3 Olahan Masakan Ikan

3 Olahan Masakan Ikan

3 Olahan Masakan Ikan – Ikan adalah salah satu hewan yang hidup di perairan yang sering di olah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari olah menjadi ikan bakar, ikan goreng, hingga menu kuah. Terlebih ikan memiliki berbagai macam kadungan bermanfaat untuk tubuh. Untuk sekarang sudah banyak sekali resep masakan ikan yang bisa kamu coba dirumah.

3 Olahan Masakan IkanNah jika kalian ingin mencobanya dirumah artikel ini akan memberikan beberapan masakan ikan yang bisa kalian coba. Berikut diantaranya.

Ikan Kembung Bumbu Kuning

Masak ikan kembung bumbu kuning memang cukupnya banyak peminatnya, nah berikut bahan-bahan yang perlu kalian siapkan untuk membuat ikan kembung bumbu kuning yaitu 1 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 ekor ikan kembung, 3 butir kemiri, 3cm lengkuas, 4cm kunyit, 3cm jahe, 1 lembar daun jeruk, 1 batang sereh, minyak goreng secukupnya, cabe rawit secukupnya, garam secukupnya.

Baca Juga :  Top up Mtix dengan Mudah melalui Aplikasi digibank by DBS

Cara membuatnya adalah langkah awal kalian siapkan wajan lalu panaskan minyak dalam wajan. Kemudian jika minyak sudah panas, goreng ikan kembung hingga matang. Setelah itu kalian haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, lengkuas, jahe, dan garam secukupnya. Jika sudah halus, kalian bisa langsung tumis bumbu hingga setengah matang dan mengeluarkan aroma wangi.

Gurame Asam Manis Pedas

Bahan-bahan utama yang harus disiapkan diantaranya yaitu 1 ekor ikan gurame, 3 buah tomat potong bagi 4, 1 siung bawang putih dihaluskan. ½ sdt garam, ½ merica bubuk, ½ sdt gula pasir, 1 sdt jeruk nipis, minyak goreng secukupnya.

Untuk bumbu saus, diantranya ½ bawang bombai iris panjang, 2 siung bawang putih iris kasar, 2 buah cabai merah potong panjang, 3 sdm saus tomat, ½ sdt garam, ¼ sdt merica bubuk, ½ gula pasir, 1 buah timun iris panjang, 1 buah wortel iris panjang, 1 buah daun bawang, 200ml air, ½ sdt air tepung maizena.

Baca Juga :  OPPO A9 2020, Hadirkan Smartphone 4 Kamera dengan Harga Termurah

Cara membuatnya, pertama kalian lumuri ikan guram dengan bawang putih halus, garam, merica, dan air jeruk nipis, diamkan 10 menit. Lalu, goreng ikan gurame dengan di lumuri bumbu instant terlebih dahulu. Diamkan. Kemudian, tumis bawang bombai, bawang putih, dan cabai. Aduk rate sampai harum. Setelah itu masukkan air dan wortel. Tunggu hingga mendidih dan wortel cukup empuk. Step terakhir masukkan irisan ketimun, tomat, daun bawang, dan larutan tepung maizena. Aduk rata. Surame asam manis pedas pun siap untuk dihidangkan.

Sup Ikan Kakap

Bahan-bahan yang harus kalian siapkan diantaranya adalah 2 ekor ikan kakap, 10 buah belimbing wuluh, 50 gram daun kemangi, 800ml air. Bumbu halusnya adalah 1 sdm garam, 2 batang serai memarkan, 1cm kunyit, 1 buah tomat yang di potong bentuk dadu, 2 lembar daun jeruk, 3 buah cabai merah, 3 butir bawang putih, 2 cm jahe.

Baca Juga :  Inilah Biaya Administrasi KTA BNI untuk Pengajuan Kredit

Cara membuatnya, untuk cara pembuatanya kalian pertama harus memasak air hingga mendidih, kemudian masukkan bumbu halus, daun jeruk, serai dan ikan. Masaklah sampai bumbu meresap ke dalam ikan kakap. Kemudian tambahkan belimbing wuluh, daun kemangi dan tomat. Masak sampai daun kemangi menjadi layu. Jangan lupa untuk di tes terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang kurang, jika ada yang kurang bisa ditambahkan lagi menurut selera yang kalian inginnkan. Dan sup ikan kakap pun siap untuk di sajikan.

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *