Home / Artikel / Apakah Seorang Blogger Bisa Menulis dan Menerbitkan Buku ?
blogger menulis buku
blogger menulis buku

Apakah Seorang Blogger Bisa Menulis dan Menerbitkan Buku ?

Tinulis ID – Ketika teman-teman memutuskan untuk masuk dalam dunia blogging apa yang dipikirkan suatu waktu mesti menulis sebuah buku? Apakah Seorang Blogger Bisa Menulis dan Menerbitkan Buku ? Apa yang teman-teman pikirkan? apa menulis diblog cuma hobi, ikut orang lain atau punya cara pandang sendiri? Apapun alasan teman-teman pada kenyataannya blogging telah semakin ramai peminatnya.

Berkaitan dengan perihal itu terkadang saya terkejut kenapa sebagian blogger profesional luar negeri hampir memiliki karya buku untuk dijual ke publik. Berdasarkan blog yang saya temui selain mereka rajin menulis artikel diblog mereka pun menyisipkan buku premium atau ebook atau tools untuk dijual.

Padahalkan pengunjung blog mereka ribuan orang dari aneka macam negara. Ditambah lagi blog itu dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan ribu dolar perbulan. Bukankah ini amat mengherankan mereka masih mau bersusah payah menyusun buku untuk dijual. Dampak?

Dari sini berpikir sejenak apa hasil mereka dari blogging belum cukup memuaskan?

Kenyataannya blog yang saya temui itu memiliki tak sedikit penghasilan yang besar dari blog mereka. tetapi mereka masih berjualan karya mereka. teman-teman pasti tahu Problogger.net disamping menghasilkan lewat iklan nyatanya pun menjual buku baik diblog maupun melalui affiliasi Amazon.com.

Kembali ke masalah mungkinkah seorang blogger menulis buku?

Berkaitan perihal menulis buku rasanya mungkin aja terjadi dikemudian hari.

Bagaimana tak seorang blogger mesti melaksanakan pembaharuan konten secara teratur. Di samping itu bukankah seorang blogger mesti tak sedikit membaca serta menggunakan aneka macam fasilitas yang dibutuhkan. Tools SEO merupakan salah satunya. Dari Tools SEO inilah blogger dapat belajar menulis artikel yang unik, mengetahui sumber backlink, mengetahui bila anda link yang rusak serta sebagainya.

Belajar dari kegunaan tools itu rasanya kemampuan blogging akan semakin meningkat serta berkualitas. Dari sisnilah pentingnya memaksimumkan semua tools SEO untuk blogging. Bagaimana tak dari ketersedian inilah pengetahuan serta pengalaman terbentuk. Oleh karena itu tak heran bila menulis buku dapat jadi kenyataan.

Biarpun menulis buku bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi kenyataannya tak sedikit pun penulis buku yang tak memiliki latar belakang dunia jurnalistik. Mereka cuma mengandalkan kemampuan mereka dalam berekspresi serta bereksperimen. Walaupun begitu buku yang dihasilkan mendapat respon yang baik dari pembeli. Sebut aja ebook Cara Menulis Posting Berkualitas (CMPB) karya Herman Yudiono pemilik situs Blogodolar.com.

Oleh karena itu saya yakin suatu waktu nanti dapat menulis sebuah buku. Biarpun mesti melalui tantangan yang panjang serta melelahkan rasanya dengan tekad, nekat serta tak sedikit latihan menulis artikel semua mungkin terjadi.

Yang perlu dicermati merupakan bagaimana supaya konsisten dalam menghasilkan artikel yang berkualitas. Bagaimanapun pun menulis artikel memiliki kendala serta tantangan yang membangun. Berkaca dari blogger profesional rasanya cukup memotivasi serta menghidupkan semangat tempur untuk menulis buku. Bagaimana menurut teman-teman?

About Tinulis ID

Co-Founder Tinulis ID yang memiliki segudang inspirasi yang terpendam

Check Also

Marimas bikin Adem, Tidak bikin Batuk Minuman Favorite Anak Muda Indonesia

Tinulis ID – Hallo teman-teman sudah lama nih tidak update artikel rasanya pegel banget keseharian …

12 comments

  1. Klo boleh sedikit kritik. Nampaknya tulisan sampeyan belum melalui proses editing. Terlihat dari beberapa kata dan kalimat yang kurang nyaman untuk dibaca. Terimakasih.

    • terima kasih sudah menyempatkan komentar dan telah memberikan masukan untuk tulisan karangan yang kurang menarik ini. emng ini sudah fix di tulis dengan tidak melalu editing, jadi otomatis tulisan ini fresh dan original hasil tulisan sendiri.

  2. Bagi seorang blogger jika inigin terjun untuk menulis Buku, sepertinya memang harus benar-benar paham passion menulis apa yang diminati. Karena memaksa menulis hanya karena pasar akan sangat menghamat dan membuat karya tidak maksimal sehingga tidak akan menciptakan feel bagi pembaca. Terima kasih team Tinulis.ID atas tulisannya. Good Job !

    • betul mas bro,..
      tentu seorang blogger harus memahami apa bakat yang dimilikinya, setiap blogger memiliki karakter dan gaya tersendiri. menurut saya kalo ingin menjadi seorang penulis itu harus dipaksakan untuk memahami dan mempelajari seluk beluk passion yang dimiliki.

      thanks juga mas bro, sudah memberikan dukungan dan support dari team. #salamSukses

  3. bisa pasti bisa mas, banyakin aja artikel abadi untuk kemudian di edit dikit nanti kalau mau jadi buku

    • betul mas joko, setiap blogger mempunyai passion masing-masing jadi memudahkan tulisannya untuk diterbitkan dalam bentuk buku. sudah banyak sekali yang sudah menerbitkan buku dari hasil tulisan dari blognya.

      kalo saya sih pengen natural aja gitu mas, pengen membuat terbitan buku yang mudah2 saja. rencana insya allah mau buat story telling saja tentang diri pribadi saya. entah kapan belom terpikirkan untuk memulai coretannya 🙂

  4. wah ternyata blogger masih mempunyai kesempatan untuk menerbitkan buku ya, ntar deh kalau saya sudah punya pernghargaan dan lain-lain, terimakasih mas infonya.

    • wah jangan nunggu penghargaan dului bro, ciptakan sebuah penghargaan bagi diri sendiri lewat karya tulisan kita. penghargaan pasti akan mengikuti ..

  5. dimulai dengan membiasakan menulis di blog, maka selanjutnya akan menjadi modal jika ingin merambah dunia offline dengan penulisan buku. bahkan bisa saja bahwa tanpa disadari, kita sekarang sebenarnya sedang mengumpulkan artikel yang nantinya dapat menjadi sebuah buku. sungguh luar biasa.

  6. mungkin dari sudut pandang pribadi memang bisa namun harus banyak belajar dengan gaya bahasa dan cara penulisan buku yang memang beda dengan cara penulisan diblog, kebanyakan novel yang saya baca banyak yang menggunakan paragraf panjang yang membusankan tidak seperti blog yang sesuka kita mengetiknya

    • nah, kalo kita passion nya di blogger dan biasa nulis artrikel. jadi jangan disamakan dengan penulis novel lainnya. buat saja sekumpulan artikel yang bermanfaat sehingga menjadi lembaran dan bisa di bukukan kenapa tidak. aapalgi kalo menuls artikel tentng seo dan terus di bukukan kan lumayan tuh bisa laris dipasaran natinya mas. semnagat mas…. semoga tahun ini bisa menerbitkan buku.