BERBAGI

Banyak Jalan Bermain Blogger – Memutuskan menjadi seorang Blogger tak ubahnya ia mendaki gunung. Perlu ada persiapan dan perbekalan yang cukup. Karenanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat berproses, perlu adanya antisipasi. Berikut adalah 3 persiapan yang perlu dipahami calon Blogger Holic.

#1 Banyak Jalan Bermain Blogger

Blogger tanpa menulis bagaikan sayur tanpa garam. Menulis menjadi salah satu syarat wajib seorang blogger. Menulis juga merupakan komponen utama seorang blogger dalam meniti karirnya. Dengan menulis pula, seorang blogger bisa disebut sebagai blogger.

Kebalikannya, tanpa menulis blogger bagaikan sayur tanpa garam. Tanpa menulis seorang blogger nampak tak memakai baju, alias telanjang. Tanpa menulis pula seorang blogger masih dipertanyakan kebloggerannya. Lantas bagaimana seharusnya blogger menyikapi dunia tulis menulis?

Pada faktanya tidak semua blogger hobi dalam menuangkan gagasan dalam bentuk karya tulis. Ada yang lebih senang bermain SEO, ada juga yang hanya sekedar mengkoleksi gambar pribadi. Sejak awal kelahiran blogger, pluralitas pola blogging sudah ada. Karenanya kemunculan istilah Niche Blogger adalah manifestasi dari keberagaman blogger itu sendiri.

Keberagaman blogger bukan menjadi suatu pemetaan tersendiri di dunia blogging, namun justru semakin memperkaya kesenian blogger. Lahirnya ide-ide baru dalam dunia blogger lebih memberikan fasilitas bagi seorang blogger pemula. Bila pola satu kurang cocok bagi dirinya, maka bisa juga mencoba pola-pola yang lain.

Penyakit bagi blogger pemula adalah dibingungkannya dengan konsep blogger yang akan dibuatnya nanti. Apakah ia akan membuat blogger yang bersifat portal, tutorial atau hanya curahan hati, alias gado-gado. Fenomena semacam ini adalah persoalan yang lumrah, namun kini hal itu telah terjawab dengan adanya ide-ide baru yang di gagas cerdas oleh blogger lainnya.

Kelahiran blogger sejenis 5COG, Halo Blogger, Fakta Unik Dunia dan lainnya adalah gaya baru dari pola blogging. Kecenderungan memainkan gambar dengan selipan informasi juga bisa dikatakan sebagai terobosan dalam memangkas kemalasan membaca. Saya sendiri mengira ini adalah salah satu jalan untuk menjawab para penikmat blogger yang malas akan membaca, maka lahirlah Halo Blogger dan kawan-kawannya.

Selain permainan gambar, kini lahir pula niche blogger yang bersifat Quote. Memang blogger quote tidak jauh beda dengan 5COG dan sekawannya, tapi pada pola ini blogger harus lebih mengutamakan kedalaman quote dan pemaparan yang disampaikan. Bila 5COG lebih cenderung ke informatif, maka blogger quote lebih ke arah peformatif.

Sebetulnya banyak sekali permainan blogger yang sudah dijalankan sekarang, baik itu pola gambar, quote, tutorial, ulas tuntas, portal, sampai juga gado-gado. Sekali lagi perlu ditekankan, pluralitas blogger bukan menjadikan dunia blogger semakin terpetakan, tapi justru memperkaya, memperindah dan memfasilitasi.

Lalu ada pertanyaan muncul, jika demikian lalu bagaimana fungsi menulis bagi seorang blogger yang sejak awal sudah diidentikkan? Pada awalnya memang blog lebih digunakan hanya untuk sekedar menulis dan berbagi informasi.

Dan fakta lapangan sampai saat ini pun tetap sama, yakni berbagi informasi. Yang membedakan antara dulu dengan sekarang hanyalah konsep dan pola permainannya saja.

Bila seorang blogger tidak begitu hobi dengan tulis menulis, maka permainan gambar juga bisa di coba. Bila seorang blogger kurang mampu bermain tulisan dan gambar, maka bermainlah di pola quote. Bila ketiganya semua tidak bisa, mungkin gado-gado adalah jalan terbaik untuknya.

So, pesan terbaik untuk blogger pemula adalah fokuslah pada satu pola dan permainan blogger yang dikuasai. Jika kalian seorang matematik, maka bermainlah di pola quote blogger. Jika kalian seorang komunikator, bermainlah di pola reflektif. Banyak jalan menuju Roma, banyak pula permainan blogger yang bisa dijalankan. Maka, bermainlah!

