Home | Artikel | 3 Langkah Meraih Sukses Ujian

3 Langkah Meraih Sukses Ujian

Tinulis ID – Ujian Sekolah/ Madrasah sebentar lagi akan terlaksana.  Para siswa-siswi baik kelas VI, IX, maupun XII hendaknya sudah mempersiapkan diri sedini mungkin.

Jangan sampai siswa-siswi tersebut bersantai, tanpa persiapan berarti. Mereka sitaknya sudah mulai digenjot dengan latihan-latihan soal ujian.

Bahkan bila perlu mengadakan tryout mandiri. Masing-masing sekolahpun sudah mulai berlatih menghadapi ujian, itu pertanda genderang menuju kesuksesan sudah ditabuh.

Bagi siswa-siswi yang akan menempuh ujian, Ujian Sekolah/ Madrasah  sama dengan ujian hidup dan mati. Hal ini dikarenakan mereka menganggap masa depan bergantung pada ujian ini.

Apabila mereka berhasil dan lulus, masa depan mereka akan semakin terbuka cerah. Akan tetapi, apabila mereka gagal dalam menempuh ujian ini, kehidupan mereka untuk menjadi orang berhasil dan sukses sudahlah tertutup rapat.

Ujian Sekolah/ Madrasah  menjadi momok dan alasan siswa-siswi sekarang mudah stres. Apalagi bagi siswa-siswi setingkat SMA, ujian kali ini menggunakan sistem UNBK (Ujian Sekolah/ Madrasah  Berbasil Komputer). Pada tahun 2017 ini, semua sekolah menggunakan sistem tersebut. Itu merupakan suasa baru bagi sekolah yang pertama menggunakannya.

Dan bukan tidak mungkin, mereka harus lebih siap dalam segala hal. Termasuk mempersiapkan konsentrasi, karena mereka menatap layar monitor dengan cahaya yang merangsek ke mata.

Agar berhasil dalam menghadapi ujian dan tidak stres, berikut ini 3 langkah yang harus ditempuh oleh para siswa :

Dream

Para siswa-siswi harus berani bermimpi. Karena dengan mimpi, segala sesuatu yang tadinya sulit didapatkan, akan didapat dengan mudah untuk meraihnya.

Setidaknya setelah mereka lulus nanti, mereka mempunyai arah dan tujuan dalam hidup. Tidak semena-mena yang penting hidup dan sekolah atau bekerja, atau bahkan setelah lulus langsung menikah. Mereka harus kita suguhkan dengan mimpi-mimpi, agar mempunyai gambaran tentang masa depan mereka.

Setidaknya, mereka diarahkan kemana mereka akan berlabuh setelah lulus dari sekolah tersebut. Jangan sampai mereka tidak mempunyai cita-cita dalam hidup. Dan sekolah hanya untuk kegiatan rutinitas semata. Guru merupakan orang tua mereka di sekolah, yang mereka anggap orang yang tau segalanya.

PRAY

Dalam waktu 1 menit, manusia bernafas membutuhkan 10 liter oksigen. Dalam 1 hari, 10 liter oksigen dikali 60 menit dikali lagi 24 jam sama dengan 14.400 liter oksigen. Padahal harga 1 liter oksigen berkisar Rp. 25.000,00. Itu artinya dalam 1 hari kita membutuhkan uang sebanyak 360.000.000,00.

Padahal setiap hari, dikasih secara Cuma-Cuma oleh sang Pencipta. Terkadang kita sebagai manusia terkadang lalai dalam menjadi ciptaan-Nya. Oleh karena itu, dalam menghadapi ujian ini, siswa-siswi agar selalu tunduk, selalu berdo’a kepada sang Pencipta. Agar mereka diberi kemudahan dalam menghadapi ujian, dan kesuksesan yang akan mereka dapat.

ACTION

Ingat! Perjalanan 1.000 mil, dimulai dari langkah pertama. Tidak pada langkah terakhir maupun di tengah. Jadi, anggaplah ini merupakan langkah pertama menuju kesuksesan.

“Kebanyakan orang gagal adalah orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka ke titik sukses saat mereka memutuskan untuk menyerah,” kata Thomas Alfa Edison.

Apa yang menjadi cita-cita, mereka harus menulisnya. Karena kalau hanya di angan, maka akan dengan mudah pergi begitu saja. Lakukan dari sekarang dan mulailah dari satu tangga menuju tangga kesuksesan. Tidak ada kata terlambat.

Ujian merupakan pintu gerbang, awal menuju kesuksesan. Yakinlah bisa mengerjakan soal tersebut, yakinlah bisa lulus dengan hasil memuaskan. Belajar dan belajarlah. Pasti, kesuksesan akan diraih.

Ketiga langkah tersebut, merupakan menu wajib agar siswa-siswi meraih kesuksesan. Siswa-siswi harus diberi motivasi, agar lebih mengetahui potensi yang ada pada dirinya. Dan juga, mereka harus lebih siap dalam menghadapi ujian Sekolah/ Madrasah . sebagai pendidik, guru setidaknya harus mengubah pola pikir mereka tentang ujian itu sendiri.

About Fajar Pujianto

2 comments

  1. meraih sukses merupakan hal terpenting untuk kehidupan. memang ketika tidak dibarengi dengan keinginan yang kuat, doá dan usaha maka susah untuk menembus ketakutan, kebingunga, dan kesulitan. Ketika semuanya kita jalani adalah kesuksesan kita dapat. hasil bagi saya adalah efek dari doá, usaha, dan keinginan yang tinggi. ingat wejangan dari promotor saya “tidak ada yang bisa menghentikan anda kecuali diri anda sendiri”

    • betul sekali bro, segala sesuatu hanya diri kita yang bisa bergerak dan merubahnya. sekalipun Allah Tuhan yang maha kuasa tidak bisa merubah nasib seseorang selain dirinya sendiri.sukses selalu bro…. thanks sudah maen2 di situs kami.