Apakah Yang Dimaksud Dengan Stimulasi Puting Dan Bagaimana Cara Stimulasi Puting?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Stimulasi Puting Dan Bagaimana Cara Stimulasi Puting?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Stimulasi Puting Dan Bagaimana Cara Stimulasi Puting? – Waktu persalinan Anda sudah dekat atau mungkin sudah tiba namun Anda belum mengalami tanda-tanda persalinan? Banyak ibu yang merasa khawatir bila posisi bayi masih belum turun ke jalan lahir. Si Kecil yang ditunggu tidak kunjung lahir, hal ini tentu bisa memicu rasa khawatir, bila hal ini terjadi, ibu mulai memikirkan tentang berbagai hal yang dapat mempercepat persalinan.

Anda mungkin mulai mencari berbagai cara untuk menginduksi persalinan secara alami. Salah satunya, menstimulasi puting payudara.

Stimulasi puting payudara merupakan salah satu induksi alami yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses persalinan pada kehamilan sehat. Namun, stimulasi hanya boleh dilakukan bila kondisi bayi sudah siap lahir.

Selain itu, metode ini juga tidak boleh dilakukan oleh semua ibu hamil, terutama oleh ibu hamil yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, preeklampsia, dan diabetes saat hamil.

Baca Juga :  Breast Cancer : Donasi 100 Juta, Bentuk Kepedulian Tupperware Indonesia

Stimulasi puting efektif dalam memicu terjadinya kontraksi. Karena keampuhannya, dikhawatirkan bisa terjadi stimulasi berlebihan saat Bumil mempraktikannya di rumah.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Stimulasi Puting Dan Bagaimana Cara Stimulasi Puting?Mengapa merangsang puting susu dapat memicu terjadinya persalinan?

Banyak orang percaya bahwa menstimulasi puting payudara bisa mempercepat persalinan. Stimulasi pada putting bermanfaat untuk memicu terjadinya kontraksi secara alami. Saat melakukan metode ini, tubuh seakan-akan bereaksi kepada isapan bayi pada puting ibu. Membelai atau memainkan puting susu dapat menstimulasi keluarnya oksitosin dari tubuh Anda.Dilanisr Healthline, menstimulasi putingpayudara bisa membantu pelepasan oksitosin yang bisa memicu kontraksi uterus sehingga membantunya kembali ke ukuran semula seperti sebelum hamil.

Oksitosin merupakan hormon yang berperan dalam mencetuskan persalinan dan membentuk ikatan antara ibu dan anak.
Di sisi lain, banyak wanita dari kelompok kontrol yang membutuhkan tambahan oksitosin untuk menginduksi persalinan, dan sebanyak 8% dari wanita tersebut harus melahirkan dengan metode caesar.

Baca Juga :  NAV Karaoke, Tempat Andalan Nyanyi dengan Tarif Terhemat

Berikut langkah-langkah untuk melakukan stimulasi puting menggunakan jari:

  • Gunakan jari atau telapak tangan lain untuk memijat areola. Pijatan ini dapat dilakukan langsung pada kulit ataupun dilapisi dengan kain tipis.
  • Letakkan telapak tangan di sekitar areola dan lakukan gerakan memutar dengan lembut. Stimulasi puting bisa dilakukan maksimal 3 kali sehari dengan total waktu 60 menit. Tiap sesi stimulasi pada tiap payudara paling lama 15 menit. Lakukan secara bergantian antara payudara kiri dan kanan.
  • Hentikan sementara stimulasi jika di tengah stimulasi terjadi kontraksi.
  • Catat berapa lama kontraksi bertahan dan berapa lama jeda antar kontraksi.
  • Lanjutkan stimulasi saat kontraksi berhenti.

Untuk hasil terbaik, Anda harus menirukan isapan bayi pada puting Anda sebaik mungkin. Anda dapat menggunakan jari-jari atau alat pompa payudara untuk menstimulasi payudara Anda. Jika Anda memiliki buah hati yang sedang menyusui, anak dapat memberikan stimulasi yang baik.

Baca Juga :  Instagram Is Testing Photo Albums, Because Nothing Is Sacred Anymore

Sebuah survei penelitian menanyakan 201 wanita mengenai apakah mereka pernah mencoba menginduksi persalinan secara alami di rumah. Kira-kira setengah dari wanita tersebut menjawab bahwa mereka pernah mencoba setidaknya satu jenis metode induksi persalinan alami seperti memakan makanan pedas atau berhubungan seks.

Walaupun tergolong induksi alami dan terbukti bermanfaat untuk mempercepat persalinan, stimulasi puting bisa membahayakan sebagian ibu hamil dengan kehamilan risiko tinggi. Jika kehamilan Anda berisiko tinggi, stimulasi puting susu mungkin akan berbahaya bagi Anda. Stimulasi puting susu memang memilki beberapa bukti ilmiah yang kuat, namun metode ini juga dapat menjadi berbahaya pada beberapa wanita dengan riwayat medis tertentu.

Jadi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah stimulasi puting aman untuk Bumil.

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *