Tinulis ID – Produktivitas karyawan adalah poin utama bagi setiap perusahaan. Namun, tingkat produktivitas tersebut sangat dipengaruhi oleh sikap pegawai terhadap kewajiban kerjanya. Berikut 3 tipe utama pegawai berdasarkan produktivitasnya oleh tim Jooble:

Dia yang Mampu MemprioritaskanTugas

Karyawan yang dapat membedakan tugas yang urgent dengan tugas yang tidak begitu penting adalah tipe yang biasanya paling sukses di kantor. Sering kali, pegawai tersebut mempunyai jadwal yang tidak pernah diganti dan yang dirancang sesuai dengan kritetia tertentu.

Mereka selalu meraih sukses dan biasanya merupakan pekerja top di perusahaan karena dapat memfokus pada tugas-tugas terpenting.

Bagi mereka eksekusi tugas dan bukan caranya adalah poin yang paling penting. Selain itu, mereka tidak terlalu senang ngobrol di kantor, apalagi tentang hal-hal pribadi. Coba perhatikan, email yang kirim mereka biasanya berisi hanya beberapa kalimat konstruktif dan to the point.

Peran di kantor:

  • Mampu menganalisis
  • Menyelesaikan masalah dengan akurat dan logis
  • Bekerja demi hasil

Gila Merencanakan

Seorang perencana jarang melakukan sesuatu spontan yang belum memiliki rencana akurat. Mereka biasanya cenderung memikirkan dan memperhitungkan sebanyak poin mungkin sebelum melakukan suatu tindakan. Seringkali, mereka malah terlambat melangkah karena terlalu memikirkan rincian yang seharusnya tidak usah dipedulikan.

[toggle title=”Pilihan Editor” state=”open”]

[/toggle]

Di kantor Anda sering dapat melihat siperencana waktu mencatat daftar tugas yang masih perlu dibuat dan yang sudah diselesaikan. Berbeda dengan tipe karyawan 1, seorang perencana selalu mengirim email dengan penjelasan detil untuk setiap poin.

Peran di kantor:

  • Berorientasi pada segi praktis
  • Senang menganalisis kekurangan rencana atau jadwal

Si Pengatur

Untuk mereka yang cukup ekspresif sangat mudah mempengaruhi kesuksesan tim serta berkomunikasi dengan para kolega secara efisien. Para pengatur dapat memastikan keberhasilan kelompok serta secara sukarela melaksanakan berbagai pertemuan untuk dapat melancarkan penyelesaian suatu proyek.

Si pengatur senang ngobrol dan bernego dengan rekan kerja sehingga dapat dengan mudah menemukan solusi untuk berbagai masalah di kantor. Mereka selalu siap membantu dan mendukung seorang pemula jika diperlukan.

Peran di kantor:

  • Melancarkan komunikasi dalam tim
  • Bawa ide baru

Demikian 3 Jenis Type seorang karyawan yang harus diketahui, oleh karena itu penulis menulis ulasan singkat ini sebagai bahan referensi dan acuan bagi kalian yang sedang mencari informasi. Semoga bermanfaat adanya.

20 KOMENTAR

  1. Bener tuch Pegawai tipenya macem2 kadang bikin kesel kalau dapet tipe pengatur dan dia gak mau ikutan kerja. Tapi ya sudahlah namanya hidup bagaimana lagi donk

    • bukan gak ikutan kerja, melainkan beliau juga terjun langsung dibalik semua pekerjaannya. yah dalam dunia kerja biasa sipengatur bisa dikatakan dengan atasan kita seperti GM, Manager, Supervisor sebagai si pengatur bawahannya. begitu mba.

    • pilih saja salah satu kamu termasuk ke kategori mana. sesuaikan dengan sifat dan posisi pada saat kamu menjadi karyawan di suatu perusahaan

  2. saya masuk tipe apa ya ?
    yg jelas klu diberi kepercayaan untuk menghandel sebuah kegiatan perfect banget
    fokus dan pengin sukses
    paling ga bisa liat orang yang ogah ogahan

  3. Idealnya punya tiga jenis karyawna ini ya, dan sebagai middle management atau low/supervisor biar lancar. Kalau staf ikut2an ngatur tar berabe siapa yg diatur siapa yang ngatur ya

    • bener banget mba diah, pekerjaan yang paling prioritas itu harus di utamakan karena sangat penting dalam dunia pekerjaan. dan nilai tambah ketika deadline.

  4. Waah.. Aku termasuk tipe yang mana ya hihihiii… Tapi yang jelas saya termasuk tipe karyawan yang nggak betah di kantor hahhahaa… Makanya dulu cuma tahan 6 bulan doang kerja kantoran, itu pun udah termasuk curi-curi jam kantor untuk kelayapan 😀

  5. semua jenis pegawai produksi ini sangat penting banget. Tapi, menurut ane si pengatur paling berperan besar biar jalur komunikasi antara atasan dan seluruh pegawai terjalin dengan benar dan tidak miss komunikasi dalam sebuah pekerjaan

  6. hihii waktu jadi karyawan dulu saya tipe yang mana ya? Maunya sih bisa menjadi ketiganya. bisa merencanakan tapi ga harus gila dan bisa manajemen alias ngatur. semua jenis pegawainya ini sebenarnya bila diletakkan di posisi yg tepa bisa prodtif banget ya..

  7. kretif banget yang menulis ini. saya jadi pingin mengambil cara ide kreatifnya. mantap pak guru oji, lanjutkan.
    kalau ada waktu boleh senggol sy di sebelah.

Comments are closed.