BACA JUGA:

2# Permainan Kedalaman dan Keluasan Blogger

Pertama kali terjun bebas ke dunia blogger adalah sesuatu yang mulia. Sebab ini sama nilainya dengan mendeklarasikan diri sebagai penyampai informasi. Bila informasi yang disampaikannya bermanfaat dan mampu menggerakkan orang lain, maka baginya adalah kebaikan. Dan disinilah mengapa mendeklarasikan diri sebagai seorang blogger adalah hal yang mulia.

Perlu di ingat, untuk menerjunkan diri sebagai blogger juga perlu persiapan yang matang. Bukan terjun bebas tanpa ada persiapan dan kematangan. Persiapan yang dimaksud adalah tujuan dan seperangkat permainan blogger yang akan dijalankannya nanti. Baik dari segi niche, konsep dan lain-lainnya.

Persiapan dan kesiapan diri adalah dua hal yang wajib untuk diketahui. Semua hal tanpa adanya persiapan dan kesiapan hasilnya tidak akan maksimal. Dengan adanya persiapan dan kesiapan, harapan awalnya adalah perjalanannya sebagai seorang blogger bisa lebih lancar dan terhindar dari masalah yang tak terduga.

Lantas persiapan apa saja yang harus dilakukan? Ibarat seorang pendaki gunung, sebelum berangkat ia sudah harus menyiapkan bekal berupa tenda, bekal konsumsi, obat-obatan, pakaian, alat masak dan beberapa lainnya.

Menjadi seorang blogger persiapan utama yang harus dilakukan adalah antara kedalaman dan keluasan. Penentuan kedalam dan keluasan adalah hal yang bersifat subtansial, karena pada dasarnya menjadi seorang blogger sama halnya menjadi penyampai informasi. Maka hal wajib sebelum berangkat adalah memilih antara penyampai informasi yang meluas atau mendalam.

Keluasan dan kedalaman blogger menjadi hal yang esensil. Keluasan informasi yang diberikan akan memberikan kekayaan warna tersendiri bagi blogger. Keaktualan dalam penyajian, serta validitas informasi adalah pemacu kesuksesan jika seorang blogger lebih memilih keluasan di banding dengan kedalaman.

Sistematis, detail dan mudah dipahami adalah sejumlah perangkat utama bilamana seorang blogger memilih kedalaman. Gagasan yang bagus, terobosan yang hebat akan lebih sesuai jika disampaikan dengan konsep kedalaman. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan, tinggal bagaimana kita memainkannya saja.

Lantas mana yang harus di pilih untuk blogger pemula? Kedua-duanya bebas untuk di pilih. Tapi ada baiknya tolak ukur bukan ditujukan pada konsep blog yang akan di buat nanti. Tapi tolak ukur kesuksesan blogger adalah pada diri kita sendiri.

Bercerminlah apa yang menjadi kelebihan kita, baik diri segi intelektual, emosional dan bakat. Kecenderungan kita mengarah kemana, itulah yang akan mengantarkan kita menjadi blogger yang profesional. Mengenai keluasan dan kedalam adalah langkah selanjutnya setelah kita mampu menjawab ‘niche apa yang akan kita ambil’.

Barulah selanjutnya keluasan dan kedalam blogger bisa ditentukan. Bagi blogger yang menempuh jalan niche reflektif semacam saya, sudah barang tentu akan lebih memilih kedalaman di banding keluasan. Sebab secara esensial, konten reflektif lebih mengacu pada tersampainya ide dan gagasan. Karenanya dengan kedalaman konten, harapan besarnya adalah ide dan gagasan yang disajikan mampu dipahami dengan baik oleh pembaca.

Persoalan keluasan dan kedalaman blogger bersifat kondisional, bukan berubah-ubah. Maksud saya adalah keluasan dan kedalaman blogger bisa ditentukan setelah kita menentukan niche blogger yang akan dijalani. Dan hal ini tidak berubah-ubah, artinya bahwa setelah kita memilih antara keluasan dan kedalaman, kita tidak perlu banting setir alias berubah dari keluasan menuju kedalaman.

Perubahan arah fokus sama nilainya dengan perubahan kualitas. Yang pada mulanya memilih menjadi blogger reflektif, lalu pindah hati ke blogger portal, maka hasilnya akan acak-acakan. Merubah haluan yang bersifat subtansial akan menjadi hal yang berbahaya. Ini juga akan mempengaruhi pembaca setia kita.

So, saran terbaik bagi seorang blogger pemula adalah tentukan niche blogger yang akan dijalani, selanjutnya sesuaikan mana yang selarasan dengan niche yang sudah dipilih, apakah keluasan atau kedalaman. Dan yang tidak kalah utama setelah menentukan keluasan dan kedalam blogger adalah konsistensi permainan blogger.

