Aneka Makanan yang Wajib Pada Hari Raya

152
SHARES
1.9k
VIEWS

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, momen Idul Fitri tentu sangat ditunggu-tunggu. Apalagi berbagai aneka makanan yang wajib pada hari raya juga siap memanjakan perut.

Aneka Makanan yang Wajib Pada Hari Raya

Pasti banyak diantara kamu yang merindukan makanan-makanan khas hari raya tersebut. Apalagi jika yang membuatnya adalah orang-orang tercinta. Penasaran makanan apa sajakah itu? Simak ulasan dibawah ini.

BACA DULU:

Ini Dia Aneka Makanan yang Wajib Dihidangkan Pada Hari Raya

1. Ketupat

Bukan lebaran namanya kalo tidak ada ketupat dalam sebuah hidangan. Memang makanan yang berbahan dasar beras ini sudah menjadi salah satu tradisi yang harus ada saat lebaran. Biasanya hidangan yang menjadi teman menyantap ketupat adalah opor ayam.

Makna ketupat sendiri sangat dalam. Anyaman yang dipakai untuk membungkusnya dimaknai sebagai kesalahan manusia karena kerumitannya. Sedangkan bagian dalam ketupat yang berwarna putih dilambangkan sebagai kebersihan hati manusia. Jadi ketupat memang sangat cocok disantap saat hari raya Idul Fitri.

2. Opor Ayam

Selain ketupat, opor ayam merupakan salah satu aneka makanan yang wajib pada hari raya. Berbahan dasar ayam dan santan, racikan dari berbagai macam rempah menambah kenikmatan hidangan yang satu ini. Rasa gurih, asin, dan sedikit manis bakal memanjakan lidah saat mencicipinya.

Nikmat menyantap opor ayam akan semakin terasa saat memakannya bersama dengan ketupat. Bahkan di beberapa daerah, opor ayam disajikan bersama dengan bubuk kacang kedelai sehingga rasanya semakin unik.

3. Rendang

Sebagai salah satu makanan yang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN International pada tahun 2011, rendang memang pantas menjadi aneka makanan yang wajib pada hari raya. Selain rasanya yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, makanan yang berbahan dasar daging sapi ini bisa bertahan 3 bulan tanpa dipanaskan.

Selain rendang daging sapi saat ini banyak terdapat variasi yang memakai bahan dasar daging ayam, bebek, paru dan hati. Rasa pedas rendang dijamin membangkitkan selera makan kamu setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa.

4. Semur

Menu lain yang tidak boleh absen saat lebaran adalah semur. Makanan ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang kurang suka dengan makanan bersantan. Rasanya yang manis dan gurih akan semakin nikmat saat bercampur dengan rasa asam dari tomat. Menyantapnya dengan nasi hangat ditambah sambal, kacang goreng, dan kerupuk dijamin menambah kenikmatannya.

BACA JUGA: 

5. Sambal Goreng Ati

Mungkin kamu bisa dengan mudah menemukan sambal goreng ati dalam menu makanmu sehari-hari. Namun, menu yang satu ini juga bisa menjadi salah satu aneka makanan yang wajib pada hari raya. Sambal goreng ati sangat enak ketika dimakan bersama dengan ketupat dan opor ayam. Rasanya yang pedas bakal berpadu dengan rasa gurih makanan bersantan.

6. Kue Kering Lebaran

Selain beberapa makanan berat diatas, kue kering juga menjadi salah satu menu wajib saat hari raya. Makanan kecil seperti astor, nastar, putri salju, dan kastengel adalah beberapa contoh kue kering yang banyak dijumpai saat lebaran. Selain rasanya yang enak, kue kering menjadi alternatif hidangan untuk tamu-tamu lebaran yang datang silih berganti.

Ulasan tentang aneka makanan yang wajib pada hari raya diatas pasti membuatmu tidak sabar menunggu datangnya lebaran. Selain rasanya yang enak menyantapnya secara bersama-sama akan mempererat tali silaturahmi itu sendiri. Namun, ingat jangan makan terlalu banyak agar kamu terhindar dari masalah kesehatan terutama penyakit yang menyerang perut.

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Member Of Community

Blogger Jakarta

Blogger Jakarta

komunitas sahabat blogger

Mengikuti Kontes Blog

Stimuno untuk Balita

Site Badge

DMCA.com Protection Status
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah