Home / Fakta Menulis / 7 Tips Untuk Menyelesaikan Novelmu

7 Tips Untuk Menyelesaikan Novelmu

Tinulis ID – Selamat alam sahabat , Kamu mulai menulis novel? Mantap gan! Itu langkah pertama. Langkah berikutnya adalah merampungkannya.

Kalau kamu bilang menyelesaikan sebuah novel itu pekerjaan gampang, salut deh buat kamu. Buat penulis-penulis lain yang hanya ‘manusia biasa’ seperti saya ini, yuk simak 7 tips berikut.

 

1. Write what you love
Menulis novel memakan waktu yang lama, kalau kamu memaksakan diri menulis cerita yang tidak menarik buat kamu, rasanya bakal seperti dipaksa membuat pe-er. Selidiki genre dan macam cerita yang kamu sukai, dan tulislah cerita semacam itu.

 

2. Fall in love with your characters
Tokoh-tokoh ciptaan kamu bakal menjadi sahabat kamu selama berbulan-bulan. Kalau kamu ngga peduli apa yang terjadi sama mereka, bagaimana kamu bisa menuliskan cerita mereka?

 

3. Choose the things you are passionate about
Kamu trenyuh mendengar perjuangan seorang bocah untuk bersekolah? Tergerak mendengar suka-duka teman kamu menjalin long-distance relationship? Atau, kamu hobi banget main basket? Masukkan elemen-elemen tersebut ke dalam cerita kamu, dengan sendirinya kamu akan menggebu-gebu dalam mempenakan novel itu.

 

4. Know how it ends
Bagaimana akhir ceritamu? Kalau kamu menulis romance, apakah si cewek dan cowok berakhir bersama, bagaimana/kenapa? Kalau kamu menulis misteri, petunjuk apa yang membuat sang detektif bisa menyelesaikan perkara itu, dan bagaimana si penjahat tertangkap? Kalau kita tahu di mana garis finish-nya, akan lebih mudah mengarahkan cerita tersebut ke sana.

 

5. Outline
Membuat outline memaksa kita mematangkan alur cerita sebelum mulai menulis. Ibarat peta untuk memandu perjalanan, outline mencegah kita berputar-putar dan ‘tersesat’ di dalam rimba cerita. Kalau kekurangan ide adalah masalah kamu, baca artikel tentang Menanggulangi Ide Cerita Macet ini.

 

6. Dicipline
Tanpa disiplin, tak ada pekerjaan yang rampung. Persenjatai diri kamu dengan disiplin dan tekad untuk merampungkan novel ini, apapun yang terjadi.

 

7. Write first, edit later
Revisi dan editing itu penting, tapi kalau kita hanya terpaku pada satu bagian novel dan tidak maju-maju, maka novel itu tak akan selesai. Tuangkan dulu ceritamu, tak peduli bagus maupun jelek, baru pikirkan cara memperbaikinya.

 

Bagaimana dengan kamu? Ada tips-tips lain yang kamu gunakan? Itulah  7 Tips Untuk Menyelesaikan Novelmu, Semoga tips menulis ini bisa bermanfaat.

About Neng Ryh

Check Also

[Buku Digital] Pengalaman Membaca Buku

Judul Buku : Pengalaman Membaca Buku Pertama Jumlah halaman : 79 halaman Genre : Motivasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *