Home / Resensi Buku / [Resensi] Novel Tentang Kamu

[Resensi] Novel Tentang Kamu

Tinulis ID – Hello Kawan Tinulis, kali ini admin mau mengulas sebuah novel “Tentang Kamu” karya  Tere Liye.
 

  • Sinopsis :
  • Ulasan :
  • Daftar Isi :

Novel Tentang Kamu

Siapa sih yang tak kenal dengan Tere Liye seorang penulis hebat, yang dimana novel-novel karya nya laris meledak di pasaran pencinta buku. Nah Novel yang satu ini yang berjudul “tentang kamu” dibilang novel yang cepet banget terbit setelah beliaumenerbitkan novel-novel lainnya, Penulis belum tentu bisa menulis novel secepat ini lho.

Apalagi kalau melihat  Tere Liye yang katanya masih  bekerja di bagian keuangan, bisa bayangin gak sih gimana mengatur waktu luangnya ? Salut banget pada beliau patut diacungin 4 jempol ^,^. :).

Nah, berikut kutipan sinopsisnya :

======================= 
“Tentang Kamu”
Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu,
itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku.
Cinta memang tidak perlu ditemukan,
cintalah yang akan menemukan kita.
Terima Kasih. Nasihat lama itu benar sekali,
aku tidak akan menangis karena sesuatu telah
berakhir, tapi aku akan tersenyum karena
sesuatu itu pernah terjadi.
Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi.
Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir.
Maka biarlah hidupku mengalir seperti
sungai kehidupan. 
======================= 

Itulah Sinopsis dari novel karya  Tere Liye yang Berjudul “Tentang Kamu”, dari sinopsis  sudah kelihatan banget gregetnya apalagi isi bukunya. .. wah pasti menginspirasi nih. pikir “saya..”.

Novel  “Tentang Kamu” Karya Tere Liye
 
Sebelum mengulas isi dari novel “Tentang Kamu” ini, Ijinkan saya memaparkan sedikit pembukaan untuk novel ini.
Novel ini adalah terbitan Republika, jadi yang pasti ada unsur islaminya. Tokoh utama novel ini adalah muslim. Latar belakang tempat memakai beberapa banyak tempat gak cuma di indonesia tapi ada juga yang di luar negeri.
Novel ini di cetak dengan ketebalan 530 halaman dalam format dan layout standar buku novel yaitu 13.5 x 20.5 CM dengan berat 500 gr setara dengan 1/2 Kg dan novel ini dikemas dengan sampul softcover.

 

Resensi Novel Tentang Kamu

Novel “Tentang Kamu” Memiliki banyak bagian yaitu beberapa bagian hingga terpisah menjadi beberapa BAB, dianataranya:
======================= 
 
Bab 1 : Thompson  & Co
Bab 2 : La Cerisaie Maison de Retraite
Bab 3 : Pulau Bungin
Bab 4 : La Golo
Bab 5 : Nugroho dan Rahayu
Bab 6 : Waktu Melesat Cepat
Bab 7 : Bulu Babi dan Tripang
Bab 8 : Kesabaran Tiada Batas
Bab 9 : Rumah Panggung
Bab 10 : Madrasah Kiai Ma’sum
Bab 11 : Tiga Sahabat Sejati
Bab 12 : Dengki yang Membakar Semuanya
Bab 13 : Pengkhianatan I
Bab 14 : Pasar Tanah Abang
Bab 15 : Pedagang Kaki Lima
Bab 16 : Rental Mobil & Sabun Mandi ‘Rahayu’
Bab 17 : Chaterine Kepala Pabrik
Bab 18 : Kembali Ke London
Bab 19 : Foto Lama di Kamar 602
Bab 20 : Keluarga Angkat
Bab 21 : Sopir Bus Rute 16
Bab 22 : Laki-laki Dari Turki
Bab 23 : Keraguan & Kepastian
Bab 24 : ‘Tentang Kamu’
Bab 25 : ‘Rahayu’ Pergi
Bab 26 : ‘Nugroho’ pergi
Bab 27 : Hakan Karim
Bab 28 : A & Z Law
Bab 29 : Ningrum & Murni
Bab 30 : Kota Paris
Bab 31 : Keliling Dunia & Surat Wasiat
Bab 32 : Pengkhianatan 2
Bab 33 : Epilog
Itulah, Daftar isi dari Novel “Tentang Kamu” yang jumlahnya ada 33 Bab yang berarti melambangkan angka Tasbih, Tahmidz dan Tahlill.
 ======================= 

Judul Buku

Penulis

Jumlah Halaman

Layout

Cover

Warna

Berat

ISBN

Penerbit

Harga

: Tentang Kamu

: Tere Liye

: 530 halaman

: 13.5 x 20.5 cm

: Softcover

: Black-white

: 500 gram

: 978-602-8022-34-7

: Rebuplika Publishing

: cek di www.bukurepublika.id

Novel ini mengambil latar belakang tempat di London, Paris,  Sumbawa, Surakarta, dan Jakarta. Dinahkodai oleh tokoh seorang pengacara asal Indonesia yang bekerja di Belgrave Square, London yang bernama Zaman Zulkarnaen. 

