Media Informasi Terkini

6 Cara Ternak Ayam Kampung Super Paling Berhasil

0 78

6 Cara Ternak Ayam Kampung Super Paling Berhasil – Ayam kampung super lebih unggul dibandingkan dengan ayam kampong biasa. Jenis ayam kampung super ini sangat cocok jika dijadikan sebagai indukan dan dijadikan sebagai bisnis.

Peternak pemula maupun professional memilih untuk beternak ayam satu ini. Hal itu dikarenakan karakteristiknya yang tidak mudah sakit dan hasil panen tidak pernah mengecewakan.

Meski namanya ayam kampung super, untuk bisa menghasilkan ternak yang maksimal tidak bisa instan begitu saja, namun ada beberapa cara yang harus dilakukan peternak supaya hasilnya seperti yang diharapkan. Simak cara ternak ayam kampung super yang bisa dilakukan berikut ini:

Siapkan Kandang

Mengapa kandang ini penting dalam beternak ayam kampung?, hal itu dikarenakan sebelum memulai ternak ayam kampung super kandang ini harus ada dan ideal. Minimal satu minggu sebelum dihuni oleh ayam kandang ini harus bersih dan juga steril.

Baca Juga :  Recanakan Liburan Tahun Baru Ke Tanjung Lesung Bersama Traveloka

Fungsi kandang adalah sebagai tempat tinggal, tempat mengasuh, tempat untuk tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Oleh sebab itu sediakanlah kandang yang ideal untuk ayam kampung super tersebut.

Kandang ayam yang harus diperhatikan ada dua, yang pertama untuk DOC ayam, dan yang kedua untuk ayam kampong dewasa. Untuk membuat bersih dan juga steril caranya adalah membersihkan kandang dengan detergent kemudian jemur sampai kering, setelah kering semprotkan cairan desinfektan.

BACA JUGA : 

Cairan ini  berguna untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang masih melekat di kandang. Jangan membuat kandang terlalu lembap sebab kelembapan yang tinggi tidak bagus untuk perkembangan ayam. Kandang juga harus terkena sinar matahari dengan membujur dari barat ketimur.

Sesuaikan dengan Jumlah Ayam

Cara ternak ayam kampung super selanjutnya adalah sesuaikan dengan jumlah ayam yang akan diternakkan. Usahakan jangan terlalu padat karena kandang yang terlalu padat akan menyebabkan kadar karbon dioksida yang tinggi. Jika sudah begitu hawa di dalam kandang menjadi panas dan ayam menjadi tidak nafsu makan.

Baca Juga :  Bersama UNTAN Membangun Negeri Yang Cerdas dan Berkualitas

DOC Ayam Kampung Super Berkualitas

Bibit ayam kampung super berkualitas sangat penting untuk kelangsungan peternakan ayam. Selama ini masih saja ada anggapan salah tentang bibit ayam kampong ini, misalnya menganggap semua bibit ayam kampong itu sama.

Padahal bibit ayam kampong ini terdiri dari beberapa grade, yang berkualitas harganya akan semakin mahal. Yang membedakan berkualitas atau tidaknya bibit ayam kampung dari fisik dan gen ayamkampungitusendiri.

Semakin sempurna fisik ayam dan berkualitas gen ayam kampong itu maka harganya semakin mahal. Bibit ayam kampung super yang bagus dan berkualitas tidak akan mudah terkena penyakit, selain itu lebih tahan terhadap stress. Stress ini akan menyebabkan ayam kampong menjadi tidak nafsu makan yang bisa menjadi sumber penyakit bagi ayam karena nutrisi tidak terpenuhi dengan baik.

Baca Juga :  6 Arti Mimpi Naik Haji menurut Islam dan Primbon Jawa

Pakan dan Minum

Pakan ini sangat penting untuk tumbuh dan kembang ayam. Ayam kampung super harus terpenuhi nutrisinya dengan baik. Peternak ayam kampong harus tahu nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ayam kampung setiap periode.

Tidak hanya pakannya saja namun kebutuhan minumnya pun harus terpenuhi dengan baik. Minuman ini bisa membuat nutrisi pakan bisa terpecah dan terserap secara sempurna kedalam tubuh ayam.

Vitamin

Ayam kampong ini juga membutuhkan vitamin, tujuannya agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Saat musim hujan berbagai macam penyakit akan muncul, saat inilah vitamin dibutuhkan oleh ayam kampung.

Bahan Herbal

Selain vitamin, ayam kampong bisa diberikan bahan herbal supaya lebih energik dan lebih sehat. Bahan herbal ini mudah ditemukan dan terbukti bisa membuat kesehatan ayam kampong menjadi lebih terjaga.

Demikianlah cara beternak ayam kampung super yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More