BACA JUGA:

3# Konsistensi Permainan Blogger

Seorang pendaki pemula, salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan baik adalah tekat yang kuat. Tekat yang kuat akan menjadi bahan bakar yang utama dalam menghadapi halauan dan rintangan yang akan dihadapinya nanti. Tekat yang kuat pula, yang akan menjadi penyemangat utama ketika sudah terjatuh dalam kelelahan dan keletihan. 

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang pendaki gunung pemula, membulatkan tekat adalah hal yang utama. Tanpa itu, sudah bisa dipastikan seorang pendaki pemula akan jatuh dan menyerah ketika menghadapi beberapa rintangan saja.

Seorang blogger pemula tak ubahnya seperti pendaki gunung pemula. Di butuhkan tekat dan konsistensi dalam belajar dan menyampaikan. Tidak perlu di ukur kapan seorang blogger berada pada titik kejenuhan, karena setiap blogger pasti mengalami itu semua di titik yang tak di sangka-sangka. Jika seorang pendaki rintangannya adalah tebing yang licin dan cumar, maka rintangan bagi seorang blogger adalah rasa malas, jenuh, bosan serta putus asa karena blognya sepi dari pengunjung.

Hanya dengan tekat yang bulat serta konsistensi, rasa malas, bosan dan bahkan putus asa pun akan bisa diatasi. Malasnya diri ketika harus mencari ide sebelum menyajikan konten adalah sebab pertama kenapa blog sepi dari pengunjung. Tidak sedikit pula dari kita yang berangkat dari rasa malas dalam mencari ide atau gagasan, akhirnya konten hoak adalah jalan tercela yang ia tempuh.

Atau bisa saja ketika harus di sergap oleh rasa bosan dengan hasil blog yang segti-segitu saja, akhirnya keputusan yang adalah mengubah niche blog. Yang mulanya berniche motivasi, kini harus di ubah dengan informasi fakta. Sikap semacam ini adalah rintangan yang akan dihadapi seorang blogger. So, langkah yang terbaik adalah persiapkan diri dengan tekat yang bulat serta konsistensi diri sebelum terjun bebas ke dunia blogger.

Tidak bisa dipungkiri juga, ketika seorang blogger pemula dihinggapi rasa malas dan bosan dan akhirnya ia merubah tampilan, pola, konsep dan niche blogger yang sudah ia jalani. Saya sendiri pun juga pernah melakukan hal yang sama. Namun bedanya, saya akan cepat-cepat move on dari rasa malas dan bosan itu dengan segenap kegiatan yang mampu membangkitkan rasa semangat saya dalam ngeblog, bukan malah berlama-lama dalam kemalasan dan kebosanan.

Konsistensi bagi blogger pemula menjadi formula yang berkasiat dalam menghadapi setiap situasi dan kondisi. Konsistensi juga merupakan perangkat utama dalam mewujudkan impian atau goal yang akan diwujudkan. Karena konsistensi mengajak kita untuk terus dan terus mengasah apa yang sudah kita tekuni, terutama dalam hal blogger.

Misalnya saja ketika seorang blogger pemula memilih niche food blogger. Berkat pengalaman dan analisanya selama menjadi food blogger, bukan hal yang mustahil ia akan menjadi analisis kuliner yang baik. Bisa dikatakan pula, tidak ada yang mustahil jika ia diiringi dengan konsistensi. Apa pun impian yang dicapai, pasti akan terwujud jika selalu konsistensi.

So, saran terbaiknya selanjut untuk blogger pemula adalah pegang teguh sikap konsistensi dalam membangun dan mengembangan sebuah blog. Tetap pada prinsip pertama dan utama.

2 KOMENTAR

  1. Aku agak susah sih mas buat konsisten. karena blogku temanya traveling, kalau pas g lagi main kayanya susah buat konten. pernah dulu pengen konsisten seminggu minimal update 2x, tapi sampai skrg cuma bisa seminggu sekali. itu pun kadang 10 haru baru update. hehe .. mohon bimbingannya dong, dan mohon arahan serta saran yg membangun buat blog ane mas.. pengen banget konsisten ngeblog dengan konten yg banyak

    • Mas? Hehehey, lupa manggil atau gmna ya 🙂
      Kalau untuk trevel, sebenernya gak seberat itu si mas. Kalau mas metodenya seperti itu, pasti akan mengeluarkan banyak biaya, dan kurang produktif.
      Ada analogi yang cukup bagus mas, “Tidak perlu menyentuh api untuk mengatakan api itu panas”.
      Nah, saran saya sih, ulas secara menarik dan gunakan bahasa khas Mas. Harus ada yang berbeda dari yang lain.
      Lalu dari mana materinya? Banyak jalan menuju Roma mas, bisa dari media yang validitasnya tinggi, dari situs pemerintah atau semisalnya. So pasti, situs pemeritah lebih terpercaya.
      Pilih langkah kreatif saja mas, blogging untuk trevel, bukan trevel untuk blogging 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here