Ini adalah kasus pertamanya tentang warisan seorang wanita tua asal indonesia yang tinggal di panti jompo dekat menara eiffel bernama Sri Ningsih. Ia meninggalkan warisan 1% saham perusahaan besar yang nilainya sampai trilyunan kalau dirupiahkan namun ia tidak meninggalkan wasiat apapun. 

Di panti jompo itu, satu-satunya petunjuk yang didapat adalah diary  Sri Ningsih. Nah dari sinilah petualangan Zaman dimulai. Zaman akan mengikuti alur kehidupan Sri Ningsih ini dari pertama ia lahir di Sumbawa sampai akhirnya meninggal di Paris.

Dari cerita di atas saya menyimpulkan beberapa petik kalimat yang bisa kita ambil sebagai motivasi, pembelajaran dan pembekalan perjalanan yang panjang.


Pertama kesabaran

Kamu akan menyaksikan masa kecil Sri Ningsih yang penuh dengan keharuan. Settingnya adalah tahun 1946 sampai tahun 1960. Disini kamu akan menjelajahi Pulau Bungi yang ada di Sumbawa. Tidak jauh dengan kata pantai, perahu dan ikan. Nah, siap-siap nangis deh kalau sudah melewati fase ini. Kesabaran tiada batasnya? Apakah benar?

Kedua Persabatan

Kamu akan merasakan persahabatan indah yang berubah hanya karena kedengkian yang begitu dalam. Latar belakangnya adalah tahun 1961-1966 tahun dimana komunis sednag bergejolak. Agak kesel juga pas di bagian teman Sri yang mengkhianatinya.

Ketiga Keteguhan Hati

Nah pas bagian ini kamu akan ikutan termotivasi dengan semangat yang digambarkan Ningsih. Settingnya di Jakarta pada tahun 1967 sampai 1979. Tentang jatuh bangun bisnis dan inovasi. Ohya disini juga ada lho sejarah Jakarta tempoe doeloe seperti monas yang dikelilingi rumput-rumput, kerbau-kerbau yang berseliweran, ungkapan pedagang kaki lima, sewa kost 200 rupiah, dll. 

Mana pas bagian ini disinggung-singgung pula yang namanya ojek online, hehe. Nah, keteguhan hati Ningsih akan ditempa disini, karena disini ia akan belajar berbisnis hingga akhirnya memiliki  perusahaan.

Keempat Cinta

Ah ini dia yang ditunggu-tunggu. Pas disini senyum-senyum sendiri pas ngebayangin kisah cinta Sri dengan seorang pria keturunan Turki bernama Hakan. Sederhana tapi manis sekali. 

Pengorbanan suaminya baru terungkap di akihr Cerita ini dan ini benar-benar membuat air mata menetes sampai berhenti dulu bacanya, menenangkan hati dulu. hehe Ohya settingnya tahun 1980 sampai 1999 di London. Dan juga ini adalah bagian yang banyak menguras air mata dibanding bab lain. Banyak kesedihan disni. Hiks.

 

Kelima Tentang Memeluk Semua Rasa Sakit

Masuk kesini mulai deh tentram bacanya, karena Sri akhirnya bisa menerima dengan lapang segala kejadian yang menimpa dirinya. Fiuh~ jadi banyak-banyak merenung pas udah bagian ini. Dan disinilah diceritakan bagaiamana dari London tiba-tiba ke Paris dan akhirnya meninggal di Panti Jompo.

 

Bagaimana akhirnya?

Ya baca lah novelnya kalau diceritain detail banget mah ya gak seru. Gak dapet lagi nanti penasarannya. Tapi secara keseluruhan sih novel ini memang bercerita tentang kehidupan Sri Ningsih yang darinya kita akan mendapat banyak pelajaran. 

Tokoh Zaman disini itu ternyata hanya perantara saja euy.hehe Dikirain mah “Kamu” disini ada di tokoh Zaman namun ternyata ada di tokoh Sri. Walaupun memang disinggung juga kehidupan Zaman, namun tidak terlalu mendetail juga. hehe

Demikian ulasan Resensi Novel Tentang Kamu” cukup disni karena Buku novelnya mau di bawa lagi oleh temen saya. hee .. nanti saya lanjut jika saya sudah mempunyai buku novel ini.

Saya juga berencana mau membeli novel ini, malu minjem terus sama temen. hee 🙂

 
Source : Book Tere Liye, BukuRepublika.id

About Neng Ryh

Check Also

[Buku Digital] Pengalaman Membaca Buku

Judul Buku : Pengalaman Membaca Buku Pertama Jumlah halaman : 79 halaman Genre : Motivasi …

76 comments

  1. Oke mantap saya juga penggemar tere liye
    Lain kalui beli bukunya bang
    Supaya saya bisa pinjam juga

  2. jhaaaa., udah mah minjem. suruh beli. mau di pinjem lagi..

