Media Informasi Terkini

6 Kiat Cerdas Ambil Pinjaman dari Fintech Secara Aman

0 85

6 Kiat Cerdas Ambil Pinjaman dari Fintech Secara Aman – Seiring dengan perkembangan teknologi, memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya banyak diantara perusahaan yang merambah bidang bisnisnya secara online. Salah satu diantaranya adalah bidang perbankan, dimana memang tak hanya menawarkan produk pinjaman secara langsung saja, melainkan juga online.

Hal ini ditujukan tak lain untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, sehingga nantinya bisa mendapatkan fasilitas pengajuan kredit secara lebih mudah. Kita mengenalnya dengan istilah perusahaan fintech atau pinjaman online yang belakangan memang cukup populer.

Kiat Cerdas Ambil Pinjaman dari Fintech Secara AmanBahkan jika dilihat sendiri tak hanya ada satu lembaga atau perusahaan yang tawarkan pinjaman berbasis ini, melainkan ada puluhan dengan nama yang berbeda-beda. Kemudahan menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan. Hanya saja juga tidak dapat dipungkiri meskipun mudah untuk mengajukan pinjaman kesana.

Namun belum tentu ada jaminan keamanan juga. Mengingat faktanya banyak sekali diantara debitur yang kecewa setelah ambil pinjaman online. Bukan tanpa alasan, melainkan karena memang nilai suku bunga yang ditawarkannya tinggi, bahkan tak jarang dikenai dengan denda-denda lain, sehingga merugikan pihak debitur.

Baca Juga :  Si Kecil Sudah Waktunya Pemberian MPASI? Ikuti Aturan Pemberian Makanan Tambahan Bayi 6 Bulan Ini

Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut sampai terjadi pada diri Anda bukan. Namun tetap ingin mengajukan pinjaman secara online, tentunya tidak masalah, agar tidak rugi di dalam mengajukan pinjaman online. Maka berikut ini diantaranya ada beberapa tips aman bagi Anda yang ingin ambil pinjaman berbasis online ini, yaitu:

  1. Pastikan untuk memilih aplikasi yang resmi sebelum memutuskan untuk mendownloadnya, sebelum melakukan transaksi pengajuan pinjaman secara online ini tentu hal utama yang harus dilakukan adalah dengan pilah-pilih. Manakah sekiranya aplikasi yang diterbitkan oleh perusahaan yang terpercaya dan juga tidak. Aplikasi tersebut hendaknya juga ada di store resmi untuk menjamin keamanannya.
  2. Pilihlah fintech yang sudah terdaftar OJK, Otoritas Jasa Keuangan atau yang dikenal sebagai OJK ini pada dasarnya termasuk bagian khusus yang mengatur regulasi terkait dengan perusahaan. Termasuk diantaranya adalah fintech ini, jadi hanya fintech yang sudah terdaftar OJK saja yang terjamin kepercayaannya. Mengingat banyak diantara fintech yang masih belum terdaftar dalam OJK, maka ada baiknya dicek terlebih dahulu.
  3. Carilah fintech yang tawarkan bunga rendah, melihat tawaran atau nilai suku bunga pada dasarnya juga termasuk hal penting yang harus dilakukan, dengan alasan Anda nantinya tidak akan merasa dirugikan karena harus membayar uang pinjaman disertai dengan bunga yang tinggi. Untuk itu carilah fintech yang menawarkan nilai bunga tidak lebih dari 30 persen nilai pinjaman.
  4. Catatlah tanggal jatuh tempo pengembalian ketika pinjaman tersebut cair, saat pengajuan pinjaman Anda di approve atau disetujui. Maka yang harus diingat disini adalah Anda memiliki hutang terhadap fintech tersebut. Untuk itu pastikan dalam mencatat tanggal jatuh tempo, sehingga nantinya tidak akan lupa untuk membayarnya.
  5. Pinjamlah uang hanya sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan, jangan terlalu serakah ambil pinjaman dengan jumlah yang besar, karena akan berdampak pada kemampuan dalam melunasi hutang tersebut nantinya.
  6. Pastikan untuk menyiapkan uang sejak gajian Anda tiba, segera sisihkan untuk kepentingan membayar, sehingga tidak ada alasan nantinya pembayaran jadi molor dan Anda juga dikenai dengan denda karena memang belum ada uang yang cukup.
Baca Juga :  5 Arti Mimpi Kesurupan menurut Islam dan Primbon Jawa

Ambil pinjaman online dari fintech yang terpercaya sangatlah penting untuk menjamin keamanan Anda. Jadi Anda juga tetap bisa merasakan manfaat pinjaman tersebut.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More