Beranda Artikel Belajar Ngeblog Bareng Partai Komunis Indonesia

Belajar Ngeblog Bareng Partai Komunis Indonesia

227
0
BERBAGI

Belajar Ngeblog Bareng Partai Komunis Indonesia – 30 September adalah hari peringatan G30S PKI. Pada hari itu terjadi peristiwa berdarah di Indonesia, yakni pemberontakan oleh partai komunis Indonesia dengan militer serta kaum sipil.

PKI di Indonesia belakangan ini dipandang sebagai ideologi yang harus dimusuhi. Keberadaannya dirasa mengancam kesejahteraan Indonesia, entah karena takut atau fobia komunisme, sampai-sampai siapa yang menyimpan logo PKI harus dijebloskan dalam penjara. ME-NGE-RI-KAN.

Pada kejadian itu memang banyak sekali memakan korban, baik dari golongan yang menentang PKI ataupun dari golongan PKI sendiri. Sungguh 30 September adalah hari yang bersejarah bagi Indonesia, sampai-sampai ada pula warga Indonesia yang berinisiatif memasang bendera setengah tiang di depan rumahnya.

BACA JUGA:

Namun siapa sangka, dari gerakan dan sepak terjang PKI di Indonesia, terdapat poin penting yang bisa kita pelajari selaku blogger Indonesia. Tentu yang saya maksud bukan apa yang mereka lakukan, atau ideologi yang mereka amalkan, bukan. Lantas apa saja? Simak terus ulasannya ya.

Sebelum kita berbicara lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu apa itu ideologi komunisme, agar kita juga paham relevansi antara blogger dan komunisme. Atau dalam kata lain, kita akan paham nilai apa yang bisa kita ambil dari ideologi komunisme bagi para blogger.

Adalah Karl Marx, seorang penggagas ideologi komunisme. Awal kelahiran paham ini bermula pada kondisi sosial saat itu. Marx menjelaskan bahwa latar belakang lahirnya karena ada dua kelas dalam struktur masyarakat. Yakni kaum Borjuis dan kaum Proletar.

Kaum Borjuis adalah mereka pemilik tanah, yakni para big boss. Hampir seluruh kendali ekonomi dipegang oleh mereka. Dengan harta yang mereka miliki, mampu membuat mereka semakin dan semakin kaya. Parahnya, para kaum bawah atau proletar tidak akan di buat kaya oleh mereka, justru mereka semakin jalan di tempat atau semakin miskin.

Sedangkan kaum proletar adalah kaum bawah, kaum buruh. Seluruh biaya dan keberlangsungan hidupnya dibawah naungan kaum Borjuis. Apa yang mereka kerjakan dari pagi sampai malam, hampir mustahil rasanya untuk memperbaiki hidupnya. Sebab, seluruh biaya hidupnya semakin bertambah, tapi apa yang mereka peroleh tetap itu-itu saja.

Sampai pada akhirnya, Syaikh Karl Marx mencetuskan ideologi komunisme. Ideologi komunisme berpaham bahwa untuk membentuk masyarakat yang sejahtera, harus terhindar dari yang namanya kelas-kelas. Alhasil Syaikh Karl Marx pun mengatakan ideologi komunisme menjunjung tinggi nilai masyarakat tanpa kelas. Semua sama rata, tanpa ada skat kelas di antara mereka.

Begitulah sederhananya tentang komunisme, yakni upaya menanamkan nilai masyarakat tanpa kelas. Dari sini ada nilai yang sangat penting bagi seorang blogger, apa itu? Yakni menanamkan jiwa kesetaraan antar sesama blogger. Alias memandang seluruh blogger sama rata sama rasa, atau tanpa kelas.

BACA JUGA:

Secara fakta memang mengatakan ada yang merasa newbie, ada pula yang sudah merasa mastah. Tapi sesungguhnya bukan gelar itu yang kita cari, tapi bagaimana blogger yang cukup pengetahuannya bisa berbagi ilmu kepada blogger yang baru.

Dengan adanya prinsip sama rata sama rasa, harapannya adalah tidak ada yang namanya minder satu sama lain. Semua bisa memahami, tidak menyombongkan diri dan sama-sama bermanfaat. Yang baru bisa semakin pandai, dan yang pandai bisa semakin tambah ilmunya.

Sungguh berbagi adalah suatu yang indah, apalagi berbagi ilmu sesama blogging. Namun sayangnya, sampai detik ini kelas blogger masih ada dan dipergunakan. Seolah yang banyak ilmunya tak mau berteman, berbagi, atau memberi secara cuma-cuma pada pada blogger newbie.

So, mari kita tanamkan nilai masyarakat tanpa kelas yang telah diajarkan Karl Marx dalam dunia blogging, ingat! Hanya di dunia blogging. Semoga dengan ini kesejahteraan blogger samakin terasa, dan Adsanse pun dimana-mana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here