  3. Siap bang insya allah nanti kalo sudah punya bukunya mau di tambah lagi ulasanya

  4. astajim komen lagi aja nih orang

  5. Ilustrasinya lebih diperhalus lagi yahas oji

  6. Cerita yg sangat mendramatis disetiap latarnya… Mulai london..jakarta maupun surakarta serta tempat lainnya… Mungkin ke depannya akan lebih bagus jika diperankan dalam bentuk film..

  7. Mas oji, siapa orang diatas… Hihihi…. Kok bawel bgt. BtW, nungguin filmnya Terr Liye. Hihihi…. Kan udah ada yg dijadiin film ya ?

  8. wk kw kurang tahu tuh mungkin di ngeklik 3 kali makanya seperti itu. di tunggu aja bang filmnya.

  9. siap mas irwin. thanks sarannya saya tampung.

  10. iya bang sota kita tunggu aja semoga bisa di filmkan di layar lebar. pasti larisnya gak ketulungan.

  11. keren bang oji..
    saya gak pernah ragu dengan mahakaryanya bung Tere ini, beliau expert banget dalam menciptakan sebuah novel sehingga sangat inspiratif
    baru baca sinopsisnya saja saya sudah ter-suggest nih.

    "tentang kamu" memang aku banget…

    kisah tokoh utama di buku ini menyeret saya ke masalalu sewaktu kecil.

    Terutama KESABARAN (Penuh keharuan)
    sewaktu kecil, saya harus bejuang sendiri tanpa kedua orang tua karena kami sekeluarga ditaqdirkan harus terpisah. Ayah saya jadi TKI dan ibu merantau ke Jakarta dan saya sendiri dibesarkan sama kakek dan nenek, waktu itu umur saya 2.5 tahun. Hingga habis masa kecil saya tidak pernah bersama kedua orang tua.

    Indahnya hidup di kampung halaman tidak pernah terlupakan setiap insan pasti pernah mengukir sejarah di kampung halamannya tidak terkecuali saya, Seperti bermain perahu di danau, mencari ikan, membantu nenek berjualan daun pisang sampai membantu kakek panen di kebun hingga menjual hasil kebun ke pasar, itu semua saya alami. Waktu kecil saya tidak seperti anak-anak pada umumnya dimana umur 2,5 -15 tahun saya harus rela tidak seperti mereka yang umumnya memiliki kedua orang tua dimana mereka bisa beli mainan yang bagus, berlibur di musim semi sama kedua orang tua diberi hadiah saat ulang tahun dan seterusnya. Tapi saya sangat bersyukur karena dengan seperti itu TUHAN telah melatih saya untuk terbiasa BERSABAR sejak usia dini.

    kemudian menariknya tentang KETEGUHAN HATI
    yap. kisah ningsih di jakarta membangun usaha itu tidak jauh berbeda dengan saya. Ketika sudah dewasa saya bertemu dengan ibu di Jakarta dan membangun usaha disana. Kami mengalami jatuh bangun, disitu suka dan duka kami alami. kami terus berjuang tanpa mengenal lelah untuk meraih kesuksesan dan terus bergulat di tengah persaingan bisnis yang begitu ketatnya…alhamdulillah sekarang sudah terasa hasilnya.

    nah kalau di penghujung ceritanya berbeda dengan saya, saat ini saya berada di singapoore karena tuntutan pekerjaan terkadang ada di Batam tapi tidak di panti JOMPO..hanya di panti JOMLO saja bang oji…karena kesibukan saya jadi belum sempat dapat pasangan 😀

    Kalau bang oji banyak koleksi novelnya bung Tere bolehlah diwariskan ke saya :D. Sebenarnya saya pengen mencari bung Tere dan ketemu sama dia buat minta dibuatkan Novel tentang saya… 😀

    salam
    BLOG MAS USAMAN
    kursuskomputergratis(dot)com

  12. wah bang usman, jadi terharu nih ane baca curhatan ente. tadinya tak kiraiin mau mengkritik tulisan saya eh malah curhat … 🙁

  13. Nggak sabar buat bei dan bacanya 🙂 Resensi yang lengkap!

  14. keren gan 😀 menarik juga 😀

  15. wah karo tere liye mah keren2 abis

  16. sukaaaaak banget sama novel ini. paket lengkap, menurutku novel ini memuat banya tema dn banyak genre.
    aku juga bikin resensinya di blog lho *siapa yang nanya*

  17. tak terasa baca resensinya kayak baca bukunya aja….klo mau beli dimana ya ? Salam Admin pinterkomputerdotcom

  18. Itu kya tentang kisah nyata ya gan

  19. wakawkakakaaa… Bukunya tebal bang samapi 500 halaman . kalo mau beli ya di toko buku lah atau pesan ke penerbit bukurepublika.id

  20. iya ka wenny.. owh iya kah boleh dimana linknya boleh share….

  21. beli langsung di penerbit bukurepublika.id ka kesuma… resensi hanya sepintas saja nih,.

  22. wk kw apanya yang keren ?

  23. apanya yang keren2 abis bang eko ?