Home | Artikel | BERIKUT AMALAN BAGI KAUM MUSLIM DI BULAN SYA’BAN
amalan di bulan syaban

BERIKUT AMALAN BAGI KAUM MUSLIM DI BULAN SYA’BAN

Tinulis ID – Memberi semangat dan saling mengingatkan dalam kebaikan adalah tugas kita sebagai seorang muslim. Kebaikan yang kita lakukan senantiasa dicatat oleh Malaikat yang bertugas mencatat semua amal kebaikan. Salah satu kebaikan di bulan Sya’ban adalah berpuasa pada pertengahan bulan.

Puasa Ayyamul Bidh (Puasa pertengahan bulan Sya’ban) jatuh pada hari Rabu, Kamis, Jum’at tanggal 13, 14, 15 Sya’ban tahun 1438 H atau 10, 11, 12 Mei 2017 M. Malam nifsyu Sya’ban akan jatuh dihari kamis tanggal 11 Mei 2017 pada malam ke 15 bulan Sya’ban.

Sebagai umat muslim kita perlu menjalankan ibadah sunnah yang di ajarkan oleh Nabi SAW, sebagaimana kecintaaan kita terhadap beliau.

Dari Abu Hurairah RA, Ia berkata, “Kekasihku (yaitu Rasulullah SAW) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkan hingga aku mati: (1)Berpuasa tiga hari setiap bulannya. (2)Mengerjakan shalat Dhuha. (3)Mengerjakan shalat Witir sebelum tidur (HR. Bukhari no. 1178)

Dari Abdullah bin Amr bin Ash, Rasulullah SAW bersabda: “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari no. 1979)

Alangkah baiknya jika setiap aktivitas yang kita lakukan dijadikan sebagai ibadah karena Allah SWT, dan mengharap dijadikan sebagai amal baik timbangan, untuk masuk ke surga kelak.

Berikut adalah anjuran atau amalan yang bisa dilakukan ketika malam nifsyu Sya’ban : Membaca surat Yasin sebanyak tiga (3) kali.

  • Surat Yasin yang pertama dibaca untuk memohon panjang umur dan ketaatan/ ketaqwaan serta dapat istiqomah kepada Alloh SWT.
  • Surat Yasin yang kedua dibaca untuk memohon diluaskan rezeki yang halal dan menolak bala.
  • Surat Yasin yang ketiga dibaca untuk memohon ditetapkan iman dan islam sampai akhir khayat.
  • Berdoa secara khusuk meminta apa saja yang tersirat dalam hati. Karena malam nifsyu Sa’ban adalah malam yang sangat ijabah untuk dikabulkannya semua do’a dan hajat-hajat yang diinginkan.

Demikian penulis bisa sampaikan mengenai Amalan Bagi Kaum Muslim Di bulan Sya’ban , Semoga kita selalu bisa istiqomah dalam beribadah. Melakukan sunnah Rasululloh SAW seperti yang telah tertulis di atas.

About Fajar Pujianto

2 comments

  1. wow sangat bermanfaat gan (y)