Home | Artikel | 5 Hal Berfaedah Yang Bisa Dilakukan Saat Jadi Pengganguran

5 Hal Berfaedah Yang Bisa Dilakukan Saat Jadi Pengganguran

Tinulis ID – Menjadi pengangguran merupakan momok yang menakutkan bagi setiap orang. Apalagi untuk seorang Fresh Graduate. Gimana engga? udah susah payah menempuh pendidikan tinggi dan menghabiskan biaya yang lumayan besar masa gak dapet kerja??? eitss jangan sedih, 5 hal bermanfaat ini bisa kamu lakukan selagi jadi pengangguran!!

1. Me Time

Bagi kamu para alumni mahasiswa kura-kura (kuliah rapat) me time merupakan barang langka. selama jadi mahasiswa selesai kuliah harus berkegiatan lagi, entah itu rapat, latihan, atau pembinaan rutin yang diadakan sama unit kegiatan yang kamu geluti. menjadi pengangguran adalah waktunya istirah dari kegiatan tersebut dan fokus membahagiakan diri kita sendiri.

2. Family Time

Karena jadi penganguran otomatis kamu akan lebih sering di rumah, maka akan sering juga waktu yang kamu habiskan bareng keluarga, terutama orang tua. kuliah dari pagi sampai sore atau harus ninggalin rumah untuk kos, nyatanya sangat menyita waktu kita buat keluarga. Nah! saat jadi pengangguran inilah kamu bisa beriteraksi lebih dekat lagi sama penghuni rumah. Entah dengan anter ibu ke pasar, nonton berita bareng bapak, atau sekedar bercanda bareng adik atau kakak kamu.

3. Fokus Ibadah

Inilah hal penting yang kadang lalai kita lakukan kalau lagi sibuk, beribadah. Bagi kamu yang beragama muslim, menjadi pengangguran bisa dijadikan ajang untuk lebih taat lagi beribadah. Misalnya, kamu bisa sholat tepat waktu. Hal itu yang terkadang kita abaikan karena harus nyelesain pekerjaan atau deadline kantor.  Kamu juga bisa ngaji di rumah atau ikut pengajian yang diadain di komplek kamu, siapa tahu kan selama nganggur bisa khatam 30 Juz :).

4. Mencoba Berwirausaha

Berwirausaha merupakan jalan lain yang bisa kamu tempuh untuk mendapat penghasilan, selain menjadi seorang pegawai kantoran. Berwirausaha tak melulu perlu modal besar, kadang dengan modal ala kadarnya bisa menghasilkan uang yang lumayan. Menjadi reseller produk fashion atau kuliner dan menjualnya di media sosial menjadi salah satu pilihan untuk para pengangguran berkantong tipis, kamu cuma perlu modal handphone dan tentunya kuota serta pulsa.

5. Menambah Ilmu

Waktu luang yang kamu miliki bisa juga dimanfaatkan untuk belajar. Mengambil les bahasa inggris, ikut kursus memasak, atau melanjutkan studi kamu ke jenjang yang lebih tinggi adalah sederetan hal yang bisa menambah keilmuan kamu saat belum mendapat pekerjaan. Kalau kamu belum punya modal untuk ikut kegiatan itu, hal yang paling sederhana untuk menambah keilmuan kita saat nganggur adalah membaca buku. Sempetin kamu membaca setiap hari  walau hanya satu halaman :).

Itulah 5 Hal Berfaedah Yang Bisa Dilakukan Saat Jadi Pengganguran semoga bisa bermanfaat bagi kita semua yang ketika tidaka ada kerjaan, itulah 5 hal yang bisa kita lakukan.

About Dini Astari

Indonesian, 22 years old. a freelance writer.

3 comments

  1. Bermanfaat sekali, ??

  2. Dikutip dari sebuah hadits rosul SAW : ” Sembilan dari 10 pintu rezeki adalah berniaga” .. jadi saya lebih percaya kalau berwira usaha itu lebih menjanjikan daripada jadi karyawan. Kita perlu tau kalau rezeki itu bukan hanya uang saja, melainkan hal lain juga ada seperti kebebasan financial contohnya, kita bebas tidak terikat perusahaan, bebas beribadah, bisa berkumpul dengan orang orang yang kita cintai. Jika sudah banyak ilmu tinggal dikembangin saja tidak harus jadi karyawan di perusahaan. Saya sudah bertahun tahun jadi karyawan malah sudah pengen berhenti supaya bisa lebih khusuk beribadah .