nikmati mulai dari jam 5 pagi hingga setengah 11 siang.

Tempat Wisata Kuliner Sate Klatak di Jogja

Berburu Kuliner Legendaris Di Kota Istimewa

Sate Klatidak merupakan salah satu kuliner khas dari Jogja. Sate ini tidak jauh berbeda dari sate kambing pada umumnya. Namun, tidak seperti sate pada biasanya yang ditusuk menggunakan bambu, tusukan sate klatidak ini menggunakan jeruji besi dari velg sepeda.

Pertama wisata kuliner Sate Klatidak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, No.7, Wonokromo, Jogja. Sate Klatidak Pak Pong juga terkenal dengan murahnya, cuma Rp 12.000 saja. Seperti tempat wisata kuliner di Jogja lainnya, Sate Klatidak Pak Pong juga tidak pernah sepi pembeli, jadi kamu harus sabar menunggu pesananmu, ya. Sate Klatidak Pak Pong ini buka pukul 9 pagi hingga 11.30 malam.

Kedua Masih di wilayah Wonokromo, Sate Klatidak Pak Bari merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang cukup terkenal. Apalagi saat tempat ini dijadikan salah satu destinasi yang dikunjungi Cinta dan Rangga di film AADC 2, katanya sih begitu.

Sate Klatidak Pak Bari tidak terlalu jauh dan terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul,Yogyakarta. Sate Klatidak Pak Bari buka pada pukuk 06.30 sore hingga pukul 1 pagi hari.

Kuliner di Jogja umumnya dipengaruhi oleh masakan Jawa. terlepas dari itu, kuliner Jogja memiliki cita rasa khas yang tidak diragukan lagi kenikmatannya. Banyak tempat wisata kuliner di Jogja yang menjadi tujuan para wisatawan untuk memanjakan lidahnya dan tempat wisata kuliner di Jogja ini bahkan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Ada tempat wisata kuliner di Jogja yang hanya dapat dinikmati pada malam hari namun ada pula yang hadir di pagi dan siang hari. Semuanya menawarkan daya tarik untuk membuatmu selalu ingin kembali ke Jogja.

 

Semua itu berawal dari sini, Lanjut baca ya cerita pengalaman saya….

Liburan sih enaknya liburan ya! Tempat menarik mana yang patut untuk dikunjungi di akhir pekan? Aha, Jogja jawabannya. Perjalanan kali ini saya awali dengan membeli tiket pesawat Jakarta Jogja dari Pegipegi.

Pilihan untuk liburan ke Jogja bukan tanpa alasan. Siapa sih yang tidak kenal dengan Jogja? Kendati wilayahnya tidak cukup luas, tetapi Jogja ini biangnya tempat wisata. Semuanya ada. Jadi tidak berlebihan dong bila Jogja dianggap istimewa.

Selain itu, untuk menuju ke Jogja dari Jakarta, tidak dibutuhkan waktu lama. Cukup 50 menit saja maka sudah sampai ke tempat tujuan. Turun di Bandara Adi Soetjipto lalu melenggang ke tempat sesuai keinginan. Asyik kan?

Beli Tiket Pesawat Jakarta Jogja

Jadwal penerbangan dari Jakarta ke Jogja cukup banyak. Kota ini sangat ramai meski tidak terlalu besar. Bahkan boleh dibilang, Jogja ini lebih lekat dengan Jawa Tengah ketimbang ibukotanya, yakni Semarang.

Orang-orang di sekitar area Jawa Tengah jauh lebih akrab dengan Jogja. Terlebih berbagai daerah di karesidenan Surakarta. Alhasil berbagai kegiatan penting diadakan di Jogja. Tidak heran bila lokasi ini selalu ramai.

Perjalanan kali ini saya lakukan untuk liburan. Untuk menempuh ke daerah pantai pun cukup mudah. Tinggal turun di bandara lalu mencari kendaraan umum. Atau bisa juga mengakses taksi online yang sudah sangat menjamur bak kacang goreng.

Nah, saya membeli tiket pesawat Jakarta Jogja lewat Pegipegi. Mengapa saya memilih Pegipegi? Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Kamu sebagai pengguna baru pun pasti akan sangat mudah mengerti.

Terlebih ketika kamu berkantong pas-pasan macam saya, maka Pegipegi adalah aplikasi paling pas. Banyak sekali promo yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, berbagai jenis pesawat telah bekerja sama dengan Pegipegi. Kamu bisa menikmati banyak pilihan pesawat dengan beragam tariff sesuai kemampuan.

Hujan Promo di Pegipegi

Selain untuk membeli tiket pesawat Jakarta Jogja, kamu pun bisa membeli beraneka kebutuhan lain. Kamu bisa booking hotel, tiket kereta api, membayar token listrik, dan berbagai keperluan lain.

Harga yang tertera bila kamu lihat sering lebih rendah dibanding provider lain. Itu dikarenakan Pegipegi sering memberi promo. Jadi kamu harus sering memantau perkembangan tiket promonya.

Dari Pegipegi, saya mampu menemukan tiket pesawat termurah langsung untuk pulang pergi. Kalau booking sejak awal, saya bisa beruntung mendapatkan harga terbaik. Bisa lebih hemat kan!

Anggarannya nanti bisa digunakan untuk liburan dan membeli oleh-oleh di Jogja. Pasti sangat asyik sekali. Jadi saya merekomendasikan untuk membeli tiket pesawat, booking hotel, atau beli tiket kereta api di Pegipegi saja.

Usai menikmati perjalanan di Jogja, saya pun kembali ke Jakarta dengan tiket yang sudah saya beli di awal. Untungnya pesawat tidak delay, sehingga saya bisa pulang tepat waktu. Perjalanan saya tidak selancar ini bila saya tidak membeli tiket pesawat Jakarta Jogja di Pegipegi. Kamu harus coba juga!

Demikian cerita pengalaman saya saat liburan ke jogja karena hanya ingin berburu kuliner legendaries yaitu gudeg dan sate khas jogja yang enak dan mantab sekali. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi bagi kamu yang sedang mencari referensi seputar kuliner di daerah jogja.

Pengalaman Liburan Berburu Kuliner Legendaris Di Kota Istimewa

Daerah Istimewa Jogjakarta merupakan salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi oelh wisatawan local maupun wisatawan turist dari berbagai Negara

Editor's Rating:

Post Comment