BERBAGI

10 Tips Termahal Yang Mampu Membuat Blog Kalian Mahal – Bagaimanakah cara membuat blog keren yang dikunjungi oleh banyak orang dan menjadi sumber pemasukan bagi pemiliknya? Di artikel ini, kita akan membahas berbagai tips dan trik untuk membuat blog yang menarik, cool, berbeda, dan tentunya bisa menarik pengunjung untuk beramai-ramai datang ke blog anda.

Namun hal ini tentu saja memerlukan konsistensi, kedisiplinan, dan sedikit strategi. Langsung saja, berikut 10 cara membuat blog keren dari Kak Amel,

1. Buat Karya Originalmu

Syarat pertama jika kita ingin membuat blog yang keren dan populer adalah dengan menulis artikel anda sendiri, bukan copy paste dari website atau blog orang lain. Sekedar informasi, meng-copy paste artikel dari website atau blog lain justru akan berdampak negatif bagi blog kita sendiri, terutama di mata Google. Bisa-bisa, Google mem-blacklist blog kita dan tidak menampilkannya di hasil pencarian. Akibatnya, pengunjung blog pun menjadi sepi.

Dengan membuat artikel original, secara tidak langsung kita juga akan belajar menulis dan menuangkan ide. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit, namun lama-kelamaan kita akan menemukan bahwa proses menulis akan menjadi mudah dan mengalir seperti air.

2. Update Terus-terusan

Untuk menjadi sebuah blog yang keren, kita harus secara rutin memposting artikel baru. Bisa satu artikel per hari, per tiga hari, ataupun satu artikel baru per minggu. Yang penting, ketika ada pengunjung yang sama mengunjungi blog kita, ia akan menemukan artikel baru untuk dibaca.

Jika seorang pengunjung kembali ke blog kita setelah satu bulan, dan tak menemukan ada sesuatu apapun yang berubah, bisa-bisa ia merasa kapok dan tidak akan kembali lagi.

BACA JUGA:

Mengupdate artikel blog secara rutin juga mempunyai sisi positif di mata Google. Mesin pencari ini akan menganggap blog kita memiliki konten yang selalu fresh, dan menempatkannya di daftar teratas hasil pencarian.

3. Tulis Yang Kamu Sukai dan Kuasai

Agar proses menulis secara rutin di blog menjadi menyenangkan, sangat disarankan untuk menulis tentang hal-hal yang kita sukai dan kuasai. Misalkan kita memiliki hobi menonton Anime Jepang sekaligus menjadi fans Naruto maka ketika harus menulis tentang hal itu kita akan merasa gembira. Tulisan akan mengalir, dan karena ditulis dari dalam hati maka kualitasnya juga akan bagus.

Dengan menulis tentang topik yang kita kuasai, maka waktu yang diperlukan untuk melakukan riset sebelum menulis sebuah artikel akan lebih mudah. Ide-ide baru pun akan senantiasa berdatangan menghampiri kita tanpa perlu terlalu banyak berpikir keras.

4. Manfaatkan Media Sosial

Gunakanlah sarana jejaring sosial untuk mendatangkan pengunjung di blog kita. Kita bisa melakukan promosi melalui Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan masih banyak lagi. Promosikan blog kita ke keluarga dan teman-teman terdekat, serta catat komentar mereka.

Jika blog kita sudah mulai populer dan didatangi oleh banyak pengunjung secara rutin, jangan ragu untuk membuat Fan Page di Facebook, di mana promosi kita akan lebih tertarget daripada jika kita menggunakan akun pribadi.

Ingatlah satu poin : Jangan SPAM!

Mempromosikan blog melalui jejaring sosial memang sah-sah saja, tapi jangan melakukan spamming. Jangan terus menerus mempromosikan blog kita dalam jarak waktu yang singkat. Jangan pula seenaknya memasang link kita di wall/ grup orang lain jika kita merasa link tersebut tidak ada hubungannya dengan topik yang sedang dibicarakan.

Spamming tidak akan membuat blog kita menjadi populer, namun justru bisa membuatnya dibenci orang lain. Oleh karena itu, berpromosilah sewajarnya saja. Percayalah, jika artikel di dalam blog kita berkualitas, maka Google akan secara otomatis mendatangkan pengunjung untuk kita.

5. Pilih Desain Yang Unik Nan Simpel

Saat ini, sangat banyak template blog gratis yang bisa kita download, baik itu untuk Blogger maupun WordPress. Pilihlah template yang menurut kita paling unik dan bisa membuat blog kita tampak keren.

Tapi ingat, jangan berlebihan dalam memasang berbagai aksesori di template blog kita. Usahakan untuk membuat blog tetap unik namun simpel, sehingga perhatian utama pengunjung untuk membaca artikel kita tidak teralihkan oleh template blog yang terlalu ramai.

Jika kita menguasai HTML dan CSS, kita mungkin bisa membuat sendiri template blog yang keren. Pastikan untuk memilih template yang bisa mencerminkan karakter kita sebagai seorang blogger.

BACA JUGA:

6. Baik-Baiklah Dengan Pembaca dan Sesama

Balaslah komentar-komentar dan pertanyaan para pengunjung yang mampir ke blog kita. Dengan melakukan hal ini, mereka akan merasa dihargai dan tidak ragu untuk berkunjung lagi ke blog kita.

Jangan lupakan juga para visitor yang mampir di Facebook Page blog, beri mereka perlakuan yang sama, jawablah pertanyaan-pertanyaan dan komentarnya. Gunakan juga kesempatan ini sebagai ajang untuk mendapatkan kenalan dan teman baru.

7. Tulislah Yang Bermanfaat dan Membuat Orang Lebih Baik

Anda bisa menulis tentang tips dan trik, cara-cara melakukan sesuatu, tutorial, atau sekedar cerita-cerita lucu yang bisa menghibur orang lain. Yang jelas, pastikan untuk membuat pengunjung anda merasa terhibur dan mendapatkan manfaat tertentu setelah membaca artikel dari blog kita.

Jika mereka merasa senang, pasti blog kita akan kembali dikunjungi. Jika banyak orang yang merasa senang karena posting kita, maka blog kita akan banyak mendapatkan pengunjung setia yang berkunjung dari waktu ke waktu.

8. Terus Belajar Dari Blog Senior

Luangkanlah waktu kita untuk belajar dari blog-blog lain yang sudah populer. Pelajari kelebihan-kelebihan blog tersebut, dan jika mungkin terapkanlah ke blog kita. Kita bisa juga untuk mencoba mengontak pemilik blog tersebut, untuk bertukar link atau sekedar bertegur sapa. Semakin banyak referensi kita tentang blog-blog yang populer, semakin mudah pula untuk membuat blog kita menjadi lebih keren.

9. Pelajari Statistik Blogmu

Lihatlah statistik jumlah pembaca yang mengunjungi blog kita. Biasanya, jika kita menggunakan WordPress atau Blogger, fitur ini tersedia gratis dan sangat mudah dipahami. Analisa-lah artikel mana yang paling populer dan mendatangkan banyak pengunjung.

Pelajari pula dari mana sumber terbanyak pengunjung yang mampir ke blog kita. Dengan mengacu pada statistik jumlah pengunjung, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menentukan target jangka pendek maupun jangka panjang bagi blog kita.

10. Luruskan Niat Kita Ya

Konsep yang benar dalam membuat blog adalah demikian : “Tulis sesuatu yang keren, maka blog anda akan menjadi populer.” dan bukan “Tulis sesuatu yang populer, maka blog anda akan menjadi keren.”

Intinya, kita tidak perlu memaksakan diri untuk menulis sesuatu yang sedang hot dan menjadi tren untuk membuat blog kita menjadi blog yang keren. Tetap konsisten untuk membuat artikel-artikel keren, original, dibuat dengan akurat, valid, dan sesuai dengan minat dan keahlian kita.

Nah, itu tadi adalah 10 Tips Termahal ala Kak Amel. Selamat mencoba, dan semoga setelah membaca artikel ini blog kalian akan semakin mahal.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here