Media Informasi Terkini

9 Cara Membuat Film Pendek Untuk Pemula

0 2

9 Cara Membuat Film Pendek Untuk Pemula – Kalau selama ini kamu sudah punya keinginan untuk membuat film pendek, sekarang saatnya kami merealisasikan keinginan dan ide-ide yang kamu punya itu ke dalam karya nyata. Hanya saja biasanya memang memulai sesuatu lebih sulit ketimbang melakukan yang sudah berjalan. Untuk itu, buat kamu yang masih bingung mau muali dari mana? Simak 9 cara membuat film pendek untuk pemul berikut ini.

  1. Siapkan Ide Cerita

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah membuat ide ceritanya. Kalau kamu nggak punya ide cerita, nggak peduli sebagus atau semahal apapun kamera yang kamu punya, film nggak bakal tercipta. Untuk hasil terbaik, pastikan ide cerita itu unik, baru, dan harus original.

  1. Lakukan Riset Awal

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset awal. Riset ini bertujuan untuk mencari tahu latar belakang cerita yang ingin diangkat. Kamu bisa melakukan riset dengan terjuan di lapangan langsung maupun browsing di internet.

  1. Sediakan Peralatan Lengkap
Baca Juga :  #ceritaramadanku 15

Kini saatnya kamu menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Seperti handycam atau kamera video lengkap dengan baterai serta charger-nya. Pastikan juga kamu membawa mikrofon tambahan dan kabel ekstensinya, tripod, dan yang paling penting sejumlah kaset kosong dan cadangannya.

  1. Riset Lapangan

Ketika kamu sudah punya cerita dan sejumlah peralatan pendukung, kamu bisa menentukan lokasi pengambilan gambar untuk melangsungkan shooting. Tapi, sebelum melakukan shooting ada satu hal yang harus kamu lakukan, yaitu melihat kondisi tempat yang bakal dijadikan tempat pengambilan adegan. Kondisi ini harus lo perhatikan karena berhubungan dengan peralatan yang akan dibawa.

  1. Siapkan Alur Cerita Kasar

Kamu harus menentukan siapa saja yang bakal kamu angkat sebagai tokoh. Biasanya, kamu bisa menentukan tokoh tersebut dari hasil riset di lapangan. Setelah itu buatlah alur cerita kasar dari ide tersebut, misalnya keseharian hingga tempat yang biasa dikunjungi tokoh yang dipilih.

  1. Buat Sinopsis
Baca Juga :  Marimas bikin Adem, Tidak bikin Batuk Minuman Favorite Anak Muda Indonesia

Selanjutnya kamu bisa buat sinopsis atau cerita singkat tentang film pendek yang kamu garap, Dari sinopsis ini, kamu bisa menentukan siapa saja yang harus di wawancara, daftar pertanyaan buat setiap wawancara yang bakal lo lakukan, sampai daftar gambar-gambar (footage) yang lo butuhkan di luar wawancara.

  1. Pengambilan Gambar

Kalau semua sudah siap, kamu bisa melangsungkan pengambilan gambar. Dari hasil riset, kamu bakal tahu di mana dan kapan saja orang-orang yang ingin kamu wawancara berada.

  1. Buat Alur Cerita Final

Setelah pengambilan gambar selesai, kamu bisa melanjutkan dengan membuat alur cerita final. Sesuaikan hasil catatan yang kamu punya dengan hasil wawancara. Coba perhatikan, apakah hasil catatan dan hasil wawancara itu sesuai atau ternyata ada bagian yang harus diubah dan bisa dikembangkan ke arah mana.

  1. Edit Hasil Video
Baca Juga :  baju baru

Jika proses pengambilan gambar sudah selesai dan kamu yakin nggak ada yang terlewat, Kamu bisa lanjut dengan mengedit hasil video. Proses editing pastinya penting karena hasil video yang diambil masih dalam bentuk mentah atau terpotong-potong, bahkan mungkin terdapat video yang salah jadi perlu untuk diedit. Nah, tujuan proses editing ini nggak lain adalah untuk menggabungkan part video dan memberi sejumlah efek khusus.

Nah itulah 9 cara membuat film pendek untuk pemula. Lakukan semua dengan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil maksimal. See you

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More