5 Tanda Bunda Telah Menyukupi Kebutuhan ASI Bayi

5 Tanda Bunda Telah Menyukupi Kebutuhan ASI Bayi

5 Tanda Bunda Telah Menyukupi Kebutuhan ASI Bayi – Sebagian besar ibu, terutama ibu baru sering merasa khawatir tidak bisa mencukupi kebutuhan ASI bayi. Beberapa bahkan sering berpikir jika bayinya sering terbangun dari tidur atau menangis merupakan indikasi ibu tidak menghasilkan cukup ASI untuk memuaskan rasa haus dan lapar bayinya. Padahal ini hanyalah mitos yang harus ditekankan untuk para ibu baru.

Ingatlah bahwa bayi memiliki perut kecil yang hanya dapat menampung sebagian kecil ASI dan akan segera dicerna. Namun, jika bunda masih khawatir tentang produksi ASI yang dhasilkan dan bertanya-tanya apakah bayi sudah mendapatkan cukup ASI atau belum, berikut 5 tanda bunda telah menyukupi kebutuhan ASI bayi yang harus diperhatikan.

1. Payudara

Setiap usai menyusui, payudara akan terasa lebih ringan dan lentur karena bayi baru saja mengosongkan payudara bunda. Tetapi jika merasa payudara masih terasa kencang atau keras, ini bisa berarti bayi tidak bisa melakukan pelekatan dengan cara yang benar untuk mengosongkan payudara, sehingga bunda mengalami pembengkakan payudara. Selain itu, etelah menyusui puting bunda juga harus terlihat memanjang. Secara keseluruhan, ini seharusnya menjadi pengalaman yang bebas rasa sakit. Jika ada jenis nyeri puting atau nyeri payudara setelah menyusui, dapat mengindikasikan bahwa bayi tidak dapat melakukan pelekatan dengan benar untuk mendapatkan ASI yang cukup.

Baca Juga :  Smart Locker POPBOX ASIA Membuat Kamu Bahagia !!

2. Suasana hati bayi

Bayi harus merasa bahagia dan rileks setelah diberi ASI. Jika dia terlalu sering menangis setelah melepaskan diri dari payudara bunda, mungkin dia tidak mendapat cukup ASI atau tidak bisa mengisap dengan baik. Biasanya, bayi yang belum merasa kenyang akan terjaga selama menyusui. Mereka tidak tidur di payudara bunda, yang berarti belum selesai minum susunya. Bunda bisa mendengar apakah dia menelan ASI saat menyusui dengan sempurna atau tidak.

BACA JUGA : 

Baca Juga :  SPIRIT KEHIDUPAN

3. Kulit bayi

Kulit bayi yang kering menunjukkan tanda-tanda terhidrasi. Untuk memeriksanya, bunda dapat dengan lembut mencubit kulit bayi dan melihat apakah kulit yang dicubit segera kembali ke posisi sama secepatnya, atau harus membutuhkan waktu untuk kembali. Jika tidak, itu berarti bayi mengalami dehidrasi dan tidak mendapatkan cukup makanan.

4. Jadwal buang air kecil dan buang air besar bayi

Bayi yang kenyang akan buang air kecil dan buang air besar tanpa banyak kesulitan. Jadi jika bayi bunda setidaknya buang air kecil enam hingga delapan dalam sehari, ini berarti bayi mendapatkan cukup ASI yang membuatnya kenyang dan sehat.Perlu diingat bahwa urine harus terlihat pucat dan tidak berbau atau berwarna kuning keabu-abuan. Jika melihat tanda-tanda ini, bunda akan tahu bahwa bayi cukup diberi makan dan bunda menghasilkan cukup ASI untuk si kecil.

Baca Juga :  Begini Tutorial Membuat NPWP Pribadi Secara Online

5. Kapan bunda harus khawatir

Jika bayi tidak bertambah berat badannya, meratap dan menangis setiap kali menyusui, terlihat pucat dan menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, sedikit buang air kecil, segeralah berbicara dengan dokter anak atau ahli laktasi untuk mendapat bantuan secepatnya.

Itulah 5 tanda bunda telah menyukupi kebituhan ASI bayi yang dapat dijadikan Patoka indikasi. Kenali tanda tersebut untuk meminimalisir resiko gizi buruk pada bayi. Kalau memang asi bunda kurang mencukupi akibat produksi ASI yang memang tidak banyak. bunda bisa mensiasatinya dengan beragam cara. Misalnya bunda mengkonsumsi buah dan sayur untuk menambah produksi ASI atau bisa juga bunda.

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *