Home | Artikel | Alasan Kenapa Di Pinggir Jalan Raya Tertanam Barisan Pepohonan
barisan pepohonan di pinggir jalan
barisan pepohonan di pinggir jalan

Alasan Kenapa Di Pinggir Jalan Raya Tertanam Barisan Pepohonan

Tinulis ID – Bagi kamu yang sudah tahu jawabannya, setidaknya pandangan kamu terbuka dan setidaknya sadar serta peduli lingkungan. Dan bagi kamu yang belum mengetahuinya, jangan berkecil hati. Siapa tahu kamu yang belum mengetahuinya malah lebih peduli, meskipun kamu tanpa sadar telah memberikan perubahan.

Bertambahnya penyebab polusi udara di jalan raya salah satunya adalah dari setiap pengguna kendaraan. Adalah gas buang karbondioksida serta timbal yang berasal dari emisi gas buang kendaraan. Membuat udara di siang hari makin bertambah panas, kurang baik untuk kesehatan dan pernapasan menjadi terganggu. Jangankan pada siang hari, menumpuknya volume kendaraan di jalan raya saat pagi hari membuat kualitas okesigen berkurang.

Pohon adalah kategori tumbuhan yang merupakan makhluk hidup. Dikatakan makhluk hidup karena mereka dapat tumbuh berkembang, bernapas serta berkembang biak. Tumbuhan bernapas menggunakan stomata atau disebut juga mulut daun. Pada siang hari tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk bernapas, dan mengeluarkan oksigen. Sebaliknya pada malam hari tumbuhan akan menghirup oksigen, dan mengeluarkan karbondioksida.

Pohon Di Jalan Raya Membantu Mengurangi Polusi Udara

Polusi Udara
Polusi Udara / ilmulingkungan.com

Makhluk hidup yang dikendalikan oleh angin ini berperan besar mengurangi polusi udara. Di pinggir atau pada pembatas jalan raya, tak jarang kamu akan melihat barisan pohon-pohon, entah itu pohon yang langsung mengakar pada tanah, atau dalam wadah pot / tong. Jenis pohon yang terdapat di jalan biasanya kurang lebih memiliki tinggi 3 meter. Pohon yang mungkin sering kamu jumpai di sepanjang jalan raya seperti pohon beringin, mahoni, angsana, dan cemara. Setidaknya pohon tersebut lebih banyak persentasenya membantu mengurangi karbondioksida.

Sebagai Tempat Berlindung Dari Sengatan Matahari

sinar matahari
sinar matahari / muslimdaily.net

Ketika kamu melintas di bawah rimbun dedaunannya, saat siang hari yang panas terik. Coba perlambat laju kendaraan atau perlambat langkahmu, saat jangkauannya memayungi kamu. Paling tidak tubuh kamu sedikit lebih terlindungi dari sengatan matahari.

Sebagai Tempat Berteduh Sementara Dari Hujan

hujan
hujan / www.muslimarket.com

Kamu yang sedang mengendarai motor, dan tiba-tiba turun hujan. Kamu yang belum sempat mencari tempat berteduh, harus menepi saat itu juga untuk memakai jas hujan misalnya, unutk melanjutkan perjalananmu. Kamu bisa menepi dan berteduh sementara di bawah pohon, tapi ingat hanya untuk sementara yah. Ketika kamu sudah mengenakan jas hujan, lanjutkan perjalanan kamu jika memungkinkan atau cari tempat berteduh yang lain semacam teras toko.

Mengurangi Stress Akibat Kemacetan

macet
macet / thejak.co

Ketika kamu dalam perjalanan,  kemacetan menjadi hal yang paling sangat menjengkelkan. Dengan melihat warna pohon yang hijau, mungkin bisa menenagkan pikiran kamu.

Ayo, coba terapkan dalam kehidupan kamu. Minimal dari hal yang terkecil disekitarmu, kamu dapat menanam pohon pada pot kecil misalnya. Semakin banyak Pohon yang kamu tanam di pot kecil itu, akan menjadi salah satu penyelamat lingkungan nantinya.

 

 

About Arif Rahmanto

2 comments

  1. Pohon dapat memberikan udara segar. Selain itu sebagai tempat berteduh di bawahnya. Seharusnya lindungilah pohon.
    Sewaktu kecil saya lebih suka berbaring di bawah pohon saat siang hari karena sejuk dan segar.

    • Bener banget mbak Azmi.
      Di rumah saya bahkan pohon rambutan dibiarkan menjalar hingga teras atas.
      Yah, Meskipun dedaunannya membuat kotor teras. Namun dengan adanya pohon tersebut, teras rumah menjadi sejuk dan terlindungi dari sengatan matahari